Cegah Virus Corona, Puskesmas Gelar Sosialisasi di Tengah – Tengah Masyarakat

  • Bagikan

BAGAN BATU – Hebohnya persoalan Virus Corona dan bahkan sudah memasuki wilayah Riau, menjadi perhatian khusus oleh pemerintah dalah hal itu dinas kesehatan.

Untuk wilayah Kabupaten Rokan Hilir Khususnya, Kecamatan Bagan Sinembah meski belum ada laporan tentang adanya warga yang terjangkit virus corona yang saat ini menjadi perhatian dunia, namun Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir melalui Puskesmas Bagan Batu terus meningkatkan pengawasan dan antisipasi dini.


Bantu Subscribe Channel Kami ya....

Dimana, upaya tersebut dilakukan oleh pihak Puskesmas dengan melakukan sosialisasi ke beberapa daerah kepenghuluan terkait dengan virus corona.

Kepala Puskesmas Bagan Batu, dr Josafart Silalahi saat di konfirmasi, Selasa (10/3) menyampaikan, bahwa sosialisasi ini digelar sebagai upaya untuk menjawab keresahan masyarakat terkait dengan pemberitaan virus corona belakangan ini.

“Ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang virus corona dimana virus baru tersebut menyebabkan penyakit pada saluran pernafasan,”ucapnya.

Josafart mengatakan, bahwa virus tersebut berasal dari Cina. Oleh karena itu, sebagai upaya pencegahan sejak dini dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan.

Salah satu langkah upaya pemcegahan virus tersebut, dengan cara sering cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker jika batuk, atau pilek, komsumsi gizi seimbang perbanyak sayur dan buah.

” Selain itu, hati-hati kontak dengan hewan, rajin olahraga, jangan komsumsi daging yang tidak masak dan jika batuk pilek serta sesak segera ke pihak kesehatan terdekat,” katanya.

Dr josafat menjelaskan, bahwa pemberitaan terkait dengan virus corona di media begitu meresahkan masyarakat, sehingga perlu dilakukan sosialisasi disetiap Desa atau kepenghuluan diwilayah kerja Puskesmas Bagan Batu.

” sosialisasi ini dilakukan untuk menjawab keresahan masyarakat sekitar diwilayah Puskesmas Bagan Batu Khususnya,”pungkasnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, bahwa selain sosialisasi juga dilakukan koordinasi dengan semua elemen, baik pemerintah, tokoh pemuda,  tokoh agama maupun masyarakat.

“dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat merupakan salah satu tugas saya, seperti pada kegiatan ini, ini merupakan bentuk tindak lanjut rapat koordinasi dengan pemerintah daerah kabupaten Tangerang terkait penanggulangan atau pencegahan penyebaran virus corona,” ucapnya.

Adanya tindak lanjut dari seluruh elemen dalam mensosialisasikan tentang Virus Corona ini kepada masyarakat khususnya di wilayah kecamatan Bagan Sinrmbah ini.

” Untuk dapat tercegah indikasi virus corona, masyarakat wajib menerapkan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Salah satunya dengan rutin mencuci tangan dengan air mengalir sebelum dan sesudah beraktifitas,” ungkapnya.

Sedangkan untuk masyarakat, dirinya menyarankan agar rutin membersihkan rumah dan lingkungan sekitar apalagi pasca terjadinya genangan air. Karena lingkungan yang kotor bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit.ris

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂


banner
  • Bagikan
DomaiNesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//dopansearor.com/4/3802902