oleh

Tanam jambu di pekarangan rumah tambah penghasilan keluarga

Bagansiapiapi, Mandiripos — banyak cara yang dilakukan guna memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah salah satunya adalah dengan membudidayakan aneka buah, bunga dan sayur, metode  pemanfaatan  seperti tersebut di atas selain menambah indah dan asri pekarangan rumah,  bonusnya adalah menambah pendapatan keluarga.

 

Pemanfaatan lahan pekarangan rumah seperti tersebut di atas ternyata telah diterapkan oleh kepala dinas pendidikan kabupaten Rokan Hilir, HM. Rusli Syarif yang mana  sejak beberapa tahun yang lalu, di atas lahan pekarangan rumah  seluas 8100 meter persegi telah ditanaminya dengan  buah dan sayuran yang jenisnya  beraneka ragam.

 

“Dari dulu saya memang suka dengan tanam-tanaman ini semua saya yang nanam sendiri tapi untuk merawatnya saya tidak sendirian ada orang yang memang khusus untuk merawatnya,” Demikian hal ini diungkapkan Mantan Asisten 1 Setdakab Rohil saat disambangi awak media ini beberapa hari yang lalu (hari Rabu petang 25/10/2017 sekira pukul 17.30 Wib.

 

Selain menanami dengan  aneka buah dan sayur, di pekarangan rumahnya juga kata Rusli,   dibudidayakan beberapa jenis ikan air tawar yang memanfaatkan kolong rumahnya,

 

” ini saya pakai untuk kolam ikan, untuk jaga-jaga mana tau malam ada tamu dan nggak ada  lauk, kalau sudah begitu tinggal ngambil di kolam terus langsung dimasak jadi nggak perlu repot-repot nyari keluar, “ujarnya.

 

Ianya juga memiliki keinginan agar masyarakat mempunyai kemauan untuk memanfaatkan lahan  pekarangan rumah agar bisa selain memperindah pekarangan juga ada nilai ekonomi guna meningkatkan penghasilan, “kalau yang ditanam di pekarangan ini  hasilnya lumayan sampai dua  jutaan rupiah loh hasilnya perbulan, kalaupun ada yang mau studi banding soal budidaya jambu madu, dan buah-buahan bisa di sini nggak usah jauh, “ujar Rusli diakhir pembicaraannya sembari tertawa. (Ind)

Komentar

Tinggalkan Balasan

loading...

News Feed