oleh

Menteri ATR/ Kepala BPN RI ,Penyerahan 16 sertifikat tanah Wakaf.

SIAK,Mandiripos.com-Selepas Sholat Jumat, Menteri ATR/Kepala BPN RI Sifyan Djalil menyerahkan secara simbolis 16 sertifikat hak atas tanah wakaf untuk kabupaten/kota se Provinsi Riau, di Masjid Agung Sultan Syarif Hasyim, Jumat (20/4/2018) siang.

 

 

 

Disela-sela penyerahan itu Menteri Agraria dan Tata Ruang  mengatakan masalah sertifikat ini merupakan hal yang penting, terutama untuk menghindari sengketa-sengketa tanah.

 

 

 

Menurut Plt Bupati Siak Alfedri upaya pengurusan dan pengamanan Tanah Wakaf melibatkan kerjasama Kepala Kantor Pertanahan,  Pemkab,  dan Badan Wakaf Indonesia Kabupaten Siak.

 

 

 

“Kita bekerjasama dengan pihak terkait dan selanjutnya mengidentifikasi dan inventarisasi Tanah Wakaf dengan basis data SIWAK (Sistem Informasi Tanah Wakaf) serta sumber informasi lainnya,” terang Alfedri.

 

 

 

Selanjutnya, pada Tahun 2016 yang lalu, juga telah dilakukan Penandatanganan MoU antara Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Siak dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Siak, tentang Sertifikasi Tanah Wakaf se-Kabupaten Siak yang berjumlah 682 persil. Namun jumlah tersebut masih jauh dibawah perkiraan awal, dimana Tanah Wakaf di Kabupaten Siak diperkirakan hampir mencapai 1000 persil.  Dari jumlah tersebut Sertifikat Hak Milik Wakaf yang telah terbit baru berkisar 20 %.

 

 

 

“Melalui berbagai program kegiatan pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) seperti Kegiatan PTSL, Prona,  maupun kerjasama dengan Kementerian Agama, dilakukan pensertifikatan Tanah Wakaf se Kabupaten Siak. Tahun 2017, Tanah Wakaf yang telah memenuhi syarat sebanyak 54 persil dan telah selesai Sertifikat Hak Milik Wakaf (SHM Wakaf) nya sebanyak 8 persil yang telah diserahkan tadi,” kata Alfedri.

 

 

 

Sebelumnya, Menteri Sofyan Djalil berkesempatan menjadi khatib Jum’at di masjid terbesar di Siak itu. Dalam ceramahnya ia menyampaikan agar menjadi muslim yang taat dan berakhlak mulia sesuai dengan perintah Allah SWT dan pesan Nabi Muhammad SAW.(rls)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

loading...

News Feed