Pemerintah Kampung Tumang, Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pemulihan Ekonomi


 

SIAK- Usai dilanda Covid 19, yang lebih kurang selama 2 tahun, Pemerintah Kabupaten Siak Saat ini memilih untuk pemulihan ekonomi masyarakat yang sempat merosot karena faktor penyakit yang menghatui umat manusia baik di Negara Indonesia bahkan mendunia itu.

Penghulu Kampung Tumang Abdul Minan Putra saat menyampaikan kepada wartawan kondisi saat ini Kampung yang ia pimpin, Pemerintah Kampung Tumang Kecamatan Siak Kab.Siak, lebih mengutamakan untuk pemberdayaan masyarakat dengan cara pemulihan ekonomi, supaya bisa bangkit kembali karena selama ini sejak adanya Covid 19, masyarakat banyak ekonominya merosot, Hal demikian disampaikan saat ditemui Wartawan dikantor Penghulu Tumang, Senin (18/7/2022).

“Anggaran Dana Kampung yang sumbernya dari APBD Siak, lebih diutamakan operasional kebutuhan Pemerintah Kampung. Sedangkan APBN Pusat sebagian besar dialihkan ke BLT untuk masyarakat, kemudian dialihkan untuk bantuan pemberdayaan masyarakat, untuk fisik hanya sebagian kecil saja”, ujar Penghulu Tumang yang sering dipanggil Minan itu.

Untuk pemberdayaan masyarakat lanjut Penghulu Minan, “ada 3 kelompok tani yang bergerak pada ternak Madu lebah yang jumlahnya mencapai 100 kotak lebih, melalui Pemerintah Kampung Tumang terus dilakukan pembinaan kepada kelompok tani yang dibantu PPL dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak”, pungkasnya.

Untuk pembangunan fisik pada APBN 2022 ini di Kampung Tumang, masih kata Penghulu Minan, “ada dilaksanakan kegiatan penimbunan jalan kelompok tani di Dusun Sido Dadi sepanjang 400 meter. Yaitu tanah timbun galian C. Karena jalan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mengeluarkan hasil produksi para petani disusun tersebut” tandasnya.

Penghulu Kampung Tumang Abdul Minan, juga sangat prihatin untuk kondisi Kelompok Tani dimana PPL sangat dibutuhkan oleh para petani ternak madu lebah, supaya PPL nya lebih serius lagi membina para petaninya. Begitu juga untuk pendamping Kampung, yang menurut Penghulu Tumang kurang aktif dalam pengarahan kegiatan penggunaan anggaran Dana Kampung.

Baca Juga  PT Musim Mas Pelabuhan Buatan II Mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2018

“Pemerintah Kampung Tumang, meminta kepada PPL dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kab.Siak, untuk lebih pro aktif lagi dalam pembinaan para petani, supaya hasil para petani dapat lebih meningkat dan pemasarannya terarah yang tidak asal-asalan. Pendamping Kampung juga begitu, harapan kami dari Pemerintah Kampung Tumang, supaya lebih giat lagi dan pro aktif karena menyangkut keuangan Negara yang dikelola oleh Pemerintah Kampung Tumang harus jelas pertanggungjawabannya”, harap Penghulu Minan.(team).

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *