Wujudkan Desa Cantik, Pemkab Siak-BPS Kolaborasi


SIAK-Pemerintah Kabupaten Siak bersama Badan Pusat Statistik (BPS) melaksanakan pencanangan Desa Cinta Statistik (Cantik) merupakan bagian dari statistic sektoral, sebagaimana juga tertuang dalam Peraturan Presiden No 39 tahun 2019 tentang satu data indonesia dan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Pemerintah Desa/Kelurahan adalah penyelenggara kegiatan statistik di wilayahnya masing-masing. Program Desa Cinta Statistik merupakan salah satu inovasi BPS yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi di seluruh Desa.

Hal tersebut, sejalan dengan kebijakan nasional khususnya :1 Nawacita no 3 Pemerintah berkomitmen membangun Indonesia Pinggiran 2 RPJM 2020-2024 desa mandiri menjadi target prioritas pembangunan. Desa menjadi subjek dari ujung tombak pembangunan, 3 UU No 16 tahun 2014 tentang desa perlunya pemanfaatan data melalui sistem informasi desa dalam pembangunan desa yang lebih baik.

4. Prioritas presiden : SDM unggul, indonesia maju sebagai implementasinya, kabupaten Siak yang memiliki 122 Kampung dan 9 kelurahan ingin memajukan pengelolaan statistik desa. Melalui pencanangan Desa Cinta Statistik di setiap kampung dan kelurahan yang ada, untuk menjadikan Desa/Kelurahan sebagai objek dalam pengelolaan data statistik.

“Karena selama ini data ada di desa/kelurahan, tidak meninggalkan jejak, adanya data yang tidak terhubung berpotensi terjadinya inkonsistensi dan duplikasi,”ujar Kepala Dinas Kominfo kabupaten Siak Romi Lesmana Dermawan dalam keterangan persnya, di Siak, Kamis (5/10/2023).

Kadis Kominfo mengharapkan dengan adanya pencanangan Desa Cinta Statistik oleh Pemkab Siak bersama BPS Kabupaten Siak dapat diterapkan prinsip pelaksanaan pembinaan Statistik Desa dicapai bersama-sama, dimana data yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan, fleksibel dan tidak mengikat.

“Mendorong komunikasi statistik sektoral desa/kelurahan menjadi pusat layanan pembelajaran statistik agar di dapat data yang akuntabel serta akurat. Maka untuk itu, Diskominfo sebagai wali data tingkat daerah mendukung program Desa Cinta Statistik ini. Diharapkan Kabupaten Siak menjadi daerah yang menjadikan data akurat dan akuntabilitas sebagai pedoman dalam perencanaan pembangunan untuk menjadikan siak lebih baik,”pintanya.

Baca Juga  Manager PKS/Kebun PTPN5 Sei Buatan Mengucapakan Tahniah HUT Kab Siak Ke 19 Tahun 2018

Bupati Siak Alfedri, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Fauzi Asni saat membuka kegiatan itu, mengatakan desa merupakan ujung tombak pembangunan nasional, kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah memberikan kesempatan bagi pemerintah desa atau kampung untuk membangun desa dengan kemandirian pemerintah desa/ kelurahan menjadi penyelenggara kegiatan statistik di wilayah nya.

“Jadi tujuan dari program ini, bagaimana meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/ kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik,”kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik kabupaten Siak Prayudho Bagus Jatmiko, menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan proaktif perangkat desa atau kampung sebagai subjek pembangunan bangsa, sehingga dengan adanya program desa cantik akan mempermudah ketersediaan data di setiap desa targetnya mengurangi angka kemiskinan.

“Kami berharap kampung bisa menjadi penggerak, kita berharap bahwa kegiatan pembinaan statistik sektoral dalam hal desa cantik berkelanjutan agar bisa membantu meningkatkan kapasitas desa,”singkatnya.(info)

 

 

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *