oleh

Plt. Asisten I Bengkalis Dampingi Irsan, Tinjau Mangrove di Pangkalan Jambi

BUKIT BATU – MANDIRI POS, Plt.  Asisten I Setda Bengkalis Ismail mendampingi Kepala Balai Diklat  Pemdes Kemendagri Regional Sumatera Irsan bersama rombongan melakukan peninjauan di Ekowisata Mangrove Pantai Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Jum’at 19 Februari 2021.

Peninjauan itu, dilakukan setelah usai menghadiri acara Launching pembuatan surat secara online oleh Pj Bupati Bengkalis, di Desa Sepotong Kecamatan Siak Kecil.

Dalam sambutan Plt.  Asisten I Bengkalis Ismail mengatakan, keberadaan ekowisata magrove ini, awalnya merupakan inisiatif serta kerjasama dari masyarakat di desa ini, serta berkolaburasi dengan pihak perusahaan yang ada di Kecamatan Bukit Batu. Sehingga terbentuklah Ekowisata Mangrove serta kegiatan ekonomis lainnya di pantai Pangkalan Jambi ini.

Selain itu juga, Ismail menyampaikan bahwa Kabupaten Bengkalis merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan jiran tentangga yaitu Malaysia dan Selat Melaka.

Selanjutnya Ismail menambahkan, yang menjadi persoalan serta kerisauan masyarakat berada di daerah perbatasan ini, adalah ancaman abrasi yang semakin tidak terkendali oleh masyarakat. Untuk saat ini masyarakat hanya bisa mengupayakan penanaman pohon mangrove sebagai solusi penahanan lajunya abrasi di daerah ini.

“Untuk itu kami berharap kedatangan rombongan dari Balai Diklat  Pemdes Kemendagri Regional Sumatera ini dapat menyampaikan pesan-pesan serta diminta untuk menceritakan keadaan daerah kami ini kepada pemerintah pusat, sehingga kreatifitas seperti pohon mangrove ini yang telah dibudidaya masyarakat, khususnya di daerah pesisir tidak sia-sia hanyut terbawa arus,” ujar Ismail.

Sementara itu, Kepala Balai Diklat  Pemdes Kemendagri Regional Sumatera Irsan mengatakan, kedatangan rombong disini, adalah untuk memastikan bahwa isu-isu yang terdengar di kementerian adanya ekowisata di Pangkalan Jambi ini. Ternyatanya benar disini bisa berpontesi sebagai pengembangan ekowisata mangrove.

Baca Juga :   Komisi IV Minta lakukan Upaya Pencegahan Penyakit Menular

“Kami sangat salut dan bangga kepada masyarakat dan pihak perusahan yang ada disini, begitu kompak serta bekerjamasama yang baik dalam membudidayakan pohon mangrove serta melakukan kegiatan ekonomis lainya, kami siap membantu menyampaikan serta membawa harapan-harapan ke pemerintah pusat, apa  yang telah disampaikan Plt Asisten I tadi,”ujarnya.

Ia juga berpesan kepada pihak perusahan yang selama ini telah membantu kegiatan budidaya mangrove di Kecamatan Bukit ini, diharapkan terus kosisten, kompak, berkolaburasi serta terus berinovasi membagun dan mengali pontensi desa, dan berita ini dirilis dari Diskominfotik Bengkalis.(sir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed