Bupati Buka Turnamen Silat Bupati Cup I Se-Kepulauan Meranti


SELATPANJANG, Mandiripos.com-Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si membuka secara resmi kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 1 Se-Kepulauan Meranti, kegiatan dalam rangka membangkitkan seni bela diri Silat di Kepulauan Meranti itu dipusatkan dilapangan Afifa, Futsal, Selatpanjang, Senin (18/12).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua IPSI Kepulauan Meranti H. Ismail Arsyad, Asisten I Setdakab. Meranti Drs. Jonesri, Danramil Selatpanjang Mayor TNI Tambunan, Kepala Kantor Kesbangpilinmas Meranti, Perwakilan Polres Meranti, serta para guru, murid perguruan silat dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya kejuaraan pencak silat tersebut, ia berharap melalui ajang ini dapat membangkitkan kejayaan pencai silat di Meranti.

“Semoga ini menjadi awal dari kebangkitan kembali pencai silat Meranti, saya yakin di Meranti banyak pesilat pesilat tangguh yang belum muncul kepermukaan untuk itu mari bersama kita kebangkan kembali bela diri asli Indonesia ini,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, pencak silat merupakan seni bela diri yang sudah menjadi budaya dinegeri Melayu khususnya di Kepulauan Meranti untuk itu iapun meminta kepada dinas pendidikan mengkoordinasikan kepada sekolah sekoah untuk menjadikan seni pencak silat sebagai salah satu mata pelajaran disekolah.

“Pencak silat ini merupakan seni budaya yang sudah menjadi kearifan lokal di Meranti jadi tepat sekali kalo seni bela diri ini kita jadikan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah,” jelas Bupati.

Dengan dilakukan pengembangan seni bela diri silat secara masif, diharapkan kedepan akan membangkitkan semua perguruan silat yang ada di Meranti bukan baik yang tergabung didalam IPSI maupun juga pencak silat tradisional yang ada dikampung-kampung.

“Seni bela diri ini harus dikembangkan dan ditingkatkan dari waktu ke waktu, kepada perguruan silat mari aktifkan kembali semua perguruan yang ada,” ucap Bupati.

Baca Juga  Wabup Meranti Lakukan Panen Raya di Desa Anak Setatah Kec. Rangsang Pesisir

Dijelaskan Bupati, sejauh ini seni pencai silat di Meranti sudah tampil diberbagai ivent namun belum menunjukan prestasi yang memuaskan, dengan adanya kejuaraan ini semoga dapat meberikan motivasi baru kepada pelatih dalam meningkatkan kepercayaan atlit silat di Meranti karena satu hal yang menjadi masalah adalah kurangnya kepercayaan diri atlit silat sehingga tidka mampu tampil maksimal di berbagai kejuaraan yang diikuti.

“Mari kuta beri dukungan kepada atlit atlit kita agar bisa tampil bertanding dengan baik, caranya dengan menghargai kemampuannya, Official, Wasit dan juri harus berlaku profesional dan proporsional dengan memberikan kesempatan kepada atlit berperestasi untuk berkiprah,” ucap Bupati.

“Semoga kedepan akan muncul juara juara Nasional Pencak Silat yang berasal dari Meranti,” harap Bupati mengakhiri. (ARI)

 

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂



Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca