Bupati Asahan budidaya Ikan Jurung

Asahan – Hingga kini sektor perikanan air tawar di Asahan dapat dikatakan belum tergarap maksimal.Terbukti dari masih belum tercukupinya permintaan pasar dalam lokal.

Tentunya bisnis budidaya ikan air tawar cukup potensial untuk dijalankan, apalagi budidaya ikan jenis Jurung mahal jika dibandingkan dengan budidaya ikan air laut.

Bantu Subscribe Channel Kami ya....

Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan selain memperhatikan pembudidaya ikan laut yang notabenenya banyak digeluti nelayan di Asahan, juga turut memberikan dukungan terhadap pembudidaya ikan air tawar.

Dalam suasana acara kunjungan Bupati dan Kapolres Asahan dirangkai juga sekaligus acara makan siang di Kolam Bapak Sutris warga Dusun lV Desa Aek Songsongan Kecamatan Aek Songsongan.,Kamis (11/6/2020).

Bupati Asahan H. Surya. Bsc mengatakan Jika sektor perikanan air tawar dikelola dan dibudidayakan dengan baik, bukan tidak mungkin mampu mengembangkan sektor perikanan masyarakat tempatan.

“Oleh karenanya upaya mengoptimalkan pengelolaan perikanan air tawar harus menjadi fokus pembangunan sehingga mampu meningkatkan minat dan semangat para pelaku usaha untuk terlibat, ” ujarnya.

Menurut surya kegiatan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan angka produksi perikanan khususnya perikanan air tawar Ikan Jurung yang sampai sekarang masih dibawah target.

“Saya harapkan kepada seluruh pelaku usaha budidaya ikan air tawar untuk terus berupaya melakukan strategi pengembangan dan fokus dalam usaha ini, bukan tidak mungkin kedepannya sektor perikanan darat dapat menjadi peluang usaha yang menjajikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Asahan jelas Surya.

Surya juga berpesan kepada pihak Pemerintah Desa, Kecamatan agar dapat memberikan dukungan dan perhatian baik melalui kebijakan maupun himbauan karena bukan tidak mungkin suatu saat nanti potensi perikanan air tawar ,seperti ikan Jurung, Gurami, Bawal ,dll mampu menjadi Komoditi utama asli Desa.

Baca Juga :   Berkunjung ke Pematang Sei Baru, Bupati Asahan Bilang Jangan Golput

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Asahan Ir. Hazairin. MM mengatakan Asahan kedepan harus mampu memproduksi benih ikan air tawar khususnya ikan Jurung untuk serahkan kepada kelompok pembudidaya ikan air tawar diseluruh Kabupaten Asahan

Menurut Ir. Hazairin. MM secara tekhnologi produksi ikan air tawar jauh lebih mudah dan lebih murah dari pada ikan air laut. selain itu, keberadaan balai benih juga sebagai sarana pelatihan bagi kelompok nelayan untuk melakukan pelatihan terkait budidaya ikan air tawar.

“Kami berharap dengan adanya stimulus bantuan perikanan ini produksi perikanan air tawar di Kabupaten Asahan meningkat dan mampu melonjak Ekonomi masyarakat Asahan” tutup Hazairin.

Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto, juga mengapresiasi kinerja kelompok pembudidaya ikan tawar yang ada di Aek Songsongan, seperti ini perlu dikembangkan dan tingkatkan lagi, karena Ikan Jurung saat ini jarang kita temui.ujarnya.(met)








Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *