oleh

Masjid Al Mizan Desa Sejangat Kec. Bukit Batu Kab. Bengkalis Potong 7 Ekor Sapi dan 5 Ekor Kambing Untuk di Qurbankan

BUKIT BATU – MANDIRI POS, Panitia Qurban Masjid Al Mizan Desa Sejangat Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis melakukan kegiatan penyembelihan 7 ekor sapi dan 5 ekor kambing, untuk dibagikan kepada masyarakat disekitaran Masjid Al Mizan Desa Sejangat, Sabtu (1/8/2020).

Idul Adha atau Hari Raya Qurban dilaksanakan pada setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebutan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan ibadah haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah.

Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit, yang di sebut pakaian ihram, melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan. Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat. Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Kuasa, sambil bersama-sama membaca kalimat talbiyah.

Disamping Idul Adha dinamakan hari raya haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.

Maka dengan itulah Ketua Qurban Masjid Al Mizan Ahyar melaksanakan penyembelihan hewan qurban bersama anggota qurban pada hari ini Sabtu 1 Agustus 2020 di halaman belangkang masjid, bertujuan untuk menyampaikan niat umat muslim yang hanya bisa berkurban untuk mengantikan dirinya yang belum mampu menunai ibadah haji yang bisa kami laksanakan pada hari ini.

“kami panitia tidak bisa melakukan penyembelihan hewan qurban pas bertempatan dengan hari Raya Idul Adha, oleh kerena Hari Raya Idul Adha bertempatan dengan hari Jumat, jadi diperkirakan kami tidak cukup waktu untuk penyembelihan dan membagikannya kepada masyarakat,” ujar Ahyar.

Ketua panitia Ahyar yang juga Ketua Masjid Al Mizan merasa bangga atas Kekompakan panitia Qurban yang ada pada hari ini, kerena meraka melakukan penyembelihan dan menporsikan kekantong kantong yang akan dibagikan kemasyarakat dikerjakan dengan tulus dan ikhlas.

“Harapan dari Ahyar kedepannya mudah mudahan ada peningkatan hewan kurban, dan pembagian hewan kurban yang akan dibagikan kepada masyarakat pada hari ini semoga cukup memuaskan adil dan merata,” dan kami panitia Qurban Masjid Al Mizan siap melayani masyarakat yang akan berkurban dan melayani lebih baik lagi kedepannya, tambah Ahyar.

Berikutnya dari penyembelihan 7 ekor sapi dan 5 ekor kambing ini akan kami bagikan kepada 390 KK, dan juga dibagikan kepada 50 orang pada mereka yang melaku Qurban pada1441H Tahun 2020M ini, serta akan kita bagikan kepada 65 orang panitia pelaksana Qurban pada tahun ini, ungkap Ahyar lagi.

Ditempat yang sama anggota panitia Rusli juga menjelaskan bahwa kegiatan penyembelihan hewan Qurban tahun ini berjalan lancar sesuai yang kita ingini, semua daging Qurban akan kita bagikan sesuai kupon yang telah kita berikan kepada masyarakat sebelum Hari Raya Idul Adha kemaren. ( sir )

Komentar

Tinggalkan Balasan

loading...

News Feed