oleh

Pembentukan Pengurus FKUB, Camat Basira Pimpin Rapat

BAGAN SINEMBAH (Basira) –  Camat Bagan Sinembah Raya (Basira), Drs HM Yusuf Msi yang didampingi oleh Upika lainnya memimpin secara langsung proses pembentukan dan sekaligus pemilihan pengurus Distrik Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira).

Rapat yang dilaksanakan di aula kantor camat Basira, Selasa (4/2), turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala KUA Basira,  Mahmuddin SAg, Ketua MUI Basira, H Zulfikar SAg, perwakilan dari agama lainnya yang ada di wilayah kecamatan Basira.

Dalam pengarahannya Camat Basira, Drs HM Yusuf Msi menyebutkan, bahwa pembentukan FKUB di kecamatan Basira tersebut adalah sangat dibutuhkan walau sebagai daerah kecamatan yang baru berusia 5 tahun.

” Kita menyambut positif dengan dibentuknya FKUB didaerah kita ini. Karena sejak kita dimekarkan sekitar 5 tahun lalu dari kecamatan Bagan Sinembah. Demikian pula selama ini FKUB Basira juga masih bergabung dengan kecamatan Bagan Sinembah,” kata Yusuf.

Dirinya juga mengatakan, bahwa dibentuknya FKUB tersebut diharapkan dengan terbentuknya kepengurusan yang baru ini dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk semua lapisan.

” FKUB adalah organisasi kemasyarakatan binaan pemerintah yang bertugas mengkoordinasikan antar tokoh agama yang ada di basira ini nantinya, agar terjalin hubungan antar umat beragama yang baik,”ungkapnya.

Kepala KUA Bagan Sinembah, Mahmudin SAg menyampaikan bahwa FKUB ini adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan fasilitasi oleh pemerintahan dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.

Mahmudin juga menyampaikan bahwa perlunya membentuk kepengurusan FKUB di Kecamatan untuk menjaga toleransi antar pemeluk agama dan menjaga persatuan, kesatuan antar warga demi satu tujuan yaitu terciptanya kondisi keamanan yang kondusif dalam beragama di wilayah Kecamatan Basira.

” Dan dengan di bentuknya kepengurusan FKUB ini saya meminta agar di setiap rumah ibadah di wilayah kecamatan basira ini di uruskan Pengajuan SK nya, sebab SK Rumah Ibadah di tanda tangani oleh Lurah/penghulu dan Camat, agar bisa di serahkan nantinya ke pusat,” ungkapnya.

Dari rapat tersebut akhirnya Ustadz Amzar terpilih sebagai Ketua Distrik FKUB Basira masa bhakti 2020-2023 dan dibantu oleh Ustadz Hombing sebagai Sekretaris dan H Muslim sebagai Bendahara.(net)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed