Ketua PD IWO Bengkalis : Oknum Wartawan Rilis Berseliweran Bikin Rusak Citra Wartawan 


Kebutuhan masyarakat akan informasi saat ini, seolah senada dengan kemajuan teknologi yang mengiringinya. Sehingga informasi yang disajikan pun beragam dan banyak pilihan yang tersaji dalam berbagai platform media massa. Namun sayangnya, hal ini terkadang masih menimbulkan polemik, terkait kinerja oknum wartawan yang menyajikan informasi atau berita itu sendiri.

 

ADS:

Lagi Cari Agency Travel Pekanbaru Tujuan Medan untuk liburan atau pulang kampung? Hubungi Melody Travel untuk Perjalanan PP Travel Medan Pekanbaru yang aman dan nyaman.

 

Gaya sejumlah oknum wartawan rilis contohnya. Selain terkadang mereka belum mampu berkarya, terkadang mereka merasa seperti oknum wartawan yang hebat. Tak ayal hal ini pun diduga menimbulkan keresahan sejumlah oknum pejabat yang merasa keteteran

 

Hal ini mendapatkan respon Ketua Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Bengkalis Sahdan Lubis. Kepada media ini Selasa pagi (9/5/23), dirinya sangat merasa miris melihat kondisi tersebut.

 

 

“Sudah banyak hal yang demikian saya dengar. Dah bahkan ada juga yang menghubungi saya. Miris memang, namun kondisi inilah yang terjadi. Sejumlah oknum wartawan terkadang hanya menjadi wartawan rilis, tanpa mampu mencari data, mengolahnya menjadi berita. Karena kita wartawan ini secara tak langsung adalah ikut mengubah persepsi masyarakat lewat pemberitaan di media. Jadi jika kita hanya menjadi wartawan rilis dan ada berita yang kita sajikan lewat investigasi atau turun lapangan, lantas fungsi kita sebagai wartawan seperti apa?..Tak sampai disitu saja, ada dugaan sejumlah oknum pejabat menyampaikan hal itu kepada saya. Hal yang demikian sangat tidak mendidik dan tidak mengedukasi masyarakat. Karena mereka nggak paham, makna kerja jurnalis itu seperti apa,”tegasnya.

Baca Juga  Kegiatan 250 Paket Pasar Murah Desa Sejangat Berjalan Lancar

 

 

Masih menurut Sahdan Lubis lagi, “Mereka (oknum wartawan) ini ada dimana-mana dan di setiap acara bersifat seremoni mereka ada. Kejar sana dan kejar sini. Ikut sana ikut sini, hanya demi berharap belas kasihan. Secara tak langsung mereka telah merendahkan harga diri wartawan itu sendiri dan kinerja jurnalis sebenarnya. Namun mereka berdalih ini dan itu. Para pejabat harus berhati-hati dengan oknum wartawan seperti ini. Pejabat juga harus cerdas, terhadap oknum wartawan seperti ini. Hal ini tentunya merusak citra wartawan itu sendiri akibat ulah-ulah oknum wartawan ini,”imbuhnya.

 

 

Senada dengan Sahdan Lubis, Sekretaris PD IWO Bengkalis Bani atau lebih dikenal dengan sebutan Anak Rohil juga menyayangkan hal itu.

 

 

“Kita ini wartawan yang harus memiliki kemampuan mengolah informasi yang kita dapatkan. Jika memang itu rilis, tentunya tak seharusnya mentah-mentah informasi tersebut kita sajikan. Hal ini tak ubahnya seperti plagiator. Rilis itu bagus, namun tentunya dibutuhkan juga kemampuan kita untuk mengkolaborasikan dengan bahasa kita sendiri. Namun ingat, tidak terlepas dari apa yang menjadi tujuan sebenarnya, itu saja. Wartawan selain harus memiliki integritas, wartawan juga harus memiliki wawasan yang luas. Sehingga apa yang disajikan dalam berita, tidak menyesatkan pembaca,”tegasnya.(tim/red)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Baca Juga  Gelar Bakti Sosial Jelang Hari Bhayangkara ke-74, Bhayangkari Ranting Siak Kecil Memberi Santunan Sembako untuk Warga Kurang Mampu (Kaum Duafa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca