Bukti Keberhasilan Program Unggulan, Bupati Kasmarni Terima UHC Award


JAKARTA – Berkat Program Unggulan Akses Jaminan Sosial dan Kesehatan Total Bagi Masyarakat, hari ini, Selasa (14/3/2023), Bupati Bengkalis Kasmarni, kembali menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat.

 

Prestasi yang diterima Kepala Daerah Bengkalis tersebut yakni Penghargaan Universal Health Coverage, dimana penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, di Balai Sudirman, Jakarta Selatan.

 

Terdapat 22 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan tersebut. Kabupaten Bengkalis, merupakan salah satu dari 5 Kabupaten/Kota se-Riau yang meraih penghargaan tersebut, sebagai bukti wujud nyata komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi masyarakat Indonesia.

 

Adapun 5 Kabupaten/Kota tersebut, yakni Kabupaten Bengkalis, Kuantan Singingi, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kota Dumai.

 

Wakil Presiden Republik Indonesia dalam sambutannya mengapresiasi daerah yang telah membantu negara dalam membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

 

“Pemerintah terus berkomitmen untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat. Indonesia saat ini menjadi salah satu negara dengan cakupan kepesertaan jaminan kesehatan yang besar sehingga hampir seluruh masyarakat menerima perlindungan kesehatan yang memadai,” ujar Wapres.

 

Terdapat beberapa Penekanan yang disampaikan Wapres kepada Pemerintah, antara lain, Pemda harus mengambil peran lebih, dalam mendaftarkan penduduk rentan ke BPJS Kesehatan.

 

“Kemudian, memastikan seluruh pemberi kerja untuk mendaftarkan pekerja dan anggota keluarga sebagai peserta BPJS tanpa terkecuali,” ujarnya.

 

Usai menghadiri kegiatan tersebut, Kepala Daerah Bengkalis mengucapkan terimakasih kepada instansi yang terlibat dalam peraihan penghargaan UHC award ini.

 

“Dan terimakasih kepada Kepala BPJS Kabupaten Bengkalis atas kerjasamanya dengan Pemerintah, sehingga kita dapat meraih penghargaan ini, penghargaan ini tentunya akan menjadi spirit bagi kami untuk terus berbuat serta memberikan perhatian lebih terhadap Kesehatan masyarakat” ujar Kasmarni.

Baca Juga  Komisi II Minta PLN tidak Putuskan PJU Kabupaten Bengkalis

 

Dalam menindaklanjuti intruksi Wakil Presiden Republik Indonesia, Kepala Daerah Bengkalis menghimbau kepada masyarakat yang belum terdaftar dalam BPJS diharapkan supaya bisa mendaftarkan diri dan keluarganya.

 

“Segera laporkan ke Desa, dan ikut alur dan skemanya. Pemerintah insya Allah akan terus memperhatikan dan memberikan pelayanan kesehatan secara optimal kepada masyarakat, karena Kesehatan total bagi masyarakat adalah salah satu dari delapan program unggulan kita” ujarnya.

 

Ikut mendampingi Bupati dalam kegiatan tersebut, Plt. Sekretaris Daerah Bengkalis dr. Ersan Saputra, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Edi Sakura, Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Supardi, Kepala Dinas Pendidikan Hadi Prasetyo, Direktur PDAM Tirta Terubuk Jufrizal, Kepala Bagian Prokopim Setda Bengkalis Syafrizal, Kepala Bagian Umum Setda Bengkalis Kevin Rafizariandi.

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *