oleh

Politeknik Negeri Bengkalis Wisudakan 500 Lulusan Terbaiknya Pada Penyelenggaraan Wisuda Ke-17 Tahun 2020 ini

BENGKALIS – MANDIRI POS, Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) mewisudakan 500 lulusan terbaiknya secara virtual dari Gedung Utama Kampus Polbeng jalan Bathin Alam Bengkalis, Sabtu 21 November 2020.

Hari ini adalah hari yang ditunggu oleh mahasiswa, yaitu hari mereka para mahasiswa yang akan diwisudakan oleh Senat Akademik Politeknik Negeri Bengkalis.

Senat Akademik Politeknik Negeri Bengkalis kembali dapat mempersembahkan lulusan terbaiknya, lulusan yang berkualitas dan siap berkarya di masyarakat.

Senat Akademik Politeknik Negeri Bengkalis pada hari ini mewisudakan 500 lulusan yang berasal dari 6 program Studi Sarjana Terapan (D-IV) yang berjumlah sebanyak 244 lulusan, dan 9 dari program Studi D-III yang berjumlah sebanyak 256 lulusan.

Dari 500 lulusan tersebut, 84 yang memperoleh predikat pujian/cumlaude, yang terdiri dari 49 lulusan dari program Sarjana Terapan dan 35 lulusan dari program D-III.
Dan dari 500 lulusan tersebut juga terdapat 116 lulusan yang merupakan mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi.

Politeknik Negeri Bengkalis pada hari ini menyelenggarakan wisudawan yang ke 17, Jadi dari awal hingga yang ke 17 ini Politeknik Negeri Bengkalis telah meluluskan sejumlah 4423 lulusan.

Direktur Politeknik Negeri Bengkalis Johny Custer, ST.MT dalam sambutannya mengucapkan, ” saya atas nama pribadi dan pimpinan serta atas nama seluruh Civitas Akademika Politeknik Negeri Bengkalis mengucapkan selamat atas kelulusan dan gelar akademik yang kalian raih”. Ucapan selamat juga disampaikan kepada seluruh keluarga yang sudah barang tentu berperan sangat besar dalam kesuksesan anak anaknya, dengan gelar akademik dan keahlian yang telah diperoleh ini.

Dengan apa yang diperoleh tersebut semoga semua dapat memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk dapat berkiprah, meniti karir dan menatap masa depan yang lebih baik, tambah Johny.

Selanjut Johny mengatakan bahwa Penyelenggaraan Wisuda pada hari ini merupakan sebuah upacara yang menandai perubahan status bagi kalian semua, sebelum ini kalian adalah mahasiswa, dan mulai hari ini kalian menjadi Sarjana Terapan dan Ahli Madya. Oleh sebab itu, seiring dengan perubahan status ini, berubah pula tanggung jawab yang kalian pikul. Ketika masih menjadi mahasiswa, kalian lebih banyak memikul tanggung jawab akademik, dan mulai hari ini, tanggung jawab sosial semakin melekat di pundak kalian.

Satu hal yang harus diingat oleh para Wisudawan yang sangat dibanggakan, “saya pesankan ke seluruh wisudawan, agar senantiasa tegar dalam berpegang teguh pada nilai kebenaran dan kejujuran, serta pada nilai dan norma agama. Karena itulah yang akan menyelamatkan kita dari turbulensi moral yang sangat kuat yang terjadi di masyarakat luas dewasa ini. Kita harus berani tampil sebagai pandega bangsa, walaupun harus terpaksa tampil berbeda dengan orang kebanyakan, dikarenakan integritas, komitmen dan disiplin diri, kita selalu menempatkan sendi-sendi kehidupan di atas tatanan nilai-nilai keadaban yang luhur. Untuk itu kalian harus senantiasa sabar dan istiqomah dalam menegakkan kebenaran dan bersikap profesional di dalam menjalankan tugas profesi kalian di masyarakat. Yakinlah bahwa keluhuran budi akan selalu berujung pada kebahagian dunia dan akhirat. Oleh karena itu, terus pertahankan dan selalu tingkatkan integritas diri kalian sebagai seorang intelektual dan sebagai alumnus Politeknik Negeri Bengkalis yang membanggakan, pesan Johny.

Lanjutnya, jadilah kalian setidak tidaknya orang yang amanah. Dengan berbekal kompetensi dan kemampuan intelektual yang anda miliki saat ini, serta kemauan kalian untuk belajar sepanjang hayat, saya yakin, kalian bisa menjadi orang yang terpercaya. Maka berlakulah jujur, baik dalam pikiran, dalam kata maupun dalam perbuatan. Selalu berpegang teguhlah kalian pada nilai-nilai kebenaran, dan selalu pertimbankanlah berbagai kemungkinan yang dapat terjadi, agar kalian dapat memilih yang terbaik dalam setiap mengambil keputusan. Yakinlah bila kalian telah mengupayakan yang terbaik dengan istiqomah, kalian pasti mampu mengatasi segala persoalan yang akan menghadang walau bagaimanapun beratnya, dan lakukanlah segalanya itu dengan  sikap yang santun. Insyaa Allah kalian akan menjadi pemimpin sejati di manapun kalian berada.

Gelar kesarjanaan bukanlah segalanya, kelulusan ini bukanlah pula akhir dari tujuan kalian belajar. Justru ini semua baru merupakan awal dari perjalanan hidup kalian yang sesungguhnya. Kalian akan menghadapi persoalan-persoalan yang lebih nyata dan lebih kompleks. Kalian harus berani menghadapi kenyataan hidup dengan terus belajar mengembangkan diri dimanapun kalian berada. Yakinlah dengan berbekal apa yang kalian miliki saat ini, dengan niat yang tulus dan lurus, dengan semangat yang tinggi dan selalu berusaha dan berdoa memohon petunjuk Illahi, insya Allah kalian akan menjadi orang-orang yang sukses dikemudian hari. Ingatlah selalu pada orang tuamu dan juga pada almamatermu. Selamat berjuang, bekerjalah dengan keras dan bersungguh sungguh, tunjukkan integritasmu, nusa dan bangsa menanti baktimu.

Tak lupa Johny mengucapkan selamat dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh lulusan yang diwisuda hari ini, dan penghargaan Kepada seluruh Dosen, Instruktur, Laboran, Teknisi dan Karyawan Politeknik Negeri Bengkalis.

Johny juga menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh dosen atas dedikasi, profesionalisme, loyalitas, pengabdian dan kerja kerasnya dalam mendidik, mengajar serta membimbing mahasiswa, sehingga pada hari ini telah dihasilkan lulusan yang siap mengabdi kepada bangsa dan negara. Semoga Allah SWT senantiasa mencatat sebagai amalan kebajikan.

Ucapan terima kasih juga Johny sampaikan kepada berbagai institusi pemerintah, industry/perusahaan, Lembaga, alumni,dan warga masyarakat maupun perorangan yang senantiasa mendukung Politeknik Negeri Bengkalis dalam berbagai bentuk bantuan mulai dari dana beasiswa untuk mahasiswa, sampai kepada berbagai program kerjasama dalam bidang penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat, ataupun dalam berbagai bentuk bantuan lainnya.

Kepada Pengurus Ikatan Alumni Politeknik Negeri Bengkalis, hari ini kembali kami serahkan para lulusan Politeknik Negeri Bengkalis yang baru, agar dapat dibina dan didayagunakan dalam rangka pembangunan dalam arti yang seluas luasnya. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan pada kita semua hikmah dan kebijaksanaan, serta kekuatan dan kesabaran, dalam upaya mencapai apa yang telah kita citakan dan memberikan jalan yang terbaik kepada kita semua.

Alhamdulillah, walaupun dalam keadaan pandemi covid-19 namun acara wisudawan seluruh mahasiswa berjalan dengan sempurna yang dilakukan secara virtual pada hari ini, amin ucap Johny mengakhiri.(sir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed