Capeng 3 Kecamatan Gelar Deklarasi Damai


Bagan Sinembah, Mandiri Pos — Untuk menciptakan Pemilihan Penghulu Serentak Tahap II berjalan aman dan damai, 49 calon penghulu dari 3 kecamatan ini menggelar deklarasi damai bersama.

 

 

Deklarasi damai ini digelar di gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Kecamatan Bagan Sinembah, Senin 27/11 petang dengan dihadiri 3 camat, yakni Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP MSI, Bagan Sinembah Raya, Hadiono SH dan Balai Jaya, Samsuhir S.Pd. Turut juga menyaksikan, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Eka Ariandy Putra SH SIK, Danramil 03/Bgs Kapten Arh H Sitorus dan Panitia Pemilihan Penghulu serta Pengawas Pemilihan Penghulu dari masing masing kepenghuluan.

 

 

Camat Bagan Sinembah, Sakinah SSTP MSI mewakili para camat lainnya menyampaikan bahwa deklarasi damai ini digelar untuk menciptakan suasana pemilihan yang damai.

 

 

” Dengan ini, kami harapkan Pilpeng dapat berjalan damai, tidak ada keributan dan siap kalah dan siap menang,”ungkapnya.

 

 

Camat juga berharap agar para calon  penghulu nantinya dapat berbesar hati untuk menerima apa yang menjadi pilihan warganya. ” Kita tidak ingin ada kericuhan yang dapat menghambat jalannnya segala program, untuk itu mari kita sama sama menghargai hasilnya nanti,” harap camat.

 

 

Sementara itu, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Eka Ariandy Putra SH SIK menyampaikan bahwa, selaku Kapolsek yang nantinya bertanggung jawab terhadap sistem pengamanan berharap dapat sama sama menjaga situasi agar tetap kondusif.

 

 

” Pola pengamanan sudah kita siapkan, nanti tinggal menyatukan sistemnya dengan panitia dan pengawas, namun kerjasama untuk saling menjaga agar suasana berjalan kondusif perlu kerjasama semua pihak,” pintanya.

 

 

Kapolsek menyampaikan, potensi kericuhan biasanya muncul dari pendukung yang tidak menerima kekalahan. ” Untuk menghindari itu, perlu memberikan pemahaman terhadap pendukung, agar benar benar paham, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman yang berakibat terjadinya kericuhan,” ungkapnya.

Baca Juga  saban hari Camat Basira sampaikan himbauan bupati tetap mengunakan masker masa pandemi Covid-19

 

 

Kapolsek juga mengatakan bahwa akibat dari kericuhan itu nantinya sangat berdampak buruk terhadap kelanjutan program dari kepenghuluan itu sendiri. ” Kita sudah ada contoh, dua kepenghuluan di Balai Jaya pada Pilpeng Tahap I terjadi permasalahan yang memerlukan waktu lama untuk dapat selesai, memang itu merupakan hak dari masing masing calon, namun untuk Tahap II ini, semua pihak, baik Panitia dan Pengawas serta calon dan pendukung calon agar sama sama memahami mekanisme pemilihan, agar pada saat pemilihan semua berjalan dengan baik,” pintanya.

 

 

Kapolsek juga mengingatkan bahwa perselisihan yang terjadi itu tentu berdampak pada lambatnya program kepenghuluan ke depannya. ” Jangan sampai dengan gangguan yang terjadi membuat program pembangunan jadi lebih lamban dari penghulu lainnya, kasihan warga kita,” pinta Kompol Eka.

 

 

Terakhir, Kompol Eka meminta keseriusan para calon, panitia dan panwas untuk sama sama menjaga dan berkomitmen untuk menciptakan suasana pemilihan penghulu tahap dua ini berjalan kondusif.

 

 

Untuk diketahui, dalam Pilpeng Tahap II di 3 kecamatan ini ada 16 Kepenghuluan yang mengikuti Pilpeng, 6 kepenghuluan di Bagan Sinembah, 6 kepenghuluan di Bagan Sinembah Raya dan 4 kepenghuluan di Balai Jaya dengan jumlah Calon penghulu sebanyak 49 calon.

 

 

Dan isi deklarasi damai ini disebut dengan Pernyataan Bersama atau Ikrar Calon.

 

 

Dengan ini saya yang mencalonkan diri untuk Calon Datuk Penghulu bahwa untuk memelihara kesatuan, persatuan ketertiban dan keamanan maka dengan ini kami yang namanya tersebut di atas, telah mengadakan pernyataan bersama sebagai berikut :

 

 

  1. Setelah membaca, meneliti daftar hak pilih pada pemilihan Penghulu Kecamatan Bagan Sinembah yang dilaksanakan pada hari Rabu Tanggal Enam Bulan Desember Tahun Dua Ribu Tujuh Belas adalah :
Baca Juga  HUT ke 67, IDI Rohil Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

 

a. Para Pemilih Daftar pada hak pilih tersebut di atas adalah penduduk Kepenghuluan

 

 

b. Para Pemilih tersebut adalah dewasa/telah kawin.

 

 

  1. Bahwa kami akan mentaati segala peraturan dan hukum yang berlaku dan membantu sekuat tenaga kepada siapapun diantara calon-calon Datuk Penghulu Kecamatan Bagan Sinembah, Balai Jaya dan Bagan Sinembah.(Ind)
Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂



Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca