Keuntungan Menggunakan Internet Dedicated untuk Bisnis

Keuntungan Menggunkan Internet Dedicated untuk Bisnis
Photo by unplash

Koneksi internet yang kencang dan stabil sangat dibutuhkan untuk bisnis modern saat ini. Dengan lancarnya koneksi internet kantor, dapat membantu menunjang operasional, mulai dari komunikasi, kolaborasi, hingga transaksi online. Persaingan Bisnis saat ini bisa dibilang sangat kompetitif, dengan cara memiliki infrastruktur internet yang reliable sebagai kebutuhan primer. Nah, kali ini kita akan bahas tentang Keuntungan Menggunakan Internet Dedicated untuk Bisnis.

Apa itu Internet Dedicated?

Internet dedicated adalah jaringan Internet pribadi yang dialokasikan khusus untuk satu pengguna, contohnya dalam hal ini adalah kantor. Berbeda dengan Internet Broadband atau shared yang dibagi-pakai oleh banyak pengguna, Internet dedicated menawarkan bandwidth penuh yang dikontrak tanpa harus “berebut” koneksi internet dengan pengguna lain.

Keuntungan Menggunkan Internet Dedicated

Dan inilah saatnya di mana internet dedicated menjadi solusinya. Berbeda dengan koneksi internet broadband atau shared yang dibagi-pakai, internet dedicated menawarkan jalur eksklusif untuk bisnis Anda, diibaratkan seperti jalan tol privat yang bebas antrean dan gangguan. Yuk, kita bahas lebih dalam apa saja keuntungan menggunakan internet dedicated untuk bisnis!

Kecepatan dan Stabilitas Koneksi yang Maksimal

Buffering atau putus nyambung sering dialami saat menggunakan internet broad aband. Internet dedicated memberikan jaminan bandwidth penuh sesuai paket yang dipilih. Nggak perlu “Rebutan” dengan pengguna lain, terutama di jam-jam sibuk. Bisa dibayangkan jika ada karyawan yang mengunduh file dengan size besar, yang bisa mengganggu karyawan lain saat mengikuti video conference dan mengakses aplikasi cloud secara online. Dengan Internet Dedicated semua sudah di handel dan dibagi secara merata dan Hasilnya? Peningkatan produktivitas dan efisiensi kerja yang drastis!

Baca Juga  Seru !!! Yuk Cobain Main Squid Game di HP

Sebagai gambaran, laporan State of the Internet in 2023 oleh Cloudflare menyebutkan rata-rata kecepatan download internet global pada kuartal ketiga 2023 mencapai 106,37 Mbps. Namun, angka ini bisa jauh lebih rendah dan tidak stabil di kantor dengan jaringan internet shared. Internet dedicated menjadi solusi untuk mengatasi kesenjangan ini, memastikan kecepatan internet yang konsisten dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Keamanan dan Privasi Terjamin

Data adalah hal yang urgen untuk dijaga keamanannya dan Melindunginya dari serangan cyber menjadi prioritas utama. Internet dedicated diibaratkan sebagai benteng pertahanan, mencegah pihak-pihak tak berwenang mengakses jaringan. Jaringan tertutup berisiko lebih rendah terkena serangan cyber atau pencurian data dibandingkan jaringan publik atau shared. Selain itu, kontrol akses yang ketat pada jaringan dedicated memastikan hanya perangkat dan pengguna yang terotorisasi yang dapat terhubung.

Laporan Cybersecurity Insights 2023 by Verizon mengungkap bahwa 82% serangan bisnis melibatkan faktor manusia, seperti phishing dan rekayasa sosial. Pengamanan jaringan yang kuat menjadi langkah vital untuk menangkis serangan tersebut. Internet dedicated dengan kontrol akses yang ketat membantu membangun pertahanan ekstra guna melindungi data dan privasi bisnis.

Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi Kerja

Internet yang Lambat dan tidak stabil dapat menghambat produktivitas dan efisiensi, pastinya akan membuat karyawan frustrasi dan klien menunggu. Dengan internet dedicated, Anda telah berinvestasi untuk kelancaran bisnis anda kedepannya. Karyawan dapat:

  • Mengakses dan mengunduh file berukuran besar dalam hitungan detik.
  • Mengikuti video conference dan online meeting tanpa gangguan.
  • Menggunakan aplikasi berbasis cloud seperti CRM dan ERP tanpa lag.
  • Memudahkan bekerja secara real-time dari mana saja.

Studi 2022 oleh Upwork menunjukkan bahwa 73% pekerja lepas di seluruh dunia berencana untuk bekerja dari jarak jauh setidaknya sebagian waktu pada tahun 2023. Wi-Fi dedicated menjadi infrastruktur penting untuk mengakomodasi tren remote working yang kian meningkat, menjaga produktivitas dan kolaborasi tim tetap optimal.

Baca Juga  PEP Lirik Field dan PHE Kampar Edukasi Pelajar tentang Industri Hulu Migas

Quality of Service (QoS) yang Terjamin

Pernah kesal saat koneksi internet lambat padahal ada deadline penting? Internet dedicated dilengkapi fitur Quality of Service (QoS) yang memungkinkan memprioritaskan bandwidth untuk aplikasi dan layanan bisnis yang kritikal. Ini memastikan kelancaran aktivitas seperti komunikasi dengan klien, sistem keuangan, dan platform operasional lainnya, meskipun terjadi aktivitas online berat di jaringan.

Laporan Global Interconnection Index 2023 oleh TeleGeography memaparkan bahwa lalu lintas internet global diperkirakan tumbuh sebesar 30% pada tahun 2023. Di tengah lonjakan trafik tersebut, Wi-Fi dedicated dengan pengaturan QoS yang baik memberikan kepastian kinerja untuk aplikasi dan layanan bisnis.

Skalabilitas dan Fleksibilitas

Kebutuhan internet kantor biasanya lebih dinamis dan mengikuti ritme pertumbuhan bisnis. Internet dedicated memungkinkan untuk dengan mudah meningkatkan bandwidth atau menambah titik akses Wi-Fi sesuai kebutuhan, tanpa bergantung pada ketersediaan infrastruktur publik atau shared.

Survei SMB Trends 2023 oleh Microsoft mengungkapkan bahwa 88% usaha kecil dan menengah berencana untuk memperluas penggunaan teknologi cloud pada tahun 2024. Peningkatan penggunaan cloud computing ini tentunya membutuhkan infrastruktur internet yang mumpuni. Wi-Fi dedicated memberikan skalabilitas untuk mengakomodasi kebutuhan bandwidth yang kian meningkat seiring dengan adopsi teknologi cloud.

Itulah Keuntungan Menggunakan Internet Dedicated untuk Bisnis. Investasi pasti dengan menggunakan Internet dedicated untuk kantor bukan hanya soal biaya, melainkan investasi untuk masa depan bisnis Anda. Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, Internet dedicated dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keamanan bisnis, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca