oleh

Penyuluhan Advokasi Penerapan Model Pelayanan Ramah Anak untuk tiap Puskesmas di Kab. Siak oleh Kementerian PPPA RI.

SIAK,Mandiripos.com-Penyuluhan Advokasi Penerapan Model Pelayanan Ramah Anak untuk tiap Puskesmas di Kab. Siak oleh Kementerian PPPA RI.

Selasa, (10/04/2018)

 

 

 

 

 

Kegiatan penyuluhan Advokasi penerapan model pelayanan ramah anak ditiap puskesmas yang ada dikabupaten siak menjadi salah satu indikator terlaksananya program Pemerintah Kabupaten Siak sebagai KLA.  Kegiatan yang diprakarsai oleh Kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPPA) ini telah menghantarkan Kabupaten Siak meraih 3 kali penghargaan sebagai Kota layak anak.

 

Dalam penyuluhan hadir Asisten Administrasi Umum Setda Kab. Siak Drs. H Jamaluddin Msi yang sekaligus membuka acara tersebut menjelaskan, tiap anak mendapatkan hak yang wajib kita dipenuhi dan hal ini dibuktikan dengan menciptakan lingkungan yang dapat memberikan rasa nyaman dan aman , perlindungan serta menghindarkan anak terhadap  pengaruh negatif dampak sosial seperti , permasalahan narkoba , kenakalan remaja dan sebagainya.

 

Lebih lanjut Drs H Jamaludiin menjelaskan , tiap anak berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik untuk meningkatkan tumbuh kembang mereka secara optimal. Oleh sebab itu sebagai kabupaten layak anak, Kabupaten Siak sangat konsen terhadap kebutuhan anak seperti penyediaan sarana dan prasarana umum yang layak untuk anak.

 

Disisi lain Ir. Bakhtiar Effendi, MM, selaku  Kabid Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Siak dalam laporannya menyampaikan bahwa salah satu indikator penilaian KLA atau Kabupaten Layak Anak adalah pemenuhan kebutuhan kesehatan anak yang dalam hal ini peran Puskesmas menjadi lini terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan layak anak.

 

Pada kegiatan sebanyak 47 orang peserta hadir mengikuti penyuluhan yang terdiri dari pihak puskesmas maupun OPD yang terkait. Diharapkan peserta yang hadir dapat menerima dengan baik materi yang disampaikan oleh narasumber guna meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan perhatian yang serius terhadap isu yang berkaitan dengan anak . Selain itu juga,  sekaligus dapat memberikan kesamaan persepsi kepada tiap puskesmas se Kabupaten Siak dalam memberikan pelayanan ramah anak untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dan kesejahteraan anak.

 

Penyuluhan advokasi penerapan pelayanan ramah anak ini menghadirkan oleh narasumber dari Kementrian PPPA RI yakni , Asisten Deputi Hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan, deputi bidang tumbuh kembang anak Drs. Hendra Djamal. Pada penyuluhan kali ini juga dibuka sesi diskusi dan tanya jawab seputar penerapan pelayanan ramah di Puskesmas.(rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

loading...

News Feed