Sekda Meranti Tinjau Fasilitas dan Pelayanan RSUD


Meranti,Mandiripos.com-Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, melakukan peninjauan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Meranti, kunjungan itu untuk melihat Fasilitas dan Pelayanan rumah sakit utama Kabupaten itu terhadap masyarakat, Kamis (21/3/2019).

Dalam kunjungannya Sekda didampingi Kepala RSUD Meranti dr. Erharia Sari dan Jajaran, selanjutnya Sekda diajak berkeling Rumah Sakit untuk melihat berbagai fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat. 

Seperti diketahui Pemkab. Meranti sangat serius memperhatikan sektor pelayanan publik khususnya bidang kesehatan dengan menggelontorkan anggaran yang cukup besar dalam APBD. Tentunya dengan besaran anggaran yang diberikan harus seiring dengan pelayanan dan manfaat yang diperoleh oleh masyarakat. Untuk itu Pemkab. Meranti berkomitmen menjadikan RSUD Meranti sebagai pusat pelayanan kesehatan yang lengkap, mampu memuaskan masyarakat dan sesuai standar rumah sakit lainnya di Indonesia.

“Kita ingin semua masyarakat yang datang berobat puas baik dari segi fasilitas maupun layanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit,” ujar Sekda.

Salah satu yang menjadi fokus Sekda dalam kunjungannya adalah ruang instalasi gawat darurat (IGD), salah satu ruang yang sering dikunjungi pasien kecelakaan maupun sakit berat yang membutuhkan pelayanan cepat. Dilokasi ini Sekda meminta Kepala RSUD Meranti untuk membenahi bangunan agar menjadi lebih lega dan menganti fasilitas yang telah usang atau kurang layak dengan yang baru selain itu kebersihan ruangan turut menjadi perhatian karena menurut Sekda kenyaman dan kebersihan merupakan faktor yang tidak bisa dipisahkan dari kesehatan pasien.

Untuk masalah kebersikan ini Sekda langsung memanggil dan berdialog dengan para petugas kebersihan, Sekda berpesan kepada ujung tombak kebersihan RSUD itu untuk benar-benar memperhatikan tugasnya masing-masing.

Baca Juga  Berkah, Bupati Lantik 205 Kepala Sekolah di Tengah Hujan Lebat

“Masalah kebersihan ini adalah tugas sosial bagaimana kita dapat menjaga tempat ini selalu bersih, jadi mulai saat ini saya titipkan masalah kebersihan Rumah Sakit ini kepada perugas sekalian,” ujar Sekda seraya menyalami para petugas kebersihan.

Selajutnya Sekda dan rombongan menuju bangunan Sanitasi atau pengolahan Limbah Rumah Sakit, berdasarkan usulan dari Kepala RSUD Meranti dr. Ria, fasilitas pengolahan RSUD Meranti perlu dilakukan renovasi agar pengolahan limbah menjadi sempurna dan tidak membahayakan kesehatan. Pada kesempatan itu Sekda langsung menyambut usulan tersebut dan meminta pihak rumah sakit untuk membuat perencanaan anggaran agar segera dapat direalisasikan.

Usai melihat fasilitas pengolahan limbah, selanjutnya Sekda berkeling melihat ruang perawatan rumah sakit, kamar pelayanan pasien kelas II yang sudah cukup baik namun menurut Sekda masih harus dibenahi lagi agar lebih nyaman bagi pasien.

Dalam peninjauannya kali ini Sekda Meranti H. Yulian Norwis juga berkesempatan berjumpa denga Kepala Tim Akreditasi Surveior Kars dr. Sudasri MHA dan anggota dr. Win J Damopoli, dr. H. Riza Iriani, Desak Nyoman Sithi Mars yang akan melakukan simulasi pelayanan Rumah Sakit, dan nantinya melakukan penilaian Akreditasi di RSUD Kep. Meranti.

Dalam bincang-bincang yang berlangsung hangat Sekda mengatakan kepada Tim Akreditasi Survior Kars untuk membantu Pemda Meranti terkait apa saja fasilitas yang masih kurang dan perlu diperbaiki. Sehingga Pemda Meranti dapat dengan cepat mengadakannya sehingga hasil penilaian dari Tim Surveior terhadap RSUD Meranti memenuhi Standar dan meraih Sertifikat Akreditasi sesuai yang diharapkan.

“Silahkan beritahu kami apa saja yang harus dilengkapi dan kami siap melaksanakannya,” ujar Sekda.

Diinformasikan juga, seperti disampaikan dr. Ria Akreditasi ini tak lain adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit dalam upaya menjamin kesehatan masyarakat. Karena bila sertifkat Akrditasi ini tidak diraih maka akan berdampak besar pada pelayanan masyarakat, sapah satunya pemutusan kerjasama dari pihak BPJS. BPJS.

Baca Juga  Wabup Meranti Gelar Monev di Kecamatan Tasik Putri Puyu dan Kecamatan Merbau

Terakhir dalam kunjunganya kali ini Sekda juga berkesempatan berdialog dan menyalami dengan para pasien yang sedang menunggu perawatan. Sekda berpesan kepada Kepala Rumah Sakit dan jajaran agar benar-benar memberikan pelayanan kesehatan optimal kepada masyarakat agar masyarakat puas dan tidak perlu lagi berobat keluar daerah. (rls).

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *