Pengurus PKDP Kepulauan Meranti Masa Bakti 2016-2017 Dikukuhkan   Walikota Pariaman Titipkan Warga Pariaman Pada “Mamak di Rantau” Bupati Meranti


SELATPANJANG.mandiripos.com -Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, bersama Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Walikota Pariaman Drs. H. Mukhlis Rahman MM menghadiri pengukuhan pengurus Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) Kabupaten Kepulauan Meranti, bertempat di Hall Ocean, Selatpanjang, Senin malam (15/1/2018).

 

ADS:

Lagi Cari Agency Travel Pekanbaru Tujuan Medan untuk liburan atau pulang kampung? Hubungi Melody Travel untuk Perjalanan PP Travel Medan Tujuan Pekanbaru yang aman dan nyaman.

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus PKDP Kabupaten Kepulauan Maranti dilakukan langsung oleh Ketua DPW PKDP Provinsi Riau H. Herman Nazar yang diawali dengan pembacaan SK PKDP Provinsi Riau oleh Sekretaris PKDP Provinsi Riau H. Martius Busti 

 

Duduk sebagai Dewan Pimpinan yakni Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, Ketua DPRD Fauzi Hasan, Wakil Bupati H. Said Hasyim, Kapolres AKBP La Ode Proyek, Kajari Meranti Suwaryana SH, Danramil Selatpanjang Mayor Tambunan.

Untuk Ketua Dewan Penasehat adalah Syahrial SE Dan sebagai Ketua PKDP Kabupaten Kepulauan Meranti Masa Bakti 2016-2021 dipercayakan kepada Ketua terpilih Sutan Jon Efendi dan Sekretaris Syafri SPd. 

 

Dalam sambutannya Ketua PKDP Kepulauan Meranti terpilih Sutan Jon Efendi mengungkapkan, kehadiran PKDP Kepulauan Meranti diharapkan bisa menjadi jembatan hati dan wadah silahturahmi masyarakat Pariaman di Rantau khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti.

 

Pada kesempatan itu juga Jon Efendi mengaku, selama ini PKDP Kepulauan Meranti cukup mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah, ia berharap kedepan PKDP terus dilibatkan dalam berbagai kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkab. Kepulauan Meranti sehingga PKDP dapat memberikan sumbangsih demi kemajuan Kepulauan Meranti kedepan.

 

“PKDP siap mendukung semua wacana program Pemkab. Meranti dan siap mensukseskan Pilgubri 2019 mendatang,” ujar Jon Efendi.

Baca Juga  Pria 44 Tahun Di Meranti Ini Kantongi 3 Paket Sabu-sabu

 

Sempena Pilgubri dan pemilihan Legislatif tahun 2019 mendatang, Jon Efendi menghimbau anggota PKDP dapat melaksanakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani dengan tetap menjaga kekompakan. Akhir kata ia berharap seluruh masyarakat Pariaman di Kepulauan Meranti untuk terus menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan hidup damai dalam keberagaman.

 

Pada kesempatan itu Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M. Si mengucapkan selamat kepada pengurus PKDP yang baru, dan berharap dapat bersama sama Pemda dalam membangun Meranti yang lebih baik lagi kedepan. Menurutnya warga Meranti yang berasal dari Pariaman berkewajiban sama sama membangun Meranti karena pembangunan yang dilaksanakan secara langsung akan dirasakan manfaatnya oleh warga PKDP, namun begitu adat istiadat negeri asal (Pariaman.red) jangan sampai dilupakan.

 

Dijelaskan Bupati dihadapan hampir seribuan anggota PKDP yang hadir memadati Hall Ocean, Selatpanjang, membangun Meranti ditengah keterbatasan dengan APBD awal yang hanya berkisar 300 Miliar sangatlah berat namun berkat dukungan dari seluruh masyarakat, Meranti dapat sejajar dengan Kabupaten lainnya di Provinsi Riau. Dan kini untuk menopang oembangunan daerah APBD yang dulunya hanya berkisar 300 Miliar menjadi diatas 1 Triliun.

Masyarakat Meranti sangat konsen pada sektor SDM dan kesehatan, saat ini diakui Bupati masyarakat Meranti tidak perlu kawatir dengan pelayanan ksehatan karena sudah cukup terjamin. “Saat ini sudah ada 17 dokter spesialis dan Puskesmas rawat inap hingga kepelosok desa. 

“Diseluruh Kecamatan saat ini sudah ada Puskesmas rawat inap, dan 5 ambulan laut dan ambulan darat yang standbye hingga ke Buton. Yang telah mengcover seluruh wilayah di Meranti, jadi dalam hal pelayanan ksehatan tak perlu lagi sedikit sedikit dirujuk ke Pekanbaru ataupun Bengkalis dan Batam karena kini peralatan dan dokter di Meranti sudah semakin baik,” papar Bupati.

Baca Juga  Lagi asyik Pesta Narkoba. Satu wanita dan empat Pria diamankan Satres Narkoba Polres Meranti

Begitu juga untuk peningkatan kwalitas SDM di Meranti dimana Pemda telah menyekolahkan gratis siswa siswi Meranti terbaik untuk menimba ilmu di perguruan tinggi ternama di Indonesia dengan harapan sepuluangnya nanti dapat membangun daerah. Sebut saja UNRI, UGM, IPB, Sekolah Tinggi Keuangan, dan sekolah tinggi Pariwisata di Batam. Dan tak keyinggalan untuk meningkatkan keahlian dan pemahaman baca Al-Quran di Quran Center Batam yang Al hasil Meranti selalu menjadi yang terbaik dalam Ivent MTQ Tingkat Provinsi dan Nasional. 

 

Bupati Meranti Drs. H. Irwan, M.Si juga berharap dukungan dari seluruh suku yang ada di Meranti terutama masyarakat Pariaman untuk bersama sama membangun daerah dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Bak pepatah Minang. “bijak di Kampung baguno dirantau”

 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua PKDP Provinsi Riau Herman Nazar, menurutnya sejarah Melayu tidak bisa dipisahkan dari Sumatera Barat negeri asal PKDP, sejak dahulu Melayu sudah merupakan suatu keluarga, untuk itu Herman Nazar berpesan kepada Bupati Kepulauan Meranti yang sudah menjadi “Mamak” di rantau untuk membimbing anak keponaan untuk bersama-sama membangun Meranti yang dicintai.

 

Begitu juga Walikota Pariaman H. Mukhlis Rahman, yang mengaku baru pertama kali memijakan kaki di Selatpanjang untuk bertemu dengan saudara dirantau, dalam rangka menyambung kembali tali silahturahim yang mungkin terputus karena kesibukan di rantau. Ia berharap Bupati Kepulauan Meranti sebagai “Mamak” di rantau dapat membimbing masyarakat PKDP sehingga dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan Meranti kedepan.

 

Ia juga becerita mengenai sahnya membangun Pariaman tanpa dukungan darimseluruh elemen masyarakat, mulai dari pembangunan infrastruktur, budaya dan SDM. Namun berkat dukungan semua pihak Pariaman yang menetapkan sebagai daerah destinasi wisata di Sumatera dapat duduk sama rendah dan bediri sama tinggi dengan Kabupaten Kota lainya. Untuk itu ia berpesan kepada seluruh masyarakat Pariaman di rantau khususnya di Kepulauan Meranti untuk mendukung kebijakan yang telah dibuat oleh Pemerintah Daerah.

Baca Juga  Bupati Meranti Lawan DPRD Meranti Liga Futsal

 

Wakil Bupati Pariaman Suhatri Bur juga mengaku, kemajuan negeri Pariaman tidak terlepas dari peram orang orang Pariaman dirantau yang terus mendukung kampung halamannya, namun begitu ia mengingatkan kepada seluruh warga PKDP sebagai orang dirantau harus mengikuti falsafah Minang. “Saya ingatkan dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung dan jadikan Bupati sebagai Mamak di rantau, dan mintalaj bimbingan dan petunjuknya,” ucap Wakil Bupati Pariaman.

 

Tak lupa Suhatr Bur mengajak warga PKDP untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan  dan menjaga kekompakan antar saudara di rantau. 

 

Sekedar informasi turut hadir dalam acara itu, Sekretaris Daerah H. Yulian Norwis SE MM, Asisten I Sekda Meranti Jonizar, Kepala Dinas/Badan/Bagian Dilingkungan Pemkab. Meranti, Ketua Panitia M. Nazir, Ketua Paguyuban Aceh, Jawa, Makasar, Bugis, Tokoh Masyarakat/Adat, Agama dan lainnya. (ari)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *