Manfaat Santan Kelapa bagi Kesehatan

Manfaat Santan Kelapa bagi Kesehatan
https://unsplash.com/photos/t_SlQb7j1nE

Manfaat Santan Kelapa bagi Kesehatan – Santan merupakan salah satu bahan makanan yang cukup populer dan banyak digunakan pada berbagai hidangan di Indonesia. Makanan yang mengandung santan akan memiliki tekstur kuah yang lebih kental, rasanya pun lebih gurih dan nikmat. Banyak yang menghindari santan karena dinilai memicu kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Tapi, jika dikonsumsi dalam batas yang tepat santan justru akan membawa dampak yang baik bagi kesehatan lho. bagi kamu para UMKM yang ingin membuka usaha perasan santan, bisa langsung cek stok harga mesin peras santan dari mar-c.

ADS:

Lagi Cari Agency Travel Pekanbaru Tujuan Medan untuk liburan atau pulang kampung? Hubungi Melody Travel untuk Perjalanan PP Travel Medan Tujuan Pekanbaru yang aman dan nyaman.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat santan bagi kesehatan yang harus kamu ketahui!

Kandungan Nutrisi dalam Santan Kelapa

Santan kelapa ternyata mengandung cukup banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, asal dikonsumsi dalam jumlah yang pas. Dalam 100 gram santan kelapa, terkandung sekitar:

  • 0,9 miligram Zinc
  • 2 miligram Vitamin C
  • 18 miligram Natrium
  • 514,1 miligram Kalium
  • 1,9 miligram Zat Besi
  • 45 miligram Fosfor
  • 5,6 gram Karbohidrat
  • 4,2 gram Protein
  • 34,2 gram Lemak
  • 54,9 gram Air, dan
  • 324 kalori energi

Santan kelapa sendiri dibuat dari perasan daging buah kelapa yang diparut atau digiling. Santan ini bisa berupa santan murni atau dicampur dengan air. Cairan kental ini akan membuat masakanmu jadi lebih nikmat. Santan sendiri dipercaya sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh lho sejak bertahun-tahun yang lalu. Baca Juga tentang  Cara Pilih Supplier Mesin Peras Santan Terbaik

Baca Juga  Satu Mualaf dan 51 Anak Di Sunat Polsek Kerinci Kanan

Manfaat Santan Kelapa bagi Kesehatan

Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah dan Jantung

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Nutrition and Metabolism Research, santan kelapa ternyata cukup efektif untuk menjaga kolesterol baik dalam darah. Dengan catatan, dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai.

Sesuai dengan kadar nutrisi diatas, kandungan lemak dalam santan sendiri cukup tinggi. Konsumsi santan secara berlebihan justru akan membawa dampak buruk bagi tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol. Bukan hanya santan saja, setiap bahan makanan yang dikonsumsi secara berlebihan akan membawa dampak negatif bagi tubuh lho.

Memaksimalkan dan Menjaga Fungsi Otak

Santan mengandung asam lemak rantai sedang yang dapat diserap oleh organ hati dengan mudah. Asam lemak ini akan diubah menjadi Kerton, sebuah zat/energi yang penting untuk menunjang fungsi otak. Kerton ini juga sangat bermanfaat bagi orang-orang yang mengalami masalah ingatan seperti pada pasien Alzheimer. Selain kerton, kandungan antioksidan dalam santan juga baik bagi otak.

Meminimalisir Resiko Terkena Kanker Payudara

Di dalam kelapa, ada kandungan asam laurat.  Sebuah studi yang dilakukan oleh Cell Death Discovery mengungkapkan bahwa asam laurat pada kelapa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Meningkatkan Imunitas

Kekebalan tubuh adalah hal yang sangat penting dan harus selalu dijaga. Tubuh yang memiliki tingkat imunitas yang baik lebih tahan terhadap berbagai serangan penyakit. Adanya kandungan antioksidan yang tinggi membuat santan kelapa cukup bagus untuk meningkatkan imunitas tubuhmu lho!

Nah, berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Chemical and Pharmaceutical Research kandungan antioksidan yang ada pada santan bahkan lebih tinggi dibandingkan jumlah antioksidan di susu kambing dan sapi.

Selain antioksidan, santan juga mengandung asam kaprat dan zat antimikroba. Semua kandungan tersebut mampu membantu tubuh agar lebih kebal terhadap berbagai infeksi bakteri dan virus dari luar.

Baca Juga  Sekda Meranti Tinjau Fasilitas dan Pelayanan RSUD

Nah, itulah beberapa manfaat santan bagi kesehatan. Selain itu, santan juga diklaim dapat membantumu untuk mempertahankan berat badan ideal! baca juga mesin pemeras santan.

Referensi:

  • https://www.astronauts.id/blog/ini-manfaat-minum-santan-kelapa-untuk-kesehatan/
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-santan/
  • https://www.alodokter.com/tak-berbahaya-kenali-manfaat-santan-lebih-dekat
  • Stok Mesin Peras Santan
Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *