Inovasi PAFI: Menuju Farmasi Indonesia yang Lebih Baik dan Modern

Inovasi PAFI: Menuju Farmasi Indonesia yang Lebih Baik dan Modern
Inovasi PAFI: Menuju Farmasi Indonesia yang Lebih Baik dan Modern

Inovasi PAFI: Menuju Farmasi Indonesia yang Lebih Baik dan Modern – Sejak Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, ahli farmasi Indonesia telah berjuang bersama dengan seluruh lapisan masyarakat untuk menghapuskan penjajahan dari bumi Indonesia. Mereka turut aktif dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan berkontribusi dalam pembangunan masyarakat dan negara.

Peran Ahli Farmasi dalam Pembangunan Negara

Ahli farmasi Indonesia merupakan salah satu potensi penting dalam pembangunan negara. Selain menjalankan tugas keseharian mereka, ahli farmasi juga berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan umum, terutama di bidang kesehatan masyarakat dan farmasi. Mereka tidak pernah absen dalam perjuangan pembangunan negara dan selalu berusaha mempertinggi taraf kesejahteraan masyarakat. Untuk informasi lengkap bisa dilihat disitus PAFI : pafilangkat.org

Pembentukan Organisasi PAFI

Pada tanggal 13 Februari 1946, di Yogyakarta, dibentuklah sebuah organisasi yang dinamakan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI). Organisasi ini didirikan sebagai wadah untuk menghimpun semua tenaga yang berkarya di bidang farmasi. Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, yang selanjutnya disingkat menjadi PAFI, bertujuan untuk mengkoordinasikan dan memajukan profesi farmasi di Indonesia.

IDA AYU MADE MANUASTINIARI, A. Md. Farm., adalah seorang profesional di bidang farmasi dengan latar belakang pendidikan dari Akademi Farmasi Saraswati Denpasar pada tahun 2016. Beliau saat ini menjabat sebagai Ketua PAFI PC Karangasem sejak tahun 2019. Selain itu, beliau juga aktif bekerja di RSUD Karangasem sejak tahun 2009 dan di Apotek Gauranga Farma sejak tahun 2017. Dengan pengalaman dan dedikasi yang luas dalam industri farmasi, Ida Ayu Made Manuastiniari berperan penting dalam mengembangkan dan memajukan profesi farmasi di wilayahnya.

Baca Juga  5 Laptop Lenovo Gahar 2024! Performa & Harga BIKIN NGILER!

Kedudukan dan Azas PAFI

PAFI dan Pengurus Pusat PAFI berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan berazaskan Pancasila. Organisasi PAFI adalah organisasi profesi yang bersifat kekaryaan dan pengabdian, dengan tujuan untuk memberikan kontribusi terbaik dalam bidang farmasi dan kesehatan masyarakat.

Tujuan PAFI

  1. Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur: Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, PAFI berkomitmen untuk mendukung pencapaian masyarakat yang adil dan makmur.
  2. Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal: PAFI berupaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia melalui berbagai program dan inisiatif.
  3. Mengembangkan dan Meningkatkan Pembangunan Farmasi: PAFI terus berusaha untuk mengembangkan dan meningkatkan pembangunan di bidang farmasi Indonesia.
  4. Meningkatkan Kesejahteraan Anggota: PAFI juga berfokus pada peningkatan kesejahteraan anggota-anggotanya, memastikan mereka mendapatkan dukungan dan peluang untuk berkembang dalam profesi mereka.

Inovasi PAFI Menuju Farmasi Indonesia yang Lebih Baik dan Modern

Sejak awal kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, ahli farmasi telah menjadi bagian integral dari pembangunan negara. Mereka tidak hanya berkontribusi dalam perjuangan kemerdekaan tetapi juga dalam pembangunan kesehatan masyarakat. Peran penting ini terus berkembang dengan pembentukan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) pada 13 Februari 1946 di Yogyakarta. PAFI didirikan untuk mengkoordinasikan para profesional di bidang farmasi dan memajukan profesi mereka.

PAFI memiliki beberapa tujuan utama yang berkaitan erat dengan inovasi dan modernisasi farmasi di Indonesia:

  1. Peningkatan Derajat Kesehatan: PAFI berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui berbagai program dan inisiatif yang inovatif. Mereka berupaya menciptakan standar tinggi dalam praktik farmasi untuk memastikan kualitas layanan yang optimal.
  2. Pengembangan Pembangunan Farmasi: Dalam rangka mengembangkan sektor farmasi, PAFI fokus pada berbagai inovasi yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan farmasi. Ini termasuk penerapan teknologi baru dan modern dalam berbagai aspek farmasi.
  3. Kesejahteraan Anggota: PAFI juga berfokus pada peningkatan kesejahteraan para anggotanya. Mereka menyediakan berbagai program pendidikan dan pelatihan untuk memastikan para ahli farmasi memiliki pengetahuan dan keterampilan terkini.
  4. Komitmen terhadap Pancasila: Berlandaskan Pancasila, PAFI memastikan bahwa semua inisiatif dan inovasi mereka sesuai dengan nilai-nilai dasar negara, menciptakan kesejahteraan yang adil dan merata.
Baca Juga  Mulai Putus Asa, Orang Tua Anak Penderita Jantung Bocor Rohil Harapkan Bantuan

Dengan terus mengembangkan dan mengimplementasikan inovasi, PAFI berusaha untuk menciptakan sektor farmasi yang lebih modern dan efisien. Melalui upaya-upaya ini, PAFI tidak hanya meningkatkan kualitas pelayanan farmasi di Indonesia tetapi juga memastikan bahwa profesi farmasi dapat beradaptasi dengan perubahan zaman dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

Informasi Kontak

PAFI Langkat merupakan bagian integral dari komunitas farmasi di Indonesia, yang berlokasi di:

  • Jl. Willem Iskandar, Sipolu Polu, Kec. Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara 22977, INDONESIA.
  • Kami dapat dihubungi melalui email di [email protected] atau melalui telepon di +6283658947581.

PAFI Langkat berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan dan modernisasi sektor farmasi di Indonesia, serta meningkatkan kesejahteraan anggota kami dan kualitas layanan yang kami berikan kepada masyarakat.

5/5 - (1 vote)



Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca