oleh

Penabalan gelar adat Datuk Sri Setia Amanah Negara kepada Presiden Joko Widodo

PEKAN BARU,Mandiripos.com-Penabalan gelar adat Datuk Sri Setia Amanah Negara kepada Presiden Joko Widodo dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Sabtu (15/12/18) pagi, menjadi semangat agar pengelolaan sumur minyak Blok Rokan dikelola daerah. Saat ini, blok tersebut sudah berada di tangan Partamina sebelumnya “dikucah” perusahaan asing.

Prosesi penabalan gelar adat kepada Jokowi di Balai Adat LAM Riau, juga tampa Ibu Negara Iriana. Keduanya tiba di lokasi pukul 09.15 WIB dan kompak mengenakan baju adat Riau.

Turut hadir Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan.

Prosesi diawali pembacaan surat keputusan Lembaga Adat Melayu Riau Nomor 33/LAMRIAU/XII/2018 tentang Penganugerahan Gelar Kehormatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau kepada Presiden Joko Widodo.

SK itu dibacakan oleh Ketua Umum LAM Riau Datuk Sri Haji Al azhar: “Memutuskan menganugerahkan gelar Datuk Sri Setia Amanah Negara kepada Presiden Joko Widodo,” kata Al azhar.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas gelar adat yang diberikan. Adapun penganugrahan gelar adat bukan kali ini saja didapat Jokowi. Selain itu, ia juga menjelaskan soal kembalinya Blok Rokan dikelola oleh negeri sendiri, yakni oleh PT Pertamina.

“Saya juga tidak tahu kalau di Riau ini ada Blok Rokan, saya terus terang. Tapi saat saya ke Riau, saya senangnya masuk ke desa, ke kampung, kemudian dengar kanan-kiri. Ada yang menyampaikan ke saya satu, dua, tiga, empat termasuk dari Lembaga Adat Melayu Riau. Menyampaikan bahwa Blok Rokan ini, Pak Presiden, sebaiknya dipegang sendiri oleh kita. Alhamdulillah telah dimenangkan oleh Pertamina dan 100 persen Insya Allah akan dikelola oleh Pertamina,” jelas Jokowi.

Senada dikatakan Bupati Siak, H.Syamsuar, beliau mengucapkan selamat atas diberikan anugrah gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau kepada Presiden RI Joko Widodo.

Syamsuar juga merangkan bahwa Presiden Joko Widodo menyampaikan beberapa kebijakan yang dia terapkan untuk Provinsi Riau. Di antaraya menanggulangi kabut asap dan mengambil alih Blok Rokan dari tangan asing.

“Alhamdulillah tadi telah dilaksanakannya Penyerahan gelar adat Presiden Joko Widodo Datuk Seri Setia Amanah Negara dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, dan saya juga berkesempatan memberikan Tepuk Tepung Tawar kepada beliau, dalam sambutannya tadi Presiden Joko Widodo juga menyampaikan beberapa kebijakan yang dia terapkan untuk Provinsi Riau tentu diantaraya masalah menanggulangi kabut asap dan mengambil alih Blok Rokan dari tangan asing kemudian dikelola oleh daerah,” ucap Syamsuar.(rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed