Wisata  

10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik & Terhits di Kab. Siak Riau

Tempat Wisata Terbaik di Siak
Tempat Wisata Terbaik di Siak

Kabupaten Siak Sri Indrapura, yang terletak di Provinsi Riau, Indonesia, adalah sebuah kota yang kaya akan sejarah dan kebudayaan Melayu. Siak menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi pesonanya. Dengan jumlah penduduk sekitar 477.670 (tahun 2018) jiwa dan luas wilayah mencapai 7 805,54 kilometer persegi (tahun 2022), Siak mempersembahkan keindahan alamnya serta warisan budaya yang tak ternilai. Berikut ini kita akan bahas tentang 10 Tempat Wisata Terbaik di Kab. Siak.

10 Objek Wisata Terbaik di Kabupaten Siak Sri Indrapura

Berikut adalah 10 objek wisata terbaik yang bisa Anda kunjungi saat berada di Kabupaten Siak Sri Indrapura.

ADS:

Lagi Cari Agency Travel Pekanbaru Tujuan Medan untuk liburan atau pulang kampung? Hubungi Melody Travel untuk Perjalanan PP Travel Medan Tujuan Pekanbaru yang aman dan nyaman.

1. Istana Siak Sri Indrapura

10 Objek Wisata Terbaik di Kota Siak Sri Indrapura
Photo by Google

Istana Siak Sri Indrapura adalah sebuah monumen sejarah yang menakjubkan. Dibangun pada tahun 1889, istana ini dulunya merupakan kediaman bagi Sultan Siak. Sekarang, istana tersebut telah diubah menjadi sebuah museum yang memamerkan kekayaan budaya dan sejarah Kesultanan Siak. Arsitektur istana yang indah, dengan sentuhan gaya Melayu, Eropa, dan Timur Tengah, membuatnya menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.

Baca Juga  22 Tempat Wisata Di Lembang Bandung yang Wajib Dikunjungi

2. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

Photo by Google

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, yang menghubungkan Siak dengan Bengkalis, adalah jembatan terpanjang di Provinsi Riau. Diresmikan pada tahun 2007 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) , jembatan ini menjadi landmark penting di Kabupaten Siak Sri Indrapura. Dengan panjang mencapai 1.196 meter dan lebar 16,95 meter, jembatan ini menawarkan pemandangan yang memukau serta pengalaman unik bagi para pengunjung.

3. Masjid Raya Syahabuddin

Photo by Google

Sebagai masjid terbesar di Kabupaten Siak, Masjid Raya Syahabuddin mempesona dengan arsitektur Melayu yang megah. Dibangun pada tahun 1926, masjid ini menjadi salah satu ikon yang penting. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Raya Syahabuddin juga menjadi objek wisata religi yang populer di Siak.

4. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim

Photo by Google

Bagi para pecinta alam, Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi. Dengan luas mencapai 6.172 Ha, taman ini menawarkan keindahan alam yang indah dan asri, mulai dari hutan hujan tropis hingga flora dan fauna yang beragam. Berjalan-jalan di tengah pepohonan hijau sambil mendengarkan nyanyian burung adalah pengalaman yang tak terlupakan di sini.

5. Danau Zamrud

Photo by Google

Danau Zamrud adalah salah satu tempat wisata favorit bagi keluarga di Kabupaten Siak. Menurut data dari Kamenparekraf Danau Zamrud Memiliki luas 2.416 ha, dan Danau Bawah dengan luas 360 ha, danau buatan ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan air berwarna hijau zamrudnya. Aktivitas seperti perahu dayung dan piknik keluarga dapat dinikmati di sekitar danau, menjadikannya tempat rekreasi yang menyenangkan untuk semua kalangan.

6. Kampung Turap

Kampung Turap adalah kampung adat Melayu yang mempersembahkan kebudayaan dan tradisi yang kaya. Di sini, pengunjung dapat melihat rumah adat Melayu yang masih terawat dengan baik serta merasakan suasana kehidupan tradisional Melayu. Kunjungan ke Kampung Turap adalah kesempatan untuk lebih memahami warisan budaya yang menjadi bagian integral dari identitas Siak.

Baca Juga  Husni Beserta istri  Berlengak Lengkok di catwalk,Kenakan Busana Karya Lulusan SMK Pariwisata Siak.

7. Istana Lima Laras

Sebagai salah satu peninggalan bersejarah Kesultanan Siak, Istana Lima Laras adalah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di Kampung Dalam, istana ini memukau dengan arsitektur Melayu klasiknya. Pengunjung dapat menikmati keindahan dan keanggunan bangunan ini sambil mempelajari lebih lanjut tentang sejarahnya yang kaya.

8. Makam Koto Tinggi

Makam Koto Tinggi adalah kompleks makam para Sultan Siak yang terletak di Kampung Dalam. Dengan arsitektur yang unik dan atmosfer yang hikmat, makam ini menjadi tempat ziarah yang penting bagi umat Islam dan juga menarik bagi para pengunjung yang tertarik pada sejarah Kesultanan Siak.

9. Museum Siak

Museum Siak adalah tempat yang tepat untuk menelusuri jejak sejarah Siak. Dengan koleksi benda bersejarah yang mengesankan, termasuk artefak dari era Kesultanan Siak, museum ini menawarkan pengalaman edukatif yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

10. Tangsi Belanda

Tangsi Belanda adalah saksi bisu dari masa kolonial Belanda di Siak. Dengan arsitektur yang unik dan cerita sejarah yang menarik, tangsi ini menjadi objek wisata sejarah yang menarik bagi para pengunjung yang ingin lebih memahami periode kolonial di Indonesia.

Siak Sri Indrapura adalah destinasi wisata yang menarik dengan berbagai objek wisata yang menarik. Dari keindahan alam hingga warisan budaya yang kaya, Siak menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Jadi, jadwalkan perjalanan Anda ke Siak dan nikmati pesonanya yang memukau!

5/5 - (3 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *