Bupati Kasmarni Berharap Seleksi O2SN- Jenjang SD, Jaring Atlet Berbakat Dan Berprestasi Sejak Dini


BENGKALIS – MANDIRIPOS, Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Andris Wasono berharap seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional jenjang Sekolah Dasar (O2SN-SD) tingkat Kabupaten Bengkalis menjaring atlet-atlet berbakat dan berprestasi sejak usia dini.

Demikian harapan itu disampaikan saat membuka pelaksanaan seleksi O2SN-SD tingkat Kabupaten Bengkalis, Kamis 30 Mei 2024 malam, di Hotel Marina Bengkalis.

Seleksi O2SN-SD ini diikuti sebanyak 82 peserta perwakilan dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.

Pelaksanaan seleksi tersebut dimulai tanggal 30 Mei sampai dengan 1 Juni 2024, dengan cabang lomba yakni Kid’s Atlet, Badminton, Silat, Karate dan cabang lomba Renang.

Dalam sambutan Bupati Kasmarni dibacakan Asisten I Andris Wasono mengatakan bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik, akan tetapi juga menyangkut aspek non akademik, sehingga diharapkan anak didik akan memperoleh pengalaman belajar yang utuh dan sesuai dengan karakteristik, kebutuhan serta perkembangannya.

Selanjutnya Bupati Bengkalis menyambut baik dengan dilaksanakannya seleksi O2SN-SD tingkat Kabupaten Bengkalis ini, sebagai salah satu wadah guna mengapresiasi kebutuhan non akademis peserta didik yang memiliki bakat dan minat khususnya di bidang olahraga.

Dengan tujuan untuk meningkatkan kondisi kesehatan jasmani peserta didik, dalam menunjang peningkatan kualitas akademis di sekolah, serta peningkatan prestasi peserta didik di bidang olahraga.

“Pelaksanaan O2SN ini, sebagai salah satu media, untuk kita dapat menjaring atlet-atlet berbakat dan berprestasi sejak dini, yang kelak kita harapkan dapat mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis pada pelaksanaan O2SN tingkat Provinsi Riau bahkan nasional dan internasional,”tuturnya

Selanjutnya kepada dinas pendidikan, kepala sekolah, guru pembimbing serta pihak-pihak terkait lainnya Kasmarni berpesan, pasca pelaksanaan O2SN ini hendaknya jangan berhenti sampai terpilihnya peserta didik yang akan mewakili Kabupaten Bengkalis pada pelaksanaan O2SN tingkat provinsi saja.

Baca Juga  Alahmak....Pengerjaan Jalan Gajah Mada Duri Dipertanyakan

Akan tetapi lakukan pembinaan dan pengembangan kepada peserta didik dengan lebih terarah dan berkelanjutan, agar kelak mereka bisa menjadi atlet daerah, sehingga nantinya dapat diproyeksikan untuk mengikuti ajang-ajang olahraga ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kami yakin, pelaksanaan O2SN-SD ini akan memberikan nuansa yang sangat melekat tentang pentingnya pengembangan potensi dan kreativitas peserta didik, karena diantara sekian banyak peserta didik, tentu ada yang memiliki bakat serta berpotensi berolahraga. Untuk itu kepada panitia, guru pembimbing dan sekolah-sekolah supaya bisa merekam dan menggali segala bakat atau potensi dari peserta didik yang menjadi atlet O2SN kita tahun ini,”ujarnya.

Bupati Kasmarni juga berharap, seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) ini harus menjadi titik awal kebangkitan para pelajar meraih prestasi.

“Kami juga mengingatkan kepada anak-anak peserta O2SN, untuk berkompetisi nantinya dengan penuh semangat dan sportivitas yang tinggi serta menunjukkan skill serta prestasi terbaiknya. Kalau kalah di ajang O2SN ini, jadikan semua itu sebagai motivasi untuk lebih giat lagi berlatih,”pesannya.

Terkhusus kepada para wasit, Kasmarni berpesan, agar memimpin setiap pertandingan secara profesional, objektif serta menjunjung tinggi norma dan etika serta kehormatan wasit.

Selanjutnya, kepada guru-guru olahraga, pelatih maupun pembina, jadikan momentum ini sebagai sarana evaluasi terhadap proses pembinaan kepada anak-anak didik yang telah dilatih selama ini, agar kedepannya menjadi lebih baik, dan memiliki prestasi terbaik.

Tampak hadir pada pembukaan seleksi O2SN-SD tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Pejabat Administrator, Pengawas serta Fungsional dilingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Kabupaten Bengkalis dan tamu undangan lainnya. (Inf/sir)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca