oleh

Tingkatkan Pelayanan Pemerintahan Desa, Polbeng Sosialisasikan Aplikasi Layanan Mandiri Administrasi

BENGKALIS – MANDIRI POS, Tim Pengabdian Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) dari Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak melaksanakan kegiatan sosialisasi penggunaan Aplikasi Layanan Mandiri Administrasi Desa di Aula Kantor Desa Wonosari, Jl. HR. Soebrantas Bengkalis, Senin, 02 November 2020.

Kegiatan pengabdian tersebut merupakan hasil kerjasama Politeknik Negeri Bengkalis dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis.

Dalam kesempatan tersebut, salah seorang dosen Polbeng Rezki Kurniati mengatan, layanan mandiri ini terdiri dari pelayanan surat menyurat, rekap data kependudukan serta rekap data penduduk yang telah memiliki hak pilih dalam kegiatan pemilu.

“Aplikasi ini selain digunakan untuk surat menyurat juga bisa digunakan untuk melihat jumlah penduduk yang berhak mengikuti pemilu dan pilkada,” ujarnya.

Selanjutnya, di tempat yang sama, tim teknis pengembangan aplikasi tersebut, Jaroji mengatakan aplikasi layanan mandiri ini sebelumnya merupakan hasil penelitian yang akan di implementasikan kepada masyarakat.

“Implementasi kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan Pemerintah Desa kepada masyarakat terutama dalam pelayanan surat menyurat,” ujarnya

Adanya aplikasi ini, lanjutnya, dapat membantu desa dalam penerapan layanan administrasi yang optimal, efektif dan terukur.

“Jadi jika terdapat masyarakat yang belum di entri dalam basis data kependudukan desa maka masyarakat tersebut tidak dapat diproses pelayanan surat menyuratnya melalui aplikasi ini,” terangnya.

Selanjutnya, Kepala Desa Wonosari Suswanto mengatakan, ia menyambut baik kegiatan sosialisasi tersebut, dan berharap agar dapat dimanfaatkan oleh aparatur desa.

“Sosialisasi ini sangat positif. Saya berharap, mudah-mudahan aplikasi ini dapat dipelajari dan dimanfaatkan dengan baik oleh aparatur desa guna menciptakan pelayanan yang lebih baik, cepat dan terukur kepada masyarakat,” pungkasnya. (sir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed