Di Basira, Pos Jaga Kampung di Pusatkan di Kepenghuluan Harapan Makmur


BAGAN SINEMBAH RAYA (BASIRA) – Salah satu langkah untuk melawan Covid 19 yang di ketahui hingga saat ini masih menyebar di seluruh dunia. Setiap desa atau kepenghuluan di galakkan dengan pengadaan pos Jaga Kampung.

Untuk wilayah Kecamatan Basira, pos Jaga Kampung Tangguh itu diletakkan di Kepenghuluan Harapan Makmur. Pos tersebut di resmikan oleh Camat Bagan Sinembah Raya.

Hadir dalam peresmian pos Kampung Tangguh itu, selain camat Basira, Drs HM Yusuf Msi, Kanit Lantas Polsek Bagan Sinembah, Iptu H Syaf Yandra SH, juga seluruh Bhabinkamtibmas bertugas di basira turut hadir, Kepala Puskesmas Boltrem, dr Sri Purwati Ningsih, Datuk Penghulu Harapan Makmur,  Nanang Krisnanto dan warga masyarakat.

Pantauan di lokasi, Usai pelaksanaan peresmian Pos tersebut, Camat beserta rombongan yang hadir meninjau fasilitas pendukung di Kampung Tangguh, di antaranya lumbung pangan,  dan fasilitas cuci tangan.

Di Kampung Tangguh ini warga yang keluar masuk Kepenghuluan diwajibkan pakai masker, melapor bila datang dan bepergian, cuci tangan sebelum masuk rumah, dan menjaga jarak selama beraktivitas.

Camat Basira, Drs HM Yusuf Msi dalam sambutannya menegaskan bahwa melalui pos Jaga Kampung tersebut adalah upaya untuk menambah kekuatan untuk menyelamatkan masyarakat dari serangan virus corona.

Disamping itu,  lanjutnya lagi terdapat dua target utama dalam pencapaian program itu. Pertama, target kesehatan masyarakat, dan yang kedua adalah perekonomian.

“Sekalipun ekonomi sudah jatuh tapi jangan sampai terlalu dalam, karena kalau itu sampai terjadi maka berimplikasi kepada kelaparan. Kalau nanti Corona melawan kelaparan, maka kelaparan yang akan menang. Maka kita harus tangguh kesehatan dan tangguh pangan,” katanya.

Di tempat yang sama, Kanit Lantas Polsek Bagan Sinembah, Iptu H Syaf Yandra SH dalam sambutannya juga mengungkapkan bahwa untuk mencapai target tersebut sudah dilakukan beberapa hal. Baik itu dari sisi kesehatan yaitu preventif dan promotif yang menjadi tupoksi bersama, sedangkan kuratif dan rehabilitatif menjadi tugas dinas kesehatan.

Baca Juga  Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Bupati Ingatkan Generasi Muda Bersama Bangun Rohil

” Intinya, semoga bisa menjadi contoh bagi Kepenghuluan lain di Kecamatan Basira agar semua desa juga bisa menjadi Kampung Tangguh Nusantara,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu dirinya juga berharap agar program tersebut bukan nama saja tapi juga dilaksanakan secara nyata, dan yang terpenting adalah kedisiplinan warga mematuhi protokol kesehatan.

” Kami berikan apresiasi kepada seluruh warga masyarakat yang mau bahu membahu dalam pelaksanaan program Kampung Tangguh ini selain mampu menekan penyebaran Covid-19 berikut dampak sosialnya,” ujarnya.ris

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *