Pemkab Siak, Gelar Apel Peringati Hari Kesaktian Pancasila


SIAK-Pemerintah kabupaten Siak mengelar apel peringatan hari kesaktian pancasila tahun 2023, bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Siak Alfedri, apel tersebut berlangsung di halaman Kantor Bupati Siak, Tanjung Agung, Keluarga Mempura, minggu, (1/10/2023).

Sejarah hari kesaktian pancasila ada, setelah peristiwa pengkhianatan G30S/PKI pada tahun 1965, atas peristiwa itu, ditetapkanlah oleh presiden ke-2 Indonesia H Soeharto tepatnya, melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 153 Tahun 1967 tentang Hari Kesaktian Pancasila.

Bupati Siak Alfedri mengatakan peringatan hari kesaktian pancasila dilakukan secara serentak setiap 1 Oktober sejak 1967. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini untuk mengenang Pancasila sebagai dasar negara yang selalu teguh meski ada upaya untuk menjatuhkannya.

“Hari ini, kita melaksanakan apel bersama di halaman kantor bupati, untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023, hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia,”ujar Alfedri di temui usai apel.

Pancasila sebagai ideologi negara NKRI, ia harus di landasi dengan semangat kebersamaan dan nilai-nilai luhur. Bangsa Indonesia dapat memperkokoh tegaknya, persatuan dan kesatuan bangsa.

“HKP inikan lahir, karena adanya pihak-pihak tertentu untuk menumbangkan pancasila sebagai idelogi negara. Agar ia awet kita harus tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan menegakan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI,”singkatnya.

Upacara tersebut di hadiri Wakil Bupati Siak, Sekda Siak, Forkopimda, pimpinan OPD yang di ikuti, unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Damkar Kabupaten Siak, para ASN dan Honorer, PGRI beserta siswa/siswi tingkat SMA, SMP dan SD berasal dari kota Siak dan Mempura.(red)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂
Baca Juga  Lagi, 2 orang anak Siak raih prestasi harumkan nama daerahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *