Rohil Bakal Terima Bantuan Pamsimas, 2019

Share:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

ROHIL,Mandiripos.com- Pemkab Rohil mendapat program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) tahun 2019, Mendatang.

Program Pamsimas tersebut merupakan program pusat dengan sumber dana dari APBN yang diajukan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim).

“Program pamsimas tahun ini Rohil dapat penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat,” jelas Kadis Perkim Zulfahmi di dampingi Sekretaris Budi Mulia, Selasa (7/8/2018) di Bagansiapiapi.

Dikatakan, Pamsimas merupakan salah satu program nasional dalam penyediaan air minum dan sanitasi yang berbasis masyarakat dengan dukungan dana dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan kontribusi masyarakat.

Lanjutnya, kegiatan ini didukung kementerian pekerjaan umum sebagai executing agency bersama dengan kementerian dalam negeri dan kementerian kesehatan.

Ia menambahkan tujuan pamsimas secara umum adalah meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan dan daerah pinggiran kota serta menerapkan praktik hidup bersih dan sehat dengan membangun model penyediaan prasarana dan sarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yang berkelanjutan dan mampu diadaptasi masyarakat.

Untuk Rohil, Perkim mengajukan beberapa Kecamatan yang kesusahan dalam penyediaan air bersih seperti Kecamatan Bangko, Pekaitan, Palika, Sinaboi, Kubu, kubu Babussalam, Batu Hampar serta Pekaitan.

“kita sudah mengajukan long lis dan nanti nya akan ada short lis dan disitulah penajaman desa mana yang akan dapat dan kementrian juga sudah menyatakan kita dapat, ” sebutnya.

Dalam program Pamsinas itu sendiri, 70 persen berasal dari APBN, 10 persen dari dana desa serta 20 persen berasal dari kontribusi masyarakat baik in cash maupun in kind.

Adapun kriteria desa yang dapat berpartisipasi dalam Program Pamsimas III di bagi menjadi 2 kategori yaitu, Desa Baru yang berarti belum mempunyai akses air bersih, desa perluasan yang berarti sudah ada akses air minum dan masih perlu pengembangan baik pelayanan serta teknisnya.(way)

Rohil Bakal Terima Bantuan Pamsimas, 2019 | Admin Mandiripos | 4.5

Berita Lainnya

Kirim Komentar