Bupati Bareng Damdim 0208/Asahan Tinjau Lokasi Karya Bakti


Asahan – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Tahun Anggaran (TA).2019 Komando Distrik Militer (Kodim) 0208/AS memberikan sembako dan Peninjauan lokasi Karya Bhakti, Kamis (26/12/2019) sekira pukul 10.00 wib.

Pembagian sembako dilaksanakan di Stadion H.Taufan Gama Simatupang, Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan, dalam rangka Hari Juang Kartika TNI AD TA.2019 Kodim 0208/AS serta Peninjauan lokasi Karya Bhakti.

ADS:

Lagi Cari Agency Travel Pekanbaru Tujuan Medan untuk liburan atau pulang kampung? Hubungi Melody Travel untuk Perjalanan PP Travel Medan Tujuan Pekanbaru yang aman dan nyaman.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Asahan H. Surya, Bsc, Ketua DPRD Asahan H.Baharuddin Harahap SH MH, Dandim 0208/AS Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos, Wakapolres Asahan Kompol M.Taufik,SE.MH, Mewakili Kajari Asahan Kasubagbin Ahmad Ridwan SH, Kepala Pengadilan Negeri Asahan Dr Ulina Marbun SH MH, Sekda Kabupaten Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi dan Masyarakat penerima sembako.

Dalam sambutannya Dandim 0208/Ash Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos menyampaikan Puji syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat, Taufik, Hidayah dan Karunianya kita semua masih diberikan kesehatan keselamatan dan keringanan langkah sehingga kita semua dapat hadir dan berkumpul di sini, pada acara kegiatan pembagian sembako dalam rangka memperingati hari Juang Kartika TA. 2019.

Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penuh guna terlaksananya kegiatan ini dan seluruh segenap personil Kodim 0208/AS mengucapkan selamat datang kepada Bapak Ibu dan seluruh tamu dan undangan dalam rangka acara kegiatan pembagian sembako Hari Juang Kartika TA. 2019 Kodim 0208/AS serta permohonan maaf kepada seluruh tamu dan undangan jika kegiatan ini telah mengganggu aktivitas untuk hari ini, Jelasnya.

Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos, mengaku, Giat Hari Juang Kartika ini, rutin di laksanakan dan diperingati pada setiap tanggal 15 Desember setiap tahunnya mengenang para Perjuangan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin Jenderal Besar Sudirman pada pertengahan Desember 1945, sehingga membuat tentara sekutu terjepit dan akhirnya mundur dari Ambarawa menuju Semarang, Ucapnya.

Baca Juga  Pospera Audensi Dengan Pemkab Asahan

Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos, menambahkan, walaupun dihadang dengan seluruh kekuatan persenjataan modern serta kemampuan taktik dan strategi sekutu, para pejuang RI tak pernah gentar sedikitpun mereka melancarkan serangan dengan gigih seraya juga melakukan pengepungan tetap di penjuru kota Ambarawa dengan gerakan pengepungan rangkap tersebut, sekutu benar-benar terkurung, Jelasnya.

Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos, mengaku, Jenderal Besar Sudirman sebagai pemimpin pasukan menegaskan perlunya mengusir tentara sekutu dari Ambarawa secepat mungkin sebab sekutu akan menjadikan Ambarawa sebagai basis kekuatan untuk merebut Jawa Tengah dengan semboyan “Rawe-rawe Rantas Malang-malang Putung, Patah Tumbuh Hilang Berganti”

Pasukan TKR memiliki tekad bulat membebaskan Ambarawa atau dengan pilihan lain gugur di pengakuan ibu pertiwi, serangan pembebasan Ambarawa yang berlangsung selama 4 hari 4 malam dilancarkan dengan penuh semangat pantang mundur dari tanggal 12 Desember hingga 15 Desember 1945. Para pejuang tidak menghiraukan dengan desingan peluru melawan letusan tembakan sebagai syarat dimulainya serangan umum pembebasan Ambarawa

Namun tepat pukul 04.30 WIB pada tanggal 12 Desember 1945 pejuang yang telah bersiap-siap diseluruh penjuru Ambarawa mulai merayap mendekati sasaran yang telah ditentukan dengan siasat penyerangan mendarat secara serentak disegala sektor seketika dari segala penjuru Ambarawa penuh suara riuh desingan peluru dan meriam serta ledakan granat serangan dadakan tersebut diikuti dengan serangan balasan musuh yang kalangkabut sekitar pukul 06.00 Wib, Jalan Raya Ambarawa Semarang berhasil dikuasai TKR dan pengepungan musuh dalam Kota Ambarawa berjalan dengan sempurna,

Hingga kata Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos lagi, terjadilah pertempuran jarak dekat dan musuh mulai mundur pada tanggal 14 Desember 1945.” Persediaan logistik maupun amunisi musuh sudah jauh berkurang akhirnya pasukan sekutu mundur dari Ambarawa sambil melancarkan aksi bumi hangus pada tanggal 15 Desember 1945 pukul 17.30 Wib dan pertempuran berakhir dengan kemenangan gemilang dari TKR serta benteng pertahanan sekutu berhasil direbut pasukan TKR kemenangan pertempuran Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945 dan keberhasilan panglima Jenderal Besar Sudirman di kemudian diabadikan dalam bentuk Monumen Palagan Ambarawa.

Baca Juga  Camat Kisaran Barat Terima Kasih Dengan PPK dan PPS 

Untuk itu Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos berucap, TNI AD memperingati tanggal tersebut setiap tahun sebagai Hari Infanteri berdasarkan keputusan presiden RI nomor 163/ 1999. Hari Infanteri dan kemudian diganti dengan nama Hari Juang Kartika. Giat ini adalah bagaimana nilai-nilai kejuangan dan pengorbanan para pahlawan bangsa itu diresapi, dihayati serta diamalkan pada setiap diri prajurit, baik dalam pola pikir, pola bertindak maupun perilaku sehingga warisan nilai ini yang dapat terjaga sampai kapanpun dan peristiwa bersejarah Palagan Ambarawa ini memberikan pesan penting bahwa dengan berbekal, bertekad semangat-semangat senjata serta perlengkapan yang sangat sederhana TNI bersama rakyat berhasil memenangkan pertempuran secara gemilang dalam menghadapi tentara Belanda.

Diakhir sambutannya, Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos mengingatkan, dengan rangkaian peringatan Hari Juang Kartika inilah kita resapi nilai-nilai patriotisme para pahlawan untuk itu marilah kita terus membangun diri agar bangsa Indonesia benar-benar menjadi bangsa yang besar dan bangsa yang cerdas. Imbuh Dandim 0208/Ash Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos, mengakhiri.

Sementara Bupati Asahan dalam bimbingannya menyampaikan, atas nama pemerintah Kabupaten Asahan, mengucapkan Selamat Hari Juang Kartika TNI AD ke 74, semoga TNI semakin Jaya dan Maju, berkat Allah SWT atas nikmatnya kita diberikan kemerdekaan Negara kesatuan Republik Indonesia atau NKRI, hingga di Hari Juang Kartika TNI AD yang ke 74 ini, Persatuan dan Kesatuan dengan rakyat melalui berbagai giat dengan masyarakat sehingga kemanunggalan TNI dan rakyat semakin mendarah daging serta sangat erat dalam mengisi kemerdekaan Negara kesatuan Republik Indonesia.

Bupati Asahan H. Surya, Bsc, bergarap, agar kita semua semoga melalui peringatan Hari Juang Kartika TNI AD ke 74 akan semakin dapat memotivasi TNI dalam meningkatkan kemanunggalan dan memberikan yang terbaik kepada rakyat bangsa dan negara.

“Mudah-mudahan dengan mengenang hari bersejarah bagi TNI Hari Juang Kartika TNI AD ke 74 para generasi penerus seperti anak-anak sudah dapat memajukan kemerdekaan dengan menjadi anak yang sukses berprestasi serta mampu mengekspresikan diri dan bakat positif sesuai dengan potensi yang dimiliki, khususnya masyarakat di Kecamatan Sei Kepayang, Sei Kepayang Barat dan Sei Kepayang Timur, pada hari ini kita saksikan wujud kepedulian TNI AD di tengah-tengah masyarakat “, Imbuhnya.

Baca Juga  500 Orang Warga Asahan Terkonfirmasi virus Covid -19

Semoga nanti kegiatan-kegiatan dalam rangka sosial kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh TNI AD. TNI yang peduli dengan sosial budaya dan kemasyarakatan, maka Hari Juang Kartika TNI AD bersama-sama dengan pemerintah kabupaten Asahan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menyangkut kepentingan masyarakat yaitu dalam rangka melaksanakan kegiatan pembangunan infrastruktur

“Semuanya ini adalah merupakan wujud kepedulian TNI bersama dengan pemerintah Kabupaten Asahan mudah-mudahan ke depan kita mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat baik itu di Kecamatan Sei Kepayang, Kecamatan Sei kepayang Timur dan Kecamatan Sei Kepayang Barat semuanya akan dapat dilaksanakan giat pembangunan infrastruktur secara bertahap karena pemerintah Kabupaten Asahan bersama-sama dengan TNI dan Polri dapat mewujudkan kesejahteraan yang menandai melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama dan masyarakat dapat menerima serta bekerja sama, yang merupakan program-program harus dilaksanakan tahun yang akan datang”,

Bupati Asahan H. Surya, BscBsc mengaku, bersama Pemerintah Kabupaten Asahan dan masyarakat di 3 Kecamatan Sei Kepayang dapat bersinergi untuk melaksanakan kegiatan pembangunan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri sekali lagi kami Mengucapkan selamat Hari Juang Kartika TNI AD TA. 2019 Pungkasnya menutup.(met)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *