Sempena HUT Meranti Ke-9 Tahun 2017, Bupati Ajak Semua Komponen Masyarakat Bersatu Padu Bangun Daerah


SELATPANJANG, Mandiripos.com-
Suksesnya pembangunan sebuah Kabupaten tak terlepas dari peran semua pihak yang bersinergi bahu membahu membangun negeri, hal ini disadari benar oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si dan Wakil Bupati H. Said Hasyim, untuk itu sempena Hari Jadi Kepulauan Meranti Ke-IX Tahun 2017, Bupati mengajak semua komponen masyarakat bersatu padu membangun Meranti.

“Mari bersama kita mengerahkan semua potensi yang kita miliki dalam menghadapi semua tantangan pembangunan kedepan, semoga dengan kebersamaan visi dan misi pembangunan Meranti dapat terwujud sesuai dengan yang di cita citakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan Meranti,” ujar Bupati saat menjadi pembina Apel Sempena HUT Meranti Ke-9 Tahun 2017, dihalaman Kantor Bupati Meranti, Selasa (19/12).

Hadir dalam acara tersebut Perwakilan Provinsi Riau, Bupati/Walikota, Ketua DPRD, Pimpinnan Forkopimda dan Instansi Vertikal, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Para Pejuang Pembentukan Meranti, Pimpinan Partai Politik, Pimpinan Ormas, Asisten Setda, Kepala Dinas/Badan, Ketia LAM Riau Kepulauan Meranti, Tokoh Agama/Pemuda dan lainnya.

Bupati berharap, dalam momentum ini seluruh elemen masyarakat dapat bergandeng tangan dalam keberagaman dan harmoni meningkatkan partisipasi aktif dalam mengisi pembangunan. Dan yang tak kalah penting selalu menjaga ketertban dan keamanan ditengah lingkungan masyarakat dengan menepis semua isu negatif fitnah, adu domba yang berhubungan dengan agama, suku dan golongan yang berpotensi menimbulkan gesekan dan memicu perbuatan anarkis yang mengancam integritas kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dalam menghadapi tantangan pembangunan kedepan apalagi dengan adanya pasar pasar ekonomi global perlu persiapan fisik dan mental mari kita tingkatkan semangat membangun dan kekompakan kita guna mewujudkan meranti aman damai dan sejahtera,” ucap Bupati.

Apa yang disampaikan Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, dalam Apel HUT Meranti Ke-IX dihalaman Kantor Bupati juga disampaikannya dalam rapat Paripurna HUT Meranti Ke-IX di Gedung DPRD Meranti.

Pada kesempatan itu dihadapan Ketua DPRD H. Fauzy Hasan, Wakil Ketua DPRD H. Muzamil, Wakil Ketua DPRD Taufikurahman dan anggota DPRD yang hadir termasuk juga tokoh masyarakat Meranti Gubernur Riau Tahun 2008 H. Wan Abu Bakar, Anggota DPRD Riau Asal Meranti T. Nazlah dan H. Adil, Tokoh pejuang pemekaran Meranti dan lainnya.

Dijelaskan Bupati, dalam usia Meranti yang tergolong belia tidak menjadi penghalang bagi Meranti untuk membangun daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Al hasil di ulang tahunya yang Ke-9 ini, Kabupaten Meranti telah tumbuh menjadi Kabupaten yang diperhitungkan dan diandalkan di Provinsi Riau.

Dalam membangun suatu daerah ditekankan Bupati bukan suatu hal yang mudah dan tidak bisa  dilakukan secara instan perlu kerja keras dan sinergitas dari semua komponen masyarakat.

“Untuk membangun suatu daerah tidak bisa dilakukan dengan instan perlu kerja keras dan gotong royong dari semua komponen masyarakat serta budaya melayu yang menjadi basis dalam kehidupan bermasyarakat,” papar Bupati.

Kabupaten Meranti yang memiliki letak sangat strategis di Selat Malaka dan merupakan jendela Indonesia, sejak terbentuk tanggal 19 Desember Tahun 2009 silam, telah berhasil meningkatkan APBD dari sebelumnya hanya 300 Miliar menjadi 1.1 Triliun, anggaran ini digunakan sepenuhnya untuk pembangunan yang manfaatnya sudah dapat dirasakan dari Kota hingga kepelosok desa. Dan telah menggerakan roda perekonomian di Meranti. Selain itu telah berhasil meningkatkan kwalitas pendidikan, sarana dan prasarana kesehatan melalu pengadaan Dokter Spesialis, Tenaga Media Perawat serta bidan dan lainnya.

Bukti keberhasilan pembangunan yang dilakukan terlihat dari meningkatnya secara signifkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Meranti menjadi 64.

Angka pertumbuhan ekonomi diatas rata rata Provinsi Riau yakni 3.3 persen.

Keberhasilan lainnya seperti dijelaskan Bupati, telah berhasil meraih predikat WTP 5 kali berturut turut dari BPK RI, dan berhasil meningkatkan nilai Sistem Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah (SAKIP) dari sebelumnya D menjadi B. 

Kepulauan Meranti juga diakui oleh salah satu TV Nasional yakni INews TV telah berhasil menjadi daerah yang berhasil mnciptakan ketahanan pangan dari Sagu.

Dan terakhir dalam baca, tulis dan hafal Al-Quran, pada MTQ Tingkat Provinsi Riau Tahun 2017 di Kota Dumai telah berhasil meraih juara II atau Runer UP 3 kali berturut-turut.

Sekedar informasi, dalam HUT Meranti Ke-IX Tahun 2017, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bersama Wakil Bupati H. Said Hasyim, Ketua DPRD H. Fauzy Hasan, Wakapolres Kepulauan Meranti, Sekretaris Daerah dan lainnya juga berkesempatan menandatangani MoU dengan PT. RAPP tentang Pengembangan Kerajinan Songket di Pulau Padang. Dan menyerahkan sejumlah bantuan PT. RAPP berupa mesin potong rumput dan bajak mini untuk masyarakat di Desa Bebas Api. Dan tak ketinggalan pemberian bantuan Sembako secara simbolis kepada perwakilan kaum duafa yang merupakan bantuan dari pihak swasta yang beroperasi di Kabupaten Meranti 

Selain itu juga mengunjungi warga Meranti yang sedang terbaring sakit di RSUD Kepulauan Meranti untuk mendoakan agar diberikan kesembuhan selanjutnya juga  mengunjungi Stand UMKM binaan Disperindag Meranti diseputar Gedung LAM Meranti. (ari)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca