Menuju New Normal: Kapolsek Iptu Sunaryo SH.MH Mengadakan Sosialisasi Kepada Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat Se-Kecamatan Siak Kecil


SIAK KECIL – MANDIRI POS. Dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Siak Kecil Sugeng Widodo, maka dibukalah pelaksanaan sosialisasi menuju new normal Polsek Siak Kecil, yang diadakan di halaman kantor polsek, Rabu (3/06/2020).

New Normal atau kenormalan baru, ramai diperbincangkan sebagai rencana yang akan diambil setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

New normal juga identik dikaitkan dengan pembukaan sarana atau ruang publik, perkantoran, industri, sekolah, dan lain sebagainya.

Hal ini agar masyarakat dapat beradaptasi dan beraktivitas seperti biasa meski pandemi Covid-19 belum usai.
Namun ternyata, pakar epidemiologi menegaskan bahwa new normal bukan sekadar skenario membuka ruang publik seperti yang kita bayangkan.

Tetapi pakar Epidemiologi mengatakan, new normal lebih menekankan kepada kesiapan individu terhadap aktivitas di luar rumah meski virus corona SARS-CoV-2 – penyebab Covid-19 – belum lenyap sekali pun.

Maka dari itulah dengan kesigapan dan kerja keras dari seorang Kapolsek Siak Kecil Iptu Sunaryo, telah lebih dahulu memulai sosialisasi menuju new normal kepada kepala Desa, kepada Kepala UPT Puskesmas, kepada tokoh agama dan kepada tokoh masyarakat se-Kecamatan Siak Kecil, agar nantinya para kepala desa bisa menjelaskan hasil sosialisasi ini kepada warganya.

“Sebenarnya new normal adalah perilaku mengatur diri kita saat new normal diberlakukan, ‘kegiatan seperti biasa saat sebelum adanya wabah Covid-19’, namun kita tetap harus terus melakukan 4 hal yang dianjurkan pemerintah”, memakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, menjaga jarak ( physical distanching) dan tidak berkerumunan ditempat keramaian, ujar Kapolsek yang sering dipanggil Komandan Aryo.

Baca Juga  Adanya Organisme Penganggu Milik Petani, Kades Layangkan Surat Ini

Namun yang terpenting menurut Kapolsek adalah bagaimana prilaku kita saat berada dikeramaian tersebut.
Apapun yg kita lakukan demi jiwa bangsa dan negara kita

Selanjutnya Kapolsek menambahkan, dengan new normal tantangan kita semakin berat, kita harus mengajak seluruh masyarakat desa agar semua memahami maksud dan tujuan apa itu new normal, yang nantinya akan disampaikan oleh kepala desa ke warganya.

Dan Kapolsek juga berharap agar para relawan desa harus betul betul siap, siap dalam arti kata, siap sama sama berkerja, baik itu dalam hal penjagaan posko check point desa, dalam hal penanganan ODP, PDP juga dalam penangan PDP positif, juga harus siap ikut pemakaman PDP positif yang meninggal.

Dengan ada tanggung jawab dan kesiapan relawan, kami juga dari Polsek Siak Kecil akan siap ikut membantu terhadap penanganan yang dimisalkan terhadap pemakaman PDP positif, itu semua agar tidak terjadi tolak menolak atau lempar melempar dalam hal pemakaman yang terjadi disalah satu desa, ujar Aryo.

Walaupun demikian kita harus melakukan semua itu sesuai dengan Standar Operation Prosedur (SOP) yang tetapkan protokol kesehatan.

Selain itu Aryo juga berharap agar posko posko check point jangan dulu dibubarkan, tetap dilakukan seperti biasa, kerena new normal bukanlah normal biasa, tapi normal masih dalam pengawasan.

Dan khususnya Kecamatan Siak Kecil, dalam menuju new normal
ini, setiap masjid dan mushola sudah boleh berjamaah, dan masjid sudah diperbolehkan sholat jumat, tapi disetiap masjid harus tetap menyediakan tempat cuci tangan dan memakai masker.

Yang jelas tetap semangat
Untuk memutuskan covid-19 ini tetap objektif melakukan hal seperti yg dilakukan saat PSSB
Kerena Covid-19 belum berakhir,
Bukan kita mundur dalam menanggulanginya tapi tetap semangat agar semua lapisan masyarakatnya tidak akan tertular atau terjangkit .

Baca Juga  HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, Pemkab Bengkalis Gelar Upacara Dengan Prokes Ketat

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut Kapolsek dibantu oleh dua orang putri cantik dan kesayangannya, seorang putri sebagai pembawa acara, yang tampil seperti gaya bak mata najwa dan seorang putrinya lagi sebagai penyanyi dengan suara merdu bak suara artis ternama, bertujuan hanya untuk mengisi jeda dan menghibur para peserta sosialisasi tersebut agar tidak jenuh.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut, Camat Siak Kecil Fadlul Wajdi, Koramil 07 Bukit Batu, Ketua MUI Siak Kecil, Kepala UPT Puskesmas Sadar Jaya dr. Rolas James Simanullang, kepala UPT Puskesmas Lubuk Muda Tursini S.Keb, jajaran Satpol PP, Kepala desa se Siak Kecil, jajaran Polsek Siak Kecil dan Undangan lainnya, ditutup dengan doa dan lagu Bagimu Negri.(sir)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂



Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca