oleh

Luar Biasa,SMP PT KTU Terima Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Siak Di Serahkan Bupati Siak

 

SIAK,Mandiripos.com-SMP

Kepsek SMP PT KTU menerima Penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Bupati Siak Syamsuar

Kimia Tirta Utama menjadi salah satu penerima penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Siak tahun 2017. Penghargaan tersebut merupakan salah satu prestasi yang diraih oleh SMP Kimia Tirta Utama dalam kepedulian sekolah terhadap lingkungan. Penghargaan tersebut diberikan langsung Bupati Siak Drs. H Syamsuar, M.Si bersempena  Upacara Peringatan HUT KOPRI Ke-46 tahun 2017 yang berlangsung di lapangan upacara Kantor bupati Siak pada hari Rabu 29 November 2017.

 

Sekolah Adiwiyata adalah sebuah program yang sangat peduli pada kelestarian lingkungan, namun untuk mencapai hasil yang optimal, dibutuhkan  proses dari hal sederhana yang bisa menjadi budaya, yaitu budaya peduli lingkungan. Terbentuknya budaya tersebut adalah awal yang baik untuk menumbuhkan kemauan dan kemampuan seluruh warga sekolah dalam pelestarian lingkungan.

 

Menumbuhkan budaya peduli lingkungan perlu dilakukan sejak dini, berdasarkan pemahaman tersebut, SMP Kimia Tirta Utama di bawah naungan PT. Kimia Tirta Utama sebuah perusahaan  yang bergerak di bidang agrobisnis, bertekad untuk mewujudkan kepedulian sekolah terhadap lingkungan melalui program sekolah Adiwiyata. Menerapkan sekolah Adiwiyata secara optimal dan efisien sekolah harus bisa membenahi fisik dan mental warganya agar dapat peduli pada lingkungan. Tidak akan ada suatu program yang langgeng apabila tidak ada kemauan dan kemampuan untuk memegang teguh komitmen yang tersepakati. Oleh karena itu, perlu cara-cara yang menarik agar program ini mendapat tempat di hati seluruh warga sekolah. Sebagai contoh, program penghijauan dibuat bukan hanya sekadar penghijauan. Siswa dan guru bersama-sama melakukan penanaman dalam media apapun untuk diletakkan di sekolah.

Tanaman bisa dalam bentuk pot, hidroponik, atau semacamnya apabila tidak ada ruang kosong, bisa memanfaatkan metode taman vertikal digantung dengan memanfaatkan barang bekas sebagai potnya. Mengalokasikan waktu bagi siswa di setiap pagi untuk melakukan kegiatan menyiram.

Selain itu untuk menunjang kegiatan tersebut telah dilakukan program-program sekolah berupa pengelolaan barang bekas melalu kegiatan 3R (Reduce, Reuse, Recycle), hydroponik, komposting, bank sampah, green house, apotek hidup, biopori dan sumur resapan, serta pembuatan kolam ikan.

 

Tak terlepas dari itu, pendidikan peduli lingkungan dapat terwujud melalui pengintegrasian kegiatan lingkungan hidup ke dalam kurikulum sekolah disetiap mata pelajaran.

 

Terwujudnya SMP Kimia Tirta Utama menjadi salah satu sekolah Adiwiyata di Kabupaten Siak tidak terlepas dari kerjasama dengan pihak BLH Kabupaten Siak, Puskesmas Koto Gasib, UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Koto Gasib dan Manajemen PT. Kimia Tirta Utama. Seperti yang diungkapkan oleh Bapak Marauli Hutagalung selaku Administratur PT. Kimia Tirta Utama, dukungan sepenuhnya akan selalu tercurah guna mewujudkan sekolah berbasis kepedulian terhadaplingkungan.

 

 

 

Kepala SMP Kimia Tirta Utama, Imam Taufiq, S.Pd mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang telah diraih. Penghargaan ini diberikan kepada sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup. Penilaian sekolah Adiwiyata didasarkan pada empat kriteria yakni pengembangan kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, pengembangan kurikulum sekolah berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipasif di bidang lingkungan, serta pengelolaan sarana prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.

 

 

Kegiatan peduli lingkungan yang telah digarap oleh Tim Adiwiyata SMP Kimia Tirta Utama bukan hanya semata-mata untuk memenuhi verifikasi di tingkat Kabupaten Siak, namun akan tetap dilaksanakan dalam menanamkan karakter siswa terhadap terwujudnya generasi sadar lingkungan demi kehidupan secara utuh dan berkelanjutan.

Semoga  kedepannya SMP Kimia Tirta Utama mampu untuk lebih berprestasi ke tingkat Provinsi bahkan Nasional dalam bidang Adiwiyata.(rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

loading...

News Feed