Terapkan Protokol Kesehatan, Unilak Gelar Wisuda


Pekanbaru – Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau, menggelar Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana LXII dan Pascasarjana XII yang digelar di hotel Labersa, kabupaten Kampar.

Sidang Senat terbuka dipimpin oleh Rektor Unilak Dr. Junaidi. SS., M.Hum. Hadir ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji Prof. Dr. Ir. Irwan Effendi, wakil rektor I Zamzami.S.Kom.M.Kom, wakil rektor II Hardi SE.MM, wakil rektor III Dr. Bagio Kadaryanto.SH.,MH. Turut dihadir Direktur Pascasarjana Prof.Dr. Syafrani, MSi, dihadiri anggota senat Universitas.

Sidang senat dibuka oleh Rektor Unilak diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan menyanyikan lagu Indonesia Rata. Usai dilakukan pelantikan wisudawan oleh Rektor, dilanjutkan dengan pemindahan kuncir yang diawali oleh rektor dan wakil rektor I kepada pemuncak Wisuda S1 dan S2, setelah itu pemindahan kuncir dilanjutkan Dekan masing-masing fakultas.

Dalam wisuda ke LXII Unilak meluluskan sebanyak 681 Sarjana strata satu dan 77 Pascasarjana. Dengan rincian dari fakultas ilmu Administrasi 47 Sarjana, fakultas ekonomi 168 Sarjana, fakultas teknik 45 Sarjana, fakultas pertanian 80 Sarjana, fakultas hukum 104 Sarjana, fakultas ilmu Budaya 41 Sarjana, fakultas kehutanan 20 Sarjana, fakultas ilmu komputer 85 Sarjana, FKIP 91 Sarjana dan program magister sebanyak 77 sarjana.

 

Rektor Unilak dalam sambutannya menyebutkan bahwa selama pandemi Unilak berkomitmen untuk membantu dan melayani studi mahasiswa agar dapat selesai tepat waktu.” Berbagai inovasi dan layanan akademik telah diberikan dalam rangka mendukung studi mahasiswa diantaranya dengan penggunaan teknologi blended learning, zoom, dan aplikasi lainnya. Selama pandemi covid terjadi peningkatan layanan berbasis digital, baik studi maupun E-office, alhamdulillah semua berjalan dengan baik. ”

Dalam wisuda LXII Rektor juga menjabarkan berbagai prestasi yang diraih Unilak diantaranya mahasiswi Fasilkom Unilak atas nama Lidwina Harefa yang meraih medali perak cabang panahan dalam kejuaraan nasional di Padang, mahasiswa Fasilkom atas nama Syahbanu Ahmad meraih juara II desain grafis pada temu nasional perhimpunan mahasiswa informatika dan komputer nasional di Aceh, Unilak mampu mempertahankan akreditasi prodi magister manajemen, Prodi Sastra Daerah/Melayu. Untuk prestasi dosen, dosen Unilak berhasil diterima kuliah Doktor di Inggris.

Baca Juga  H. Zukri Misran Jadi Inspektur Upacara Di Kantor DPD PDI Perjuangan Riau

” Dan dalam program merdeka belajar kampus merdeka yang di gagas Mentri Nadiem, Prodi Kehutanan Unilak berhasil mendapatkan hibah dari kementrian Pendidikan.

Tentunya ini capaian yang membanggakan bagi Unilak, capaian ini menjadi semangat kami untuk percepatan Unilak unggul. Masa pandemi lebih dari setahun bukan menjadi halangan tapi justru menjadi motivasi bagi Unilak untuk terus maju. ” ujar Rektor.

“Selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi dan semoga ilmu yang diraih memberikan manfaat sebesar-besarnya dalam karir dan kehidupan. saya mendorong wisudawan untuk dapat melanjutkan studi Pascasarjana dan bisa memilih di Unilak. Terimakasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan Unilak sebagai bagian perjalanan akademik, ” sebut Rektor.

” Sebagai bentuk penghargaan Unilak, di wisuda ini, orang tua/pendamping turut maju kedepan untuk mendampingi wisudawan ikut sesi foto, ini adalah hal baru dalam wisuda, kami ingin memberikan sesuatu yang spesial bagi orang tua/pendamping, mesti kondisi covid kebahagiaan tetap dapat dirasakan, ” ujar Rektor saat ditemui.

Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji Prof. Irwan Effendi mengucapkan selamat yang di wisuda, ” Selamat kepada Anda, selamat kepada keluarga, selamat untuk Unilak dan dosen, ujarnya saat memberikan sambutan.

” Wisudawan adalah wajah Unilak di masyarakat, dan alhamdulillah lulusan Unilak berhasil dimana mana, dan mahasiswa Unilak hampir 11ribu, itu bentuk kepercayaan masyarakat. Maka jaga nama baik Unilak, dan bantu untuk memperkenalkan Unilak di masyarakat “sebut Prof Irwan.

Sementara itu gubernur Riau Drs. Syamsuar yang memberikan sambutan lewat video mengucapkan selamat kepada wisudawan. “Semoga yang Ilmu yang diperoleh bermanfaat seluas-luasnya saya berharap wisudawan juga mampu menciptakan lapangan kerja. ”

Baca Juga  Waka Polresta Pekanbaru buka latihan Pra Ops OMP Muara takus 2018

Untuk pemuncak wisuda dari fakultas ilmu Komputer diraih oleh Amelia Ramadhan dengan IPK 3,96. FKIP di raih oleh Tatum Derin IPK 3,94, fakultas ilmu Administrasi Arizal IPK 3,83, fakultas ekonomi diraih Ramadani Yulti Fadli IPK 3,74.

Fakultas teknik diraih M Aris Sandopa IPK 3,60, fakultas pertanian Marisi Enjelina IPK 3,90, fakultas ilmu Budaya Rizqa Harumanti IPK 3,88, fakultas Ilmu hukum Taupik Hidayat IPK 3,86, fakultas kehutanan Oldri Ristiani IPK 3,53 dan program Pascasarjana diraih oleh Annisa Indrasari IPK 4.

Pelaksanaan wisuda Unilak berlangsung sangat singkat, jam 10.30 pagi para wisudawan, pendamping telah meninggal ballroom hotel. Untuk menghindari kerumunan, pelaksanaan wisuda digelar selama dua hari.

Seluruh undangan, panitia, dan senat wajib menggunakan masker, dicek suhu tubuh, duduk berjarak, dan waktu pelaksanaan wisuda persingkat. Di lokasi hotel petugas kesehatan turut berjaga, Handsatizer pun tersedia,
Unilak adalah perguruan tinggi yang berdiri sejak tahun 1982 dibawah naungan yayasan pendidikan Raja Ali Haji. Saat ini Unilak telah memiliki 9 fakultas dengan 19 prodi S1, dan 2 prodi Pascsarjana yang telah berakreditasi A dan B dari BAN PT. Sejak berdiri, Unilak telah meluluskan sebanyak 28.226 sarjana S1 dan 768 Sarjana Strata dua, dosen Unilak berjumlah 290, 49 diantaranya bergelar Doktor, 2 orang bergelar Professor. (Rls)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *