Cara Mengetahui Hp Disadap dan Cara Mengatasi


JAKARTA,Pengguna ponsel (hp) perlu mewaspadai risiko penyadapan yang kini banyak terjadi. Pengguna bisa mempelajari cara mengetahui hp disadap.

Soalnya, penyadapan kadang tidak disadari, tetapi bisa terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja. Padahal, ketika hp disadap, risikonya besar.

ADS:

Lagi Cari Agency Travel Pekanbaru Tujuan Medan untuk liburan atau pulang kampung? Hubungi Melody Travel untuk Perjalanan PP Travel Medan Tujuan Pekanbaru yang aman dan nyaman.

11 Cara agar Baterai Hp Tidak Cepat Habis, Awet Seharian
Mulai dari data pribadi yang dicuri, dijual di pasar gelap, hingga disalahgunakan untuk menguras harta melalui transaksi keuangan digital yang tersambung di hp.

Maka dari itu, penting untuk mempelajari cara mengetahui hp disadap jarak jauh. Begitu juga dengan tanda kamera hp disadap karena penyadapan bisa melalui fitur kamera.

1. Daya baterai cepat habis
Umumnya, oknum yang menyadap hp seseorang akan mengutak-atik isi hp dengan membuka aplikasi, penyimpanan dokumen, dan lainnya. Hal ini membuat hp bekerja lebih sehingga membuat daya baterai cepat habis.

Jika Anda tidak menggunakan hp untuk beraktivitas banyak, tetapi baterainya cepat habis, bisa jadi ini tanda hp tengah disadap.
2. Hp lemot

Ciri hp disadap berikutnya adalah perangkat menjadi lemot. Soalnya, hp dijalankan oleh oknum penyadap dari jauh.
Padahal, Anda mungkin juga menggunakannya sehingga sistem hp bekerja ekstra dan membuat hp jadi lamban alias lemot.

3. Muncul aktivitas aneh
Aktivitas aneh maksudnya seperti aplikasi terbuka dan berjalan sendiri, padahal sedang tidak Anda gunakan. Jika ini terjadi, patut dicurigai.

4. Muncul aplikasi asing
Biasanya, oknum penyadap akan memasang aplikasi asing atau malware di hp yang akan disadap untuk mengakses hp dan mendapatkan informasi dari hp tersebut.
Jika muncul aplikasi asing yang Anda rasa tidak pernah Anda unduh, segera hapus karena bisa mengindikasikan penyadapan.

Baca Juga  Mulai Putus Asa, Orang Tua Anak Penderita Jantung Bocor Rohil Harapkan Bantuan

5. Ada panggilan dan SMS tak dikenal
Cara mengetahui hp disadap berikutnya adalah muncul panggilan dan SMS tak dikenal yang Anda kirimkan kepada orang lain. Padahal, Anda tidak mengirimkannya.

Anda juga patut curiga jika tiba-tiba menerima panggilan dan SMS dari orang tak dikenal, tapi seperti balasan atas pesan yang dikirimkan dari hp Anda.

6. Periksa dengan kode USSD
Cara mengetahui apakah hp Anda tengah disadap atau tidak juga bisa dengan melakukan pemeriksaan menggunakan kode USSD *#21# atau *#06# di menu Panggilan.

Nantinya, pihak provider akan memberi informasi apakah ada panggilan yang dialihkan, data yang ditransfer ke pihak lain, dan sebagainya.

7. Cek email hingga akun media sosial
Salah satu penyebab hp disadap biasanya karena Anda membuka tautan dari email dan ruang pesan di akun media sosial. Ketika dibuka, ternyata itu merupakan sambungan otomatis untuk menginstal aplikasi penyadap.

Maka dari itu, coba cek email dan pesan di akun media sosial Anda apakah pernah mendapat kiriman pesan atau tautan mencurigakan dari orang lain atau tidak.

Cara Mengatasi Hp Disadap
Jika hp Anda terlanjur disadap tak perlu panik. Berikut cara mengatasi hp disadap.

1. Ganti password layar hp
Coba ubah nomor PIN atau pattern password layar hp Anda. Sebaiknya, hindari nomor PIN yang berhubungan dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran karena data pribadi mudah bocor dan diutak-atik untuk membuka password layar hp.

2. Ganti password email
Tak hanya password layar hp, ganti juga password email Anda karena biasanya sumber penyadapan dari sini. Jangan lupa pasang alamat email cadangan yang terhubung otomatis untuk mengantisipasi penyadapan.

Baca Juga  Mahfud MD Resmi Cawapres Ganjar Pranowo, Total Kekayaan Sesuai LHKPN

3. Aktifkan mode device care
Segera aktifkan mode device care di menu Pengaturan hp untuk mengetahui apakah ada malware di hp Anda atau tidak.

4. Reset ke mode pabrik
Reset ke mode pabrik alias factory reset agar oknum penyadap tak bisa mendapatkan informasi apapun karena semuanya sudah terhapus dan sistem berubah seperti hp yang baru dibeli.

5. Hubungi call center
Langkah terakhir coba hubungi call center provider dan laporkan jika hp Anda telah disadap. Nantinya, provider akan menonaktifkan sementara kartu SIM Anda, sehingga oknum penyadap tak bisa mendapat informasi apa pun. (Redaksi)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini šŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *