Tingkatkan Perekonomian, Polbeng Laksanakan Program Menara Vokasi


BENGKALIS – MANDIRI POS, Untuk meningkatkan perekonomian di Provinsi Riau, Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) bersama penyelenggara pendidikan vokasi lainnya, melaksanakan Program Menara Vokasi.

Program menara vokasi tersebut merupakan program Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan RI yang acara puncaknya akan diselenggarakan pada 07 s/d 09 Desember 2021 mendatang.

ADS:

Lagi Cari Agency Travel Pekanbaru Tujuan Medan untuk liburan atau pulang kampung? Hubungi Melody Travel untuk Perjalanan PP Travel Medan Tujuan Pekanbaru yang aman dan nyaman.

Sebagaimana diketahui, Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sumber daya alam (SDA) yang mumpuni.

Sebagai penunjang untuk pengelolaan SDA tersebut, dibutuhkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang juga mumpuni.

Program menara vokasi yang salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan sinergi antara pendidikan vokasi dan industri sehingga bisa selaras dan dapat meningkatkan ekonomi daerah terutama di Provinsi Riau merupakan program yang tepat sasaran.

“Program ini sangat tepat dalam rangka meningkatkan kualitas SDM khususnya di Provinsi Riau,” ujar Direktur Polbeng Johny Custer, ST, MT, Kamis, 02 Desember 2021.

Mengingat, sambung Johny, pengelolaan SDA di Provinsi Riau masih banyak menggunakan tenaga ahli yang didatangkan dari luar. Maka itu, untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas, pihaknya bersama penyelenggara pendidikan vokasi lainnya dan didukung oleh Pemerintahan Provinsi Riau siap untuk melaksanakan Program Menara Vokasi tersebut.

“Melalui program ini, kita akan persiapkan SDM yang berkualitas dan kompeten yang selaras dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI),” ujar Johny.

Dengan keselarasan dan keharmonisan antara DUDI dengan pendidikan vokasi, sambung Johny, maka diharapkan lulusan pendidikan vokasi tidak lagi ada yang kesulitan untuk bekerja.

Baca Juga  Bupati Bengkalis Serahkan Hadiah Pemenang Lomba HKG PKK Kabupaten Bengkalis

Selanjutnya Johny mengatakan, pada periode Agustus 2019 – Agustus 2020, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Provinsi Riau meningkat dari 5,76 persen menjadi 6,32 persen. Peningkatkan angka pengangguran tersebut, berbanding terbalik dengan tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakatnya.

“Dengan Program Menara Vokasi ini, diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran sehingga pertumbuhan ekonomi akan kembali meningkat secara signifikan. Dan diharapkan juga dapat menumbuh kembangkan budaya link and match dengan membangun kerja sama yang selaras antara Satuan
Pendidikan Vokasi dan DUDI sebagai bagian dari peningkatan ekonomi daerah secara terus-menerus dan berkelanjutan,” pungkasnya. (sir)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *