oleh

Catatan Damris S.Pd, Dan Pernyataan H. Kusman Jaya Dalam Peringatan Hardiknas 2020

KANDIS-Sempena peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2020, ada catatan penting dalam perjalanan pelaksanaan pendidikan ditengah wabah virus Corona ini. Hal ini seperti yang ditulis oleh Damris S.Pd. Damris S.Pd merupakan kepala SDN 009 Simpang Belutu dan juga Ketua MKKS SD Kecamatan Kandis. Berikut ini, catatan dan pesan Damris S.Pd sempena peringatan Hari Pendidikan Nasional:

“Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2020. Dengan tema Belajar Dari Covid-19, mari kita tingkatkan pendidikan ini dengan tetap semangat dalam belajar dan mengajar. Ditengah dekadensi atau merosotnya moralitas bangsa yang mencakup sebagian pemuda-pemudi, masyarakat luas, termasuk politisi, birokrat dan pemimpin yang kini banyak berurusan dengan isu narkoba, korupsi, pembusukan politik, ucapan kebencian dan hoax perlu dicegah dan diatasi sejak dini.

Salah satu upaya dalam mengatasi perilaku negatif yang berpotensi merusak tatanan masa depan dalam berbangsa dan bernegara adalah, dengan mengembalikan materi ajar yang dahulu pernah dikenal sebagai “Ilmu civic” atau pengetahuan kewarganegaraan dalam rangka menumbuhkan kembali rasa patriotisme dan nasionalisme masyarakat yang saat ini semakin jauh dari harapan.

Hari Pendidikan Nasional tidak semata-mata dimaksudkan untuk sekedar mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum dalam menghadapi tantangan baru pendidikan yang tidak lagi mengenal batas, tempat dan waktu.

Belajar bukan saja tentang mendapatkan nilai tertinggi dan terbaik, tapi belajar adalah proses perubahan kebijakan sikap dan mental dari sebuah hasil pembelajaran itu sendiri. Proses pendewasaan yang melalui proses pembelajaran, secara tak sadar membentuk karakter anak dalam menghadapi jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Semoga Pendidikan di Indonesia, terkhusus di Kabupaten Siak, menjadi lebih baik dan para tenaga pendidik tetap bersemangat dalam memberikan ilmu pengetahuannya kepada anak didik mereka dirumah,”katanya seraya mengakhiri catatannya.

Anggota DPRD Kabupaten Siak H. Kusman Jaya dalam momen Hardiknas ini menyarankan agar siswa-siswi tetap belajar dari rumah.

“Walaupun dalam pandemi covid 19, kita sarankan agar anak-anak belajar dirumah dan guru juga aktif dan menandai lewat media online. Peran serta orang tua pun dalam membantu membimbing anaknya dirumah pun perlu juga dilakukan. Sehingga proses pembelajaran anak lebih bisa terarah,”katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

loading...

News Feed