Tips Memilih Perlengkapan Masak yang Aman bagi Kesehatan, Wajib Simak!

Tips Memilih Perlengkapan Masak yang Aman bagi Kesehatan, Wajib Simak!
https://www.pexels.com/photo/green-leafed-plants-on-kitchen-island-1358900/

Tidak bisa dipungkiri kalau perlengkapan masak merupakan salah satu perabotan yang harus dijaga kebersihannya. Bagaimana tidak, jika peralatan masak tersebut kotor maka besar kemungkinan kuman dan penyakit akan masuk ke dalam tubuh. Tentunya Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, ‘kan?

Inilah kenapa sebaiknya Anda memilih perlengkapan dapur yang aman bagi kesehatan. Anda perlu memperhatikan setiap detail agar tidak salah membeli produk yang sehat. Oleh karena itu, ayo ikuti sejumlah tips memilih perlengkapan masak berikut ini.

ADS:

Lagi Cari Agency Travel Pekanbaru Tujuan Medan untuk liburan atau pulang kampung? Hubungi Melody Travel untuk Perjalanan PP Travel Medan Tujuan Pekanbaru yang aman dan nyaman.

Tips Memilih Perlengkapan Masak yang Aman bagi Kesehatan

Percaya atau tidak, alat masak yang Anda gunakan akan mempengaruhi enak atau tidaknya sebuah masakan. Namun sayangnya hal tersebut masih kurang disadari oleh kebanyakan kalangan. Untuk itu, di bawah ini adalah beberapa tips memilih alat masak yang aman untuk kesehatan.

1. Pilih Material Alat Masak Terbaik

Seperti yang Anda ketahui sendiri kalau material alat masak memiliki beraneka ragam jenis. Meski begitu, pilihlah bahan yang sudah terjamin kualitasnya seperti stainless steel, aluminium, enamel, hingga carbon steel.

Anda pun bisa memilih rekomendasi material alat masak lainnya seperti bahan marmer yang memang terkenal karena sering digunakan sebagai pelapis perabotan. Hindarilah bahan yang mudah menghantarkan zat kimia karsinogen bagi tubuh.

Baca Juga  Di Bagan Batu, 120 anak ikuti khitan massal

2. Harus Mudah Dibersihkan

Perlengkapan masak yang baik dan aman untuk kesehatan haruslah yang mudah dibersihkan. Sehingga sebelum Anda membeli alat masak yang diinginkan, sebaiknya lakukan uji coba terlebih dulu apakah perabotan tersebut mudah dibersihkan atau tidak.

Pasalnya peralatan yang mudah dibersihkan menandakan tidak adanya kandungan bahan kimia berbahaya. Alat masak berbahan kimia harus dibersihkan secara hati-hati agar tidak mudah tergores yang nantinya akan terlarut bersama makanan saat dimasak.

3. Hindari Bahan Plastik

Masih membahas tentang bahan perlengkapan masak, sebisa mungkin Anda harus menghindari material plastik. Bukan tanpa alasan, beberapa bahan plastik biasanya terbuat dari zat kimia yang berbahaya.

Apalagi jika digunakan dalam jangka panjang, kandungan kimia tersebut bisa mendatangkan berbagai jenis penyakit pada tubuh manusia. Untuk mengetahui kandungannya, lihatlah label yang tertera pada produk alat masak sebelum Anda membelinya dan hindari bahan plastik tanpa adanya label food grade.

4. Cek Ketahanan Terhadap Suhu

Ada hal lainnya yang tidak kalah wajib untuk diperhatikan yaitu pastikan Anda mengecek ketahanan alat masak tersebut terhadap suhu. Produk dengan ketahanan suhu yang baik harus menjadi pertimbangan utama agar lebih tahan lama.

Biasanya material perabotan masak yang tahan terhadap suhu tinggi adalah bahan stainless steel. Bahan ini juga dinilai lebih tahan terhadap korosi dan mampu menahan panas hingga 800 derajat celcius. Menarik, ‘kan?

5. Pilihlah Produk dengan Kualitas Food Grade

Jangan hanya fokus pada material alat masak yang tahan karat saja, Anda pun harus memastikan bahwa perlengkapan masak tersebut sudah berkualitas food grade. Dengan adanya kualitas tersebut, maka perabotan makan sudah terjamin keamanannya.

Food grade juga menjadi acuan untuk mengetahui bahwa alat masak yang Anda gunakan tidak mengandung zat yang mudah terkontaminasi di masakan. Anda bisa melihat tanda food grade ini pada bagian logo atau keterangan produk.

Baca Juga  Kasus DBD Tertinggi di Sabak Auh

Itulah sejumlah cara memilih perlengkapan masak yang aman bagi kesehatan Anda. Salah satu alat masak yang wajib Anda miliki adalah fry pan stainless steel yang kini bisa didapatkan dengan mudah di Blibli secara lengkap sesuai dengan kebutuhan Anda.

Blibli juga menawarkan pilihan perlengkapan masak lainnya yang akan memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan. Jangan lupa klaim setiap voucher promo menarik yang disuguhkan agar belanja kebutuhan memasak Anda semakin hemat dan praktis hanya di Blibli.

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *