DPD IKJR Kabupaten Siak dikukuhkan, ini Kata Bupati Alfedri*


 


PERAWANG-Budhi Yuwono diamanahkan pimpin DPD Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR) Kabupaten Siak periode 2019-2024 mendatang. Pengukuhan tersebut dilakukan oleh Bupati Siak Alfedri di Lapangan Tuah Serumpun atau lapangan Koramil kecamatan Tualang, Sabtu (23/2/2020) malam.

Dalam sambutannya Alfedri menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pengurus DPD dan DPC IKJR kabupaten Siak.

“Semoga seluruh pengurus DPD maupun DPC IKJR kabupaten Siak bisa menjalankan amanah dengan baik, dan bisa menjadi mitra Pemerintah kabupaten Siak dalam menjalankan roda pembangunan untuk mencapai masyarakat yang lebih sejahtera di kabupaten Siak” kata Alfedri.

Menurut dia semua organisasi sosial kemasyarakatan mempunyai peranan yang penting dalam pelaksanaan pembangunan. Sebab, tanpa dukungan partisipasi dan kontribusi yang positif dari seluruh organisasi paguyuban, tentu pemerintah daerah belum bisa maksimal dan efektif dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan baik.

“Pilar-pilar organisasi masyarakat ini menjadi penting bagi kami di dalam menjalankan tugas-tugas atau amanah yang diberikan masyarakat. Sehingga tugas yang berat menjadi ringan, yang ringan bisa dikerjasamakan secara gotong royong” jelasnya.

Alfedri bilang, masyarakat kabupaten Siak dengan jumlah 427 ribu jiwa terdiri dari berbagai macam suku dan budaya serta berbagai macam organisasi dan paguyuban. Karena itulah dirinya mengajak seluruh masyarakat Siak untuk mencintai dan menjaga kabupaten Siak.

“Dengan berbagai keberagaman yang saling mencintai, sehingga daerah kita ini menjadi negeri yang terbilang, cemerlang dan gemilang atau gemah ripah loh jenawi, negeri tentrem kerto raharjo, ” ungkapnya.

Usai memberikan sambutan, secara simbolis Bupati Siak itu menyerahkan wayang kepada Dalang Ki Mudo Wibowo Darsono dengan lakon Brotoseno Babat Alas Wonomarto.

Di malam itu juga, Ketua DPD IKJR Kabupaten Siak melantik ketua dan pengurus DPC IKJR kecamatan se kabupaten Siak.

Baca Juga  Siak Raih Predikat WTP Untuk yang ke-9 kalinya.

Ketua DPD IKJR Kabupaten Siak Budhi Yowono, mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar IKJR yang telah memberikan amanah kepada dirinya untuk memimpin paguyuban ini. Ia mengatakan ke depannya IKJR akan lebih memperkuat persaudaraan, mendukung program pemerintah, serta melestarikan seni dan budaya.

“IKJR ini adalah rumah bagi warga Jawa di Riau khususnya di Kabupaten Siak untuk bersilahturahmi. Rumah ini melambangkan apa, kalau kita capek kita istirahat dirumah” ujarnya

Dikatakannya lagi, tentunya IKJR mempunyai fungsi dan peran untuk melestarikan seni dan budaya. Kata Budi, sebelum acara malam telah dilaksanakan pertunjukan seni dan budaya seperti penampilan Reog, kuda lumping, jathilan dan lain sebagainya. Artinya walaupun di perantauan budaya jawa dapat terus dilestarikan.

“Salah satu budaya jawa adalah gotong-royong, menjaga persatuan dan kesatuan. Dengan adanya gotong royong dan adanya persatuan dan kesatuan, insya Allah ekonomi kita akan terbangun dan siap untuk berpartisipasi dalam membangun dan memajukan kabupaten Siak” jelas Budi

Sementara itu Ketua IKJR Riau Sakiman menyampaikan rasa bangganya karena hampir seluruh pengurus IKJR Riau hadir. Kemudian Siak satu-satunya DPD kabupaten di Riau yang berdirinya DPC secara lengkap.

“Saya bangga karena satu-satunya di Riau, DPD kabupaten Siak memiliki pengurus DPC kecamatan secara lengkap” sebutnya.

Lebih lanjut ia sampaikan agar pengurus IKRJ kabupaten Siak bisa mencontoh petuah-petuah dan falsafah jawa. Selain itu orang jawa yang merantau itu harus ada rasa memiliki, harus ada rasa mengayomi dan memiliki rasa introspeksi diri.

“Oleh karena itu orang jawa harus jadi perekat bangsa” tutupnya.(rls)

 

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *