Muscablub APDESI Rohi, Azhar terpilih jadi ketua

Baganbatu — Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Rokan Hilir menggelar acara musyawarah pengurus pergantian antar (PAW) di Ball Room hotel Suzuya Plaza Bagan Batu, Ahad 15/2/2020.

Rental Genset Pekanbaru

Bantu Subscribe Channel Kami ya....

Dalam sambutannya ketua APDESI DPD propinsi Riau H. Sutejo menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan dukungan sehingga dirinya bisa terpilih sebagai ketua APDESI propinsi Riau,

“Kita harus cerdas dan menyikapi secara bijak, jangan sampai salah-salah memilih pemimpin suka atau tidak tetapi pilihlah orang-orang yang terbaik yang mampu memimpin, saya percaya apabila desa itu maju, Rokan Hilir sejahtera, Indonesia indonesia pasti jaya, kalau kita bersinergi pasti semua bisa”, katanya.

Acara yang dibuka secara resmi oleh wakil bupati Rohil H. Jamiluddin turut juga dihadiri unsur forkompimda Rohil, Dandim, Kapolres dan Kajari.

Pantauan di lokasi, dalam musyawarah yang dihadiri sekitar 74 Datuk dan Datin Penghulu itu banjir interupsi dari peserta. Wakil ketua dalam pengurusan lama yang seharusnya dipilih, mendapat penolakan hingga akhirnya disepakati untuk menggelar Muscablub dengan masing-masing koordinator kecamatan mengajukan satu calon.

Dari kesepakatan itu, muncul 6 calon ketua Apdesi Rohil, diantaranya; Abdul Karim (Salak, Bagan Sinembah Raya), Suryadi (Balam Jaya, Balai Jaya), Dini Desiani (Meranti Makmur, Bagan Sinembah), Azhar (Air Hitam, Pujud), Yuhono (Mukti Jaya, Rimba Melintang) dab Kamarun Zaman (Sungai Gajah, Kubu).

Hingga akhirnya, Muscablub yang berakhir sekira pukul 02.00 wib, hasilnya Azhar meraih suara terbanyak dengan memperoleh 21 suara, menang tipis dari Abdul Karim yang memperoleh 20 suara. Disusul Kamarun Jaman 19, Yuhono 14, Dini Desiani 6 dan Suryadi 4 suara.

Baca Juga :   Bupati tinjau Posko Kesehatan Bundaran Pedamaran dan Tanaman Tabebuya yang Menguning

Sekretaris DPD Apdesi Riau usai pelaksanaan Muscablub kepada awak media mengucapkan selamat kepada ketua yang terpilih.

Dia mengatakan bahwa pemilihan ketua Apdesi Rohil ini terbilang menarik dan berbeda dengan kabupaten lain, menurutnya hal itu merupakan dinamika di Rokan Hilir yang cukup bagus, dimana penghulunya rata-rata mengerti proses demokrasi.

“Ya memang itulah demokrasi, jadi apapun hasilnya kita sudah sepakati bersama,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa para penghulu yang hadir banyak tidak mengetahui pengurusan yang lama, hal itu disebabkan karena ketidakaktifan para penghulu itu sendiri.

“Jadi kedepannya, seluruh penghulu di Rokan Hilir ini, aktif di asosiasi. Karena manfaatnya pasti ada. Ini adalah organisasi profesi (pemerintah desa) satu-satunya di Rohil yang akan membantu dan membimbing para penghulu untuk membangun desa,” tandasnya.

Sementara itu, ketua terpilih Apdesi Rohil, Azhar mengucapkan terimakasih kepada para datuk dan datin penghulu yang hadir atas undangan panitia yang telah mempercayai 6 kandidat untuk dipilih hingga akhirnya ia secata demokrasi terpilih sebagai ketua Apdesi Rohil.
Proses pemungutan suara oleh peserta Muscablub Apdesi Rohil.

Dia menambahkan dan mengharapkan, kedepannya Apdesi Rohil bisa lebih baik lagi dari sebelumnya dan berharap, pengurus lama bisa ‘tunjuk ajar’ kepada pengurus baru, sehingga Apdesi Rohil bisa lebih baik lagi kedepannya.

“Apdesi ini adalah lembaga atau suatu wadah organisasi tempat datuk penghulu, tempat memberikan argumentasi, menyampaikan aspirasi. Dan inilah tugas pengurus kedepannya untuk menampung persoalan-persoalan yang ada di desa,” ungkapnya.

Kemudian, Azhar juga mengatakan akan menjalankan hubungan dengan pemerintah kabupaten Rokan hilir.

“Karena, Apdesi merupakan mitra dari pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, dengan tujuan visi dan misi kabupaten Rohil itu tercapai dalam membantu pembangunan Rohil khususnya dalam membangun desa,” katanya mengakhiri. (Ind)








Mitsubishi Pekanbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: