Cegah Kasus Gizi Kronis, Pemdes dan TP-PKK Desa Pamesi Lakukan Ini


BATHIN SOLAPAN – Melalui program dana Bermasa, Pemerintah Desa (Pemdes) Pamesi bersama TP-PKK Desa Pamesi, menggelar penyuluhan terkait stunting atau kekerdilan sebagai upaya pencegahan kasus gizi kronis serta pemberian makanan tambahan untuk pencegahan kelahiran stunting, Kamis (29/12) bertempat di ruang pertemuan kantor Desa Pamesi.

“Kegiatannya difokuskan dengan pemberian pemahaman edukasi kepada masyarakat terutama bagi ibu hamil sehingga saat melahirkan kondisi anak dalam keadaan sehat serta cara pola asuh yang baik bagi ibu yang memiliki anak usia balita,” kata PJ Kepala Desa Pamesi, Ali Ridwan.

ADS:

Lagi Cari Agency Travel Pekanbaru Tujuan Medan untuk liburan atau pulang kampung? Hubungi Melody Travel untuk Perjalanan PP Travel Medan Pekanbaru yang aman dan nyaman.

Dikatakan pemateri, kegiatannya cukup dilakukan oleh bidan desa setempat dan Kepala Puskesmas, yang menekankan perihal umum stunting, seperti pola menjaga kesehatan bagi ibu hamil, pola makan yang seimbang dan pengasuhan.

Penting untuk diperhatikan bagi ibu hamil, saat masih masa kandungan atau yang dikenal dengan 1.000 hari pertama kehidupan (1000 HPK), pada 1.000 HPK dimulai sejak dari fase kehamilan (270 hari) hingga anak berusia dua tahun (730 hari).

Ali Ridwan mengatakan, pemerintah desa mendukung komitmen pemerintah daerah dalam upaya penceganan dan penanganan stunting.

“Saya sarankan terutama bagi ibu hamil untuk rutin memeriksa kandungannya di layanan Pukesmas maupun di bidan desa termasuk pula diharapkan bidan desa agar proaktif memberikan pemahaman awal kesehatan khususnya bagi ibu hamil sampai pengasuhan anak dua tahun,” jelasnya.

Pencegahan dan penanganan kasus gizi kronis harus dilakukan terpadu antar lintas sektoral guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas sesuai dengan visi misi Bupati Bengkalis Kasmarni “Bermarwah Maju dan Sejahtera” (Bermasa). (BN)

Baca Juga  Stand UMKM TP-PKK Kabupaten Bengkalis Ikut Meriahkan Porseni IGTKI PGRI Se-Riau

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca