oleh

Politeknik Bengkalis Gelar Pelatihan Strategi Pemasaran dan Keuangan Kepada UPPKS Desa Kuala Alam

BENGKALIS – MANDIRI POS, Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng)  sebagai perguruan  tinggi  mempunyai potensi besar dalam bentuk sumber daya manusia untuk ikut berperan dalam pembangunan desa. Salah satu peran yang dilakukan melalui  Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Polbeng adalah sebagai fasilitator program-program pengabdian kepada masyarakat yang dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat yang diharapkan mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan ini sejalan dengan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi, dimana Dosen juga harus melakukan Pengabdian kepada Masyarakat disamping kegiatan Pengajaran dan Penelitian.

Kali ini, pengabdian kepada masyarakat tersebut dilakukan tiga Dosen Politeknik pada kelompok binaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Desa Kuala Alam dengan memberikan pelatihan strategi pemasaran dan keuangan Rabu, 24 Juni 2020.

Tiga orang dosen Jurusan Administrasi Niaga tersebut yakni Supriati Ketua Kegiatan Tim Pengabdian kepada Masyarakat dan dua rekannya Rini Arvika Sari serta Wan Junita Raflah.

Sementara mahasiswa yang ikut dalam kegiatan sosialisasi yakni Rahmat Aldi, Cici Mardiani dan Intan Fajrina Lestari.

Kegiatan yang diselenggarakan di balai penyuluhan KB Desa Kuala Alam ini dihadiri ketua UPPKS Sudarmi dan Sekretaris Dewi Handayani, Direktur Bumdes Kuala Alam Zulkifli serta 13 peserta sosialisasi.

Ketua Kegiatan Tim Pengabdian Supriati mengatakan kegiatan ini bertujuan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai teori marketing, strategi marketing, penetapan harga, pembuatan label, pemilihan dan mengetahui hal apa saja yang harus ada dalam kemasan.

“Dengan diberikannya pengetahuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat beli konsumen sehingga penjualan meningkat dan tentunya berpengaruh pada peningkatan pendapatan kelompok usaha tersebut,” harapnya.

Kegiatan pengabdian tersebut selain disambut baik peserta juga mendapat apresiasi penuh dari Ketua UPPKS Kuala Alam, Sudarmi.

“Kami berterima kasih kepada tim Dosen karena telah memberikan pengetahuan kepada SDM di dalam kelompok binaan kami, sehingga kemasan dari produk yang telah dibuat akan semakin baik sesuai keinginan pasar”, ujar Sudarmi.

Sementara Direktur Bumdes Kuala Alam, Zulkifli berharap dengan terselenggaranya sosialisasi ini menjadikan produk UPPKS Kuala Alam menjadi produk yang unggul sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Kuala Alam.

“Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat dari tim dosen ini, kami berharap edukasi yang diberikan mampu diterapakan sehingga produk-produk UPPKS Desa kuala Alam bisa mencapai target pemasaran dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat,” Ujar Zulkifli.(sir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

loading...

News Feed