oleh

Musrenbang Kecamatan Tasik Putri Puyu : Perkembangan Kecamatan Tasik Putri Puyu Semakin Baik.

 

BANDUL.Mandiripos.com-Jika kita mencermati  terhadap  kondisi  objektif Kabupaten  Kepulauan  Meranti  dewasa  ini, khususnya Kecamatan Tasik Puteri Puyu sebelum Kabupaten Kepulauan Meranti dimekarkan dengan kondisi saat ini, telah banyak terdapat kemajuan yang sangat berarti, baik dari infrastruktur, elektrifikasi, sarana prasarana pendidikan dan kesehatan serta geliat ekonomi yang terus bertumbuh di Kecamatan Tasik Puteri Puyu ini.

Kita mengetahui bahwa Kecamatan Tasik Puteri Puyu terdiri dari 10 Desa.Dari masing-masing desa yang terdapat di Kecamatan Tasik Puteri Puyu ini memiliki potensi besar yang akan terus dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Yang mana, sebagian besar Desa di Kecamatan Tasik Puteri Puyu merupakan desa dengan komoditas peternakan, perkebunan dan perikanan yang sangat besar untukdikembangkan menjadi komoditas unggulanIni akan terus kita kembangkan segenap potensi yang ada di Kecamatan Tasik Puteri Puyu ini.

Hal itu disampaikan Bupati Kepulauan Meranti, Drs.H.Irwan.M.Si, pada acara pembukaan Musrenbang, Kecamatan Tasik Putri Puyu.

 

Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bersama Wakil Bupati H. Said Hasyim membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Tasik Putri Puyu, kegiatan dalam rangka menghimpun usulan pembangunan program prioritas Desa dan Kecamatan itu dipusatkan di Kantor Camat Tasik Putri Puyu, Selasa (20/2/2018).

 

Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan, Kepala Bappeda Meranti H. Makmun Murod, Kepala Dinas/Badan dan Bagian dilingkungan Pemkab. Meranti Camat Tasik Putri Puyu Abdul Hamid SThi. MM, Kepala Desa Se-Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kapolsek Tasik Putri Puyu, Babinsa, Tokoh Masyarakat/Agama/Pemuda dan lainnya.

 

Dikatakan Bupati Irwan, Kecamatan Tasik Puteri Puyu  masih dihadapkan dengan berbagai  permasalahan  pembangunan yang masih belum tertuntaskan secara menyeluruh.

Penilaian yang dilakukan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Kepulauan Meranti pada tahun 2017 telah Memperoleh Nilai “B” (Baik), dan ini menjadi salah satu tolak ukur untuk mempertanggungjawabkan anggaran yang telah digunakan untuk pembangunan Daerah

Dimulai dari tahapan perencanaan ini Bupati  mengharapkan agar untuk mengutamakan program kegiatan yang prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan dan anggaran yang digunakan menghasilkan manfaat besar untuk masyarakat.

 

Berkaitan   dengan   hal  tersebut  dan sebagai  tidak  lanjut  dari  berbagai  program strategi  , maka melalui  Musrenbang Kecamatan ini,  Bupati ingin   menekankan  terhadap    hal-hal   sebagai   berikut :

 

1.       Proses Perencanaan yang dilakukan saat ini merupakan Media Utama Konsultasi Publik bagi  segenap  pemangku kepentingan  haruslah mengacu dan berpedoman pada arah kebijakan pembangunan yang tercantum dalam RPJMD Kabupaten Kebupaten Kepulauan Meranti. Keselarasan arah pembangunan yang sudah tercantum dalam dokumen RPJMD tersebut menjadi sangat penting dan krusial, mengingat visi dan misi Bupati Kepulauan Meranti harus segera terwujud, demi kepentingan pembangunan masyarakat.

2.       Aspirasi Masyarakat  dalam  bentuk berbagai  masukan   dan   saran,  merupakan   informasi yang  dapat dijadikan  pertimbangan  untuk  menetapkan Program dan Kegiatan Pembangunan Daerah  serta  Rekomendasi Kebijakan guna mendukung implementasi Program  dan Kegiatan  Tahun  Anggaran yang akan datang. Aspirasi masyarakat tersebut haruslah disesuaikan dengan komposisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Skala prioritas pembangunan di Kecamatan Tasik Puteri Puyu ini harus disesuaikan dengan kondisi fiskal daerah.

3.       Pada pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan berbagai keputusan yang ditetapkan melalui komitmen bersama, diantara pelaku pembangunan terhadap Program/ Kegiatan  dengan  pagu  anggaran yang tersedia.

 

Oleh   karena   itu,  diharapkan  seluruh pelaku   pembangunan baik  jajaran  Pemerintah Kabupaten   Kepulauan Meranti maupun dukungan dari berbagai pemangku Kepentingan untuk bersama-sama memperjuangkan Rencana  Pembangunan yang akan  kita  susun secara terencana.

 

 

Sekedar informasi, sesuai data statistik yang diterima Bupati, telah terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Tasik Putri Puyu. Diakui Bupati pembangunan Ibu Kota Kecamatan sebagai wajah Kecamatan perlu didukung khususnya pembangunan jalan poros Meranti Bunting ke Tanjung Padang. 

“Jalan poros kita utamakan agar akses ekonomi terbuka, kemiskinan menurun dan masyarakat hidup sejahtera,” ucap Bupati.

Diakui Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, saat ini Pemkab. Meranti belum memprioritaskan pembangunan gedung kantor pemerintahan sebab tidak terlalu dibutuhkan karena hanya dapat dinikmati oleh pejabat dan staf yang ada, sementara kurang berdampak pada masyarakat yang seperti diketahui sangat membutuhkan infrastruktur akses mulai dari jalan poros, jembatan dan lainnya. 

Bupati juga mengintruksikan kepada seluruh SKPD untuk lebih gencar dalam meraih dana Provinsi dan Pusat alasanya tak lain karena APBD Meranti yang hanya berada di angka 1 Triliunan Rupiah tidak mampu mengcover seluruh pembangunan di Meranti.

“Kita harus kompak dan satu persepsi, mulai dari Tokoh, Kades, Camat hingga Bupati, dan harapan kita dapat dukungan dana Provinsi karena APBD Meranti tidak sanggup menutupi pembangunan,” paparnya lagi.

Akhir kata melalui Musrenbang Kecamatan itu, orang nomor satu di Kepulauan Meranti berharap dapat menghasilkan usulan berkwalitas dalam membanguan Kecamatan Tasik Putri Puyu lebih baik kedepan.

“Semoga melalui Musrenbang yang semakin meningkat kwalitasnya ini terbangun kesepakatan pemikiran terkait usulan pembangunan yang berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” 

 

Terakhir Pokok fikiran Ketua DPRD Kepulauan Meranti H. Fauzy Hasan, menurutnya Kecamatan Tasik Putri Puyu memiliki potensi dibidang Kelautan namun dari usulan program yang dibuat belum terlihat mengarah pada masalah kelautan, untuk itu ia menyarankan usulan yang tepat untuk menunjang hal itu adalah pengadaan keramba jaring apung. Ketua DPRD Meranti mengakui dari hasil koordinasi pihaknya dengan Dinas Perikanan Provinsi Riau, Pemprov Riau telah berjanji untuk membantu anggaran. “Semoga dapat memajukan daerah kita yang memiliki potensi bidang kelautan,” ujar Fauzy.(asyari)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

loading...

News Feed