Tips Menghasilkan Santan Kelapa yang Berkualitas

Tips Menghasilkan Santan Kelapa yang Berkualitas
Tips Menghasilkan Santan Kelapa yang Berkualitas

Tips Menghasilkan Santan Kelapa yang Berkualitas – Kualitas santan yang dihasilkan tentu saja tidak terlepas dari kualitas bahan baku dan proses pengolahan. Untukmu yang saat ini sedang menjalankan bisnis jual santan, menghasilkan santan berkualitas tentunya harus jadi prioritas utama. Dengan begitu, para pelangganmu akan puas dengan kualitas santan yang mereka beli dan selalu repeat order.

Kualitas barang/produk yang dijual menjadi hal penting untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumen. Lalu, bagaimana cara menghasilkan santan yang berkualitas? Nah, ini dia tips menghasilkan santan berkualitas yang bisa kamu coba:

Tips Menghasilkan Santan Kelapa yang Berkualitas

Pilih Kelapa yang Sesuai

Kualitas santan tentunya tak lepas dari kualitas kelapanya yang merupakan bahan baku utamanya. Berikut ini cara memilih kelapa yang paling bagus untuk diekstrak santannya:

    • Pilih kelapa tua, kelapa yang sudah tua memiliki warna kulit coklat tua dengan serabut berwarna serupa dan batok kelapa yang tebal, keras, dan berwarna coklat tua. Daging kelapa tua ini biasanya lebih keras, padat, tebal, dan memiliki sedikit air. Tipe inilah yang cocok dijadikan santan dan minyak kelapa murni.
    • Kocok kelapa, kamu juga bisa mencari tahu apakah kelapa tersebut cocok dijadikan santan atau tidak dengan mengocoknya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kandungan air di dalamnya. Pilihlah kelapa yang ketika dikocok terdengar bunyi airnya. Hal ini menandakan bahwa air di dalamnya masih ada tapi tidak penuh. Jika suara kocokan airnya tidak terdengar, ada 2 kemungkinan. Pertama, kelapa tersebut masih muda dan airnya masih penuh sehingga bunyi kocokan tidak nyaring. Kedua, ada retakan atau kelapa tersebut bocor hindari kelapa yang bocor karena kualitasnya sudah menurun.
    • Kondisi tempurung (batok kelapa): pilihlah kelapa dengan batok yang masih utuh (tidak retak atau ada lubang), tidak berjamur, kondisi kering, dan tebal. Kualitas batok kelapa bisa jadi indikator untuk melihat kualitas daging kelapa.
    • Baunya, kamu juga bisa melihat kualitas kelapa dari baunya ketika dibuka. Kelapa yang berkualitas ketika dibuka memiliki bau kelapa yang “segar”, airnya tidak berbau asam atau “kecing”, dagingnya bagus tidak lumer, berjamur, atau berubah warna.
    • Dari beratnya, pilihlah santan kelapa yang berat karena dagingnya lebih banyak dan masih memiliki air. Kelapa yang terlalu enteng menandakan bahwa dagingnya sedikit (tipis) dan airnya sudah kering sehingga kualitasnya tidak terlalu bagus.
Baca Juga  Disdikbud Siak Gelar Workshop Komposer Musik Tradisi dan Koreografer Tari Tradisi.

Perhatikan Cara Membersihkan Kelapa

Tips menghasilkan santan berkualitas selanjutnya adalah memperhatikan cara membersihkan kelapa tersebut. Setelah dikupas dan dipisahkan dari batoknya, biasanya bagian luarnya masih tertempel kulit (dari batok), warnanya coklat tua dan masih membungkus daging. Jika tidak dibersihkan, hasil parutanmu akan sedikit berwarna kecoklatan (tidak putih bersih). berikut ini referensi harga mesin peras santan untuk UMKM.

Saat diperas pun, santan di bagian bawah akan memiliki endapan coklat hasil dari parutan kulit yang masih tertinggal tadi. Agar hasil parutannya lebih bagus, akan lebih baik kalau kamu “mengerok” bagian kulit yang masih tertinggal tadi agar daging buahnya benar-benar bersih dan putih. Jangan lupa juga mencuci daging kelapa siap parut tadi ya.

Gunakan Mesin Khusus

Langkah selanjutnya dalam tips menghasilkan santan berkualitas adalah menggunakan mesin khusus. Dalam sebuah bisnis, efisiensi sangatlah penting. Alih-alih memarut dan memeras santan secara manual. Coba beli mesin pemarut dan mesin pemeras santan otomatis. Hasilnya pun akan jauh lebih maksimal, higienis, dan air perasannya lebih baik serta yang terpenting cepat dan otomatis. Jangan lupa kemas santan tersebut dalam wadah yang higienis ya! selamat mencoba!

Referensi:

    • https://travel.kompas.com/read/2020/05/14/210300927/cara-memilih-kelapa-memeras-dan-menyimpan-santan-agar-makanan-bersantan-lebih?page=all
    • https://kumparan.com/kumparanfood/5-tips-memilih-kelapa-tua-dan-segar-untuk-bikin-santan-1uA0K3A6Caq/full
    • https://lifestyle.okezone.com/read/2015/01/21/298/1095399/tips-dapatkan-santan-yang-bagus
5/5 - (1 vote)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca