Festival Pangan Lokal dan Lomba Cipta Menu (LCM) Kabupaten Siak 


SIAK-Ketua TP PKK Kabupaten Siak Rasidah bersyukur karena kegiatan Festival Pangan Lokal dan Lomba Cipta Menu (LCM) Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) tingkat kabupaten Siak tahun 2023, Kerjasama DKP Siak dengan TP PKK Kabupaten Siak berjalan dengan baik dan meriah.

Dirinya senang karena masing-masing kecamatan menampilkan inovasi dan menu baru berbasis pangan lokal, sehingga bisa menjadi menu karbohidrat pengganti beras untuk dikonsumi masyarakat.

ADS:

Lagi Cari Agency Travel Pekanbaru Tujuan Medan untuk liburan atau pulang kampung? Hubungi Melody Travel untuk Perjalanan PP Travel Medan Pekanbaru yang aman dan nyaman.

“Ternyata cukup banyak juga bahan pangan lokal yang ada di Siak ini ya, bisa menjadi menu karbohidrat pengganti beras,” sebutnya di pentas Siak Bermadah, Senin (16/10/2023).

Istri Bupati Siak itu menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang lomba dan berharap bahwa PKK Kecamatan dan semua pihak terkait untuk terus mendukung dan mempromosikan bahan pangan lokal B2SA, serta menginspirasi masyarakat untuk turut serta dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan ketahanan pangan yang lebih kuat di Kabupaten Siak.

LCM diikuti 14 kecamatan Se-Kabupaten Siak itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak H. Arfan Usman, turut hadir perwakilan Badan Pangan Nasional Maya Safina, Ketua TP PKK Kabupaten Siak Hj. Rasidah, Ketua I TP PKK Ananda Laila Putri Ketua III TP PKK Siak Hj. Syarifah Raudah, utusan TP PKK Provisi Riau, dan perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau.

Dalam perlombaan yang berbasis sumber daya lokal tingkat Kabupaten Siak TP PKK Kecamatan Dayun berhasil meraih juara pertama dengan nilai 82,68, disusul juara 2 Lubuk Dalam dengan nilai 81,38 dan juara ke 3 Kecamatan Pusako dengan 80,13.

Baca Juga  Pukau Pengunjung Pawai Taaruf MTQ Riau 2019 di Kabupaten Kampar, Pemkab Siak Tampilkan Pengat Production.

Juara harapan 1 TP PKK kecamatan Tualang dengan nilai 80,72, juara harapan 2 PKK kecamatan Kandis dengan nilai 80,25 dan juara harapan 3 PKK kecamatan Sungai Mandau dengan nilai 80,13.

Hadiah juara lomba tersebut diserahkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Siak Rasidah, Ketua I TP PKK Ananda Laila Putri, Dewan Juri, Kepala DKP Siak Dr. Tri Handro Pramono, perwakilan Badan Pangan Nasional Maya Safina.

Badan Pangan Nasional Maya Safina sangat mengapresiasi kegiatan yang ditaja oleh DKP kabupaten Siak, mulai dari LCM B2SA, Festival Pangan Lokal dan disertai kampanye mengkonsumsi pangan B2SA kepada pelajar SMA.

Ia katakan, terkait dengan hasil kreasi dan inovasi menu yang disajikan tiap-tiap kecamatan sudah bagus hanya saja belum sepenuhnya konsep isi piringku B2SA di tampilkan.

Sementara Kepala DKP Siak Tri Handri Pramono menambahkan, melalui festival pangan lokal itu diharapkan dapat memotivasi masyarakat Siak melalui ibu-ibu PKK kecamatan untuk berkreasi menciptakan dan mengembangkan resep yang dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari yang memenuhi kriteria beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Di kesempatan itu, diumumkan juga lomba stand pameran produk olahan pangan lokal yang diikuti PKK kecamatan sekabupaten Siak dan pelaku UMKM. Untuk juara I diraih UMKM Mama Nizam, juara II UMKM Donat Istana, Juara III TP PKK Kecamatan Lubuk Dalam. Untuk juara harapan I diraih oleh PKK Kecamatan Siak, juara harapan II PKK Kecamatan Kerinci Kanan, dan juara harapan III kecamatan Sabak Auh.

Selanjutnya diumumkan lomba Pemanfaatan Lahan Pekarangan dan Aku Hatinya PKK. Juara I diraih kelompok Aku Hatinya PKK Tumbuo Bakombang dari Kampung Rempak Kecamatan Sabak Auh, juara 2 kelompok Maju Bersama dari kampung Mandi Angin kecamatan Minas, juara 3 kelompok Cabe Rawit kampung Sialang Baru kecamatan Lubuk Dalam.

Baca Juga  Polsek Bunga Raya Dan Puskesmas Bunga Raya Bagi -Bagi Masker Gratis

Juara harapan 1 kelompok Aku Hatinya PKK Rama Melati kampung Sengkemang kecamatan Koto Gasib, juara harapan 2 kelompok Aku Hatinya PKK Seroja kampung Kemuning Muda kecamatan Bungaraya dan juara harapan 3 kelompok Aku Hatinya PKK Pinang Bestari kampung Koto Ringin kecamatan Mempura.(red)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca