oleh

Suyatno Ungkap Strategi dan Kebijakan Dalam Mengelola Keuangan Daerah

ROHIL, (Mandiripos)- Bupati Rohil H Suyatno, menjelaskan langkah dan kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Rohil dalam mengelola keuangan semata-mata untuk mencapainya pemerataan pembangunan terutama didaerah terpencil, oleh sebab itu langkah dan kebijakan tersebut tidak terlepas dari peran serta aparatur sipil negara yang serius serta berkomitmen sehingga kedepan lebih baik. Terutama dalam mendata Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara optimal sehingga penerimaan pajak terus mengalami peningkatan.

Demikian ungkapan yang disampaikan Bupati Suyatno, disela menghadiri seminar APBN dan kebijakan dana transfer tahun anggaran 2020, dan penyerahan piagam penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD tahun 2018 di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Selasa (29/10/2019).

“Kedepan akan menjadi cambuk kita untuk tetap bekerja sebaik-baiknya karena untuk mempertahankan predikat ini, pastinya banyak tantangan kedepan serta memerlukan keseriusan dan komitmen semua pihak. Juga mengenai PAD kita terus menyikapinya dengan mendata perusahaan perusahaan yang ada di wilayah Rohil untuk nantinya akan kita tertibkan dan tingkatkan dalam penerimaan pajak,” ungkap Suyatno.

Dengan mengambil tema “Tingkatkan Sinergi untuk Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Negara yang Kredibel” dengan pelaksana Kementerian Keuangan RI Perwakilan Provinsi Riau. Maka beberapa pokok pembahasan dalam kegiatan tersebut seperti tentang kebijakan penyaluran DBH triwulan IV yang dapat digunakan untuk menyelesaikan kurang bayar sampai dengan Tahun 2019 sambil memperhitungkan lebih bayar tahun sebelumnya untuk beberapa daerah.

Selanjutnya, kebijakan berdasarkan realisasi penerimaan negara untuk penguatan implementasi penggunaan 25% DBH dan DAU untuk belanja infrastruktur publik, kemudian transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) APBN 2020 bertujuan untuk mendukung perbaikan kualitas layanan dasar publik di daerah, akselerasi daya saing, mendorong belanja produktif yang dapat meningkatkan aset daerah.

Bupati Suyatno Terima Piagam WTP

Atas raihan prestasi yang telah dicapai tersebut, pemerintah pusat yang diwakili menteri keuangan RI melalui Gubernur Riau, menyerahkan piagam penghargaan WTP atas LKPD tahun 2018 ke Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir diterima langsung Bupati Suyatno.

Gubernur Riau dalam sambutanya mengucapkan tahniah kepada pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang telah mendapatkan WTP atas LKPD tahun 2018. Semoga ini menjadi motivasi untuk menambah anggaran kedepannya, dan lebih berbuat maksimal.

Dalam sambutanya Bupati Rokan Hilir yang didampingi Kasubag Humas Hasnul Yamin, SE menyampaikan terimakasih kepada semua pihak termasuk para OPD yang telah serius bersama sama hingga Pemerintah kabupaten Rokan Hilir mendapatkan predikat WTP ini.

Keberhasilan ini menurutnya berkat kerja keras semua pihak OPD beserta perangkatnya yang membuahkan hasil memperoleh WTP dan LKPD 2018 dan kinerja ditahun mendatang agar lebih ditingkatkan lagi.

Ia berharap jajaran OPD Rohil bisa terus meningkatkan kinerja sehingga WTP bisa dipertahankan untuk tahun 2019. “Semangat kerja dibarengi dengan ketekunan serta menjalankan tugas sesuai aturan yang berlaku, untuk aset kita sudah baik karena semua sudah bisa dipertanggungjawabkan.” ungkapnya.(adv humas Rohil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed