Aggenda Tahunan ,Pemkab Siak Bersiap Gelar Tour De Siak 2023.


SIAK–Balap sepeda bertaraf internasional Tour De Siak (TDSi) 2023 kembali digelar Pemkab Siak. TDSi ini diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara untuk beraktivitas olahraga di Indonesia.

Bupati Siak Alfedri menyampaikan sport tourism atau olahraga dan berwisata diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah.

“Balap sepeda internasional ini, merupakan agenda tahunan kita, dan TDSi masuk ke kalender pariwisata nasional. Prinsipnya mengenalkan pariwisata daerah ke mancanegara, melalui sport tourism,” ujar Bupati Alfedri di Siak, rabu (15/11/2023).

Alfedri menjelaskan, pemerintah kabupaten Siak saat ini, bersama Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB-ISSI) dan Indonesia Cycling Federation (ICF) tengah mempersiapkan jalannya event tersebut.

Menurut rencana, pelaksanaan balap sepeda Tour De Siak ini dijadwalkan 1-4 Desember 2023 mendatang.

“Tahun 2023 ini, Tour De Siak kembali kita gelar, jika tahun lalu, TDSi penyelenggaraannya bersama Provinsi Riau. Tahun ini kita kembali sebagai penyelenggara tunggal Tour De Siak,” kata dia.

Tour De Siak tahun ini digelar untuk yang ke 9 kalinya. Pelaksanaan event balap sepeda Tour De Siak tahun ini masih bertaraf internasional.

“Kita berharap pelaksanaan Tour De Siak dari tahun ke tahun mengalami kemajuan, terutama dalam hal teknis penyelenggaraan.
Termasuk peningkatan jumlah peserta atau tim yang ikut di event tour de siak 2023,”sebutnya.

Lanjutnya, selain mengundang pembalap dalam negeri PB-ISSI juga mengundang pembalap mancanegara. Sedikitnya ada 13 tim peserta yang turut berpartisipasi pada ajang TDSi 2023 ini, berasal dari 11 negara antara lain, Malaysia, Brunei, Singapore, Philippines, Thailand, Vietnam, Korea, Perancis, Iran dan Australia dan Indonesia sendiri.

“Dari rapat koordinasi kita dengan PB-ISSI ada 11 negara berada dalam list undangannya,” katanya.

Baca Juga  Apel Gelar Pasukan, Bukti Kesiapan Daerah Hadapi Pemilu 2024

Pemkab Siak saat ini sedang melakukan berbagai persiapan untuk event tersebut, termasuk terkait lintasan saat ini sedang dibahas.

“Balap sepeda Tour De Siak tahun ini rencananya digelar 3 (tiga) Etape dengan lintasan yang masih diperbincangkan. Rencananya, lintasan yang akan ditetapkan ada 3 (tiga) etape, antara lain : Dalam kota Siak, Siak-Dayun dan Siak-Tualang,” kata dia.

Setidaknya, gelaran balap sepeda Tour De Siak tahun ini diharapkan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat, terutama dari sisi kunjungan objek wisata dan tamu hotel.

“Seperti bisa rangkaian kegiatan dimulai dengan berbagai kegiatan akan kita gelar yang melibatkan masyarakat, seperti sepeda santai, bazar UMKM dan malam pembukaan dengan mendatangkan Artis ibukota,” tutupnya(info).

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂



Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca