Diduga Akibat Arus Pendek, Sebuah Kafe di Sungai Apit Terbakar


Sungai Apit – Warga Jl. Diponegoro Kelurahan Sungai Apit Kecamatan Sungai Apit pada Rabu malam (24/6/23) sekitar pukul 19.30 wib dikagetkan dengan peristiwa kebakaran yang melanda sebuah Unit Cafe/ Kedai Kopi.

 

Kejadian ini bermula Pada hari Rabu tanggal 24 Mei 2023 sekira pukul 19.30 Wib saksi 1 (Lisa, 17 th) sedang bekerja mencuci piring di dapur Kedai Kopi dan pada waktu tersebut lampu kedai Kopi tiba – tiba saja padam / mati.

 

 

Pada saat mati lampu tersebut saksi 1 memanggil saksi 2 (Refi, 26 th) dan 3 (Fahmi,58 th) yang sedang berada di ruangan depan Kedai kopi untuk mengecek penyebab mati lampu yang di duga terjadi akibat Korsleting listrik.

 

Kemudian saksi 3 mengecek Kilometer listrik di pintu masuk kedai kopi dan pada saat tersebut saksi 3 melihat adanya Api yang menyala di bagian atap cafe / Kedai Kopi.

 

d) Melihat adanya Api yang menyala tersebut kemudian saksi 3 memanggil semua pekerja / pelayan Cafe dan para pengunjung yang sedang berada di dalam Cafe.

 

e ) Sekira pukul 19.45 Wib Mobil Damkar Sungai Apit datang ke TKP dan Api berhasil dipadamkan sekira pukul 20.15 Wib. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan total Kerugian diperkirakan mencapai Rp. 150.000.000,- ( Seratus lima puluh juta rupiah )

Dari kejadian tersebut, didapatkan beberapa analisa, yaitu

 

 

a. Kejadian kebakaran pertama kali diketahui pada Plafon kamar tengah yang berada di lantai dua.

 

 

b. Bahwa Cafe / Kedai Kopi milik sdri. YANTI beroperasi / buka setiap hari dan lampu penerang cafe di nyalakan pada pukul 18.10 Wib setiap harinya oleh pekerja / pelayan kedai kopi.

Baca Juga  Pemkab Siak Masih Tunggu Keputusan Gubri, Pemberlakuan PSBB

 

 

c. Saat ini pemilik rumah dan semua penghuni rumah sudah diungsikan ke tempat / rumah keluarga lainnya yang tidak jauh dari lokasi kebakaran.

 

 

*2. Prediksi*

a. Diprediksi penyebab kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik yang berada di Plafon Kamar lantai dua.

 

b. Diprediksi instalasi listrik Cafe / kedai kopi terbakar sudah lama terpasang dan tidak sesuai dengan standar PLN.

 

 

Hingga berita ini dimuat, kejadian ini masih dalam tahap penyelidikan untuk mencari tahu penyebab pasti kejadian

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *