KONTRAK KEMITRAAN PENGADAAN ALAT BERAT ANTARA PT KIMIA TIRTA UTAMA DAN KOPERASI TANDAN BERTUAH DESA PANGKALAN PISANG KECAMATAN KOTO GASIB


KOTO GASIB-Jum’at, 5 Agustus 2022 – Astra Agro Grup melalui anak perusahaannya PT Kimia Tirta Utama bekerjasama dengan koperasi Tandan Bertuah mengadakan kontrak kemitraan berupa pengadaan alat berat Excavator Komatsu (PC 135) dan 1 unit Dump Truck Isuzu NMR 71.

 

Koperasi Tandan Bertuah merupakan koperasi binaan PT KTU yang sekaligus bermitra dan menjadi supplier TBS PT KTU dari Dusun Sei Padang Desa Pangkalan Pisang. Letak geografis yang berdampingan dengan perusahaan memberikan keuntungan tersendiri bagi koperasi yang diketuai oleh Bapak Sukamto ini. Dengan menjadi binaan PT KTU, berbagai macam keuntungan bisa dirasakan oleh koperasi Tandan Bertuah seperti pendampingan proses penanaman, perawatan, pemupukan dan edukasi terkait cara panen serta berbagai hal terkait kelapa sawit didapatkan dari PT KTU.

Tidak hanya itu, kontrak kemitraan berupa pengadaan pupuk dan alat berat juga dapat dinikmati berkat adanya PT KTU selaku “Bapak Angkat” dari koperasi Tandan Bertuah.
Kali ini PT KTU dan koperasi Tandan Bertuah menjalin kontrak kemitraan pengadaan alat berat Excavator Komatsu (PC 135) dan 1 unit Dump Truck Isuzu NMR 71. Kegiatan yang dihadiri oleh Hubbal K Sembiring (Administratur PT KTU), Suyanto (PSAM Riau 1), Irwan Siregar (Manajer KKPA AAL), Hardiman (CDO PT KTU ) dan Sariwan Widodo (PSM) selaku perwakilan dari pihak perusahaan serta Sukamto (Ketua Koperasi Tandan Bertuah), Dasrit, Santoso dan Jumadi yang merupakan perwakilan dari pihak koperasi berlangsung dengan lancar dan penuh dengan suasana kekeluargaan.

 

 

Alat berat berupa Excavator Komatsu (PC 135) dan 1 unit Dump Truck Isuzu NMR 71 tersebut diserahkan secara langsung oleh orang nomor satu PT KTU yaitu Hubbal K Sembiring. Dalam sambutannya Hubbal mengatakan bahwa tujuan diadakannya kontrak kemitraan ini adalah untuk memperlancar operasional dan evakuasi TBS Koperasi Tandan Bertuah.

Baca Juga  PT. BIM Dayun Kembali Serahkan Bantuan Sosial Kepada Masyarakat

 

“Koperasi Tandan Bertuah merupakan mitra prioritas PT KTU dengan kualitas TBS yang sangat baik karena pendampingan yang dilakukan oleh perusahaan secara berkelanjutan. Kerjasama kemitraan ini dirasa menguntungkan bagi kedua belah pihak sehingga harus dijaga keberlanjutannya” tutur beliau.

 

“Hari ini PT KTU dan koperasi Tandan Bertuah merealisasikan pengadaan 1 unit Excavator dan 1 unit Dump Truck dengan pola kemitraan, dengan adanya alat berat ini diharapkan dapat memperlancar kegiatan operasional Koperasi Tandan Bertuah sehingga lebih efektif dan efisien dalam hal evakuasi TBS ke TPH” tambah beliau.
Hubbal berharap bahwa dengan adanya tambahan 1 unit Excavator dan 1 unit Dump Truck ini, koperasi Tandan Bertuah bisa lebih produktif dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya.
“Semoga alat berat ini bisa digunakan secara maksimal untuk menunjang kegiatan operasional koperasi Tanda Bertuah yang nantinya akan dapat meningkatkan produkitifitas sehingga ujungnya nanti bisa meningkatkan kesejahteraan anggota” tutup beliau.

 

Senada dengan yang disampaikan Hubbal, Suyanto (PSAM Riau 1) mengatakan bahwa pengadaan alat berat ini dapat menjadi solusi bagi masyarakat, khususnya anggota koperasi Tandan Bertuah yang dapat meringankan pekerjaan mereka dalam operasional TBS di lahan perkebunan yang mereka kelola.

 

“Saya sangat setuju dengan yang disampaikan pak Adm (read:Hubbal), itulah yang mendasari semangat kerjasama dengan koperasi Tandan Bertuah ini. Selain untuk evakuasi TBS, alat berat khusunya excavator tersebut bisa digunakan untuk membersihkan dan normalisasi drainase sehingga akan mengurangi resiko banjir di lahan koperasi sehingga kegiatan operasional di lapangan tidak akan terganggu di musim penghujan” jelas beliau.
Dicky Sofyan (Camat Koto Gasib) Ketika dimintai pendapat tentang hal tersebut merespon positif Kerjasama kemitraan antara PT KTU dan koperasi Tandan Bertuah ini.

Baca Juga  PPS Telah Dilantik, Apa Pesan Camat Dan PPK?

 

“Gaung PT KTU terhadap upaya pengembangan taraf hidup masyarakat melalui program Community Development (CD) dan Community Social and Responsibility (CSR) nya di Kecamatan Koto Gasib tidak perlu diragukan lagi. Dari sisi pengembangan Ekonomi dan Edukasi, PT KTU sudah memberikan dampak yang cukup massive di wilayah Koto Gasib. Harapan kami hal ini bisa tetap dijalankan secara berkelanjutan oleh PT KTU sehingga tetap memberikan kontribusi positif ke masyarakat” ungkap beliau.

 

Terhadap pola kemitraan alat berat berupa 1 unit Excavator dan 1 unit Dump Truck ini, Sukamto (Ketua koperasi Tandan Bertuah) memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas kepercayaannya menjadikan Koperasi Tandan Bertuah sebagai binaan sekaligus mitra PT KTU. “Peran PT KTU sebagai “Bapak Angkat” cukup signifikan dalam peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Pangkalan Pisang, khususnya di Dusun Sei Padang ini. Tidak hanya pendampingan dan edukasi, PT KTU juga melalui pola kemitraannya kerap memberikan support yang luar biasa untuk pengembangan dan peningkatan produktifitas koperasi kami ini. Oleh karena itu, mewakili semua anggota koperasi, kami memberikan apresiasi tinggi terhadap kontribusi PT KTU dan berharap hal ini terus berlanjut di masa yang akan datang” kata beliau.

 

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Bapak Sukamto, Sariwan Widodo (PSM PT KTU) berharap dampak positif dari kerjasama kemitraan ini dapat dirasakan oleh warga setempat. “Harapan kami adalah bisa membantu memaksimalkan produktifitas koperasi yang nantinya akan dapat meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi tersebut” harap beliau.(rls)

 

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *