oleh

Jurusan Bahasa Polbeng adakan Webinar Pemanfaatan Aplikasi Smartphone dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Masa Pandemi

BENGKALIS – MANDIRI POS, Sebagai wujud dari pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, Jurusan Bahasa Polbeng melalui dosennya bekerjasama dengan Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SLTP/ MTs Kecamatan Bengkalis mengadakan kegiatan Webinar dengan tema Pemanfaatan Aplikasi Smartphone dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Masa Pandemi. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Bengkalis, 26 November 2020.

Dalam kegiatan tersebut nara sumber pertama M. Sabri, S.Pd. M.Par mengungkapkan, walaupun Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama hampir 10 bulan yang telah mengubah beberapa pola dalam aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan,” namun kita tidak berdiam harus berdiam diri, dan melakukan kegiatan webinar ini.

“Penerapan sistem pembelajaran secara online tentu saja menjadi tantangan bagi para guru untuk lebih kreatif dalam menciptakan proses belajar mengajar yang efektif, beberapa tantangan lainnya seperti fasilitas pembelajaran yang masih terbatas maupun tantangan guru dalam mendesain materi pembelajaran agar lebih menarik,” lanjut M.Sabri

Pada sesi kedua giliran A. Malik Ahmad, M.Ed.TESL sebagai nara sumber kedua. Pada kesempatan itu dipaparkan dan disimulasikan beberapa aplikasi yang bisa dipakai oleh guru dan siswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Aplikasi yang disimulasikan diantaranya Quiz your English, English Conversation, Speak English,Cake, Speedy Grammar dan banyak lagi.

“Bapak dan Ibu dapat memilih aplikasi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum atau materi yang diajarkan, ada begitu banyak applikasi yang dapat diunduh, aplikasi tersebut bisa dipakai sebagai main teaching material atau sebagai supplemantary materials,” ungkap Malik yang juga sebagai ketua dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat Mandiri ini.

Pada kesempatan webinar ini juga dihadiri oleh Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) M. Afridon, ST., MT yang juga berkenan memberi kata sambutan, dan dalam sambutan dia mengatakan:

Baca Juga :   Polbeng Wujudkan Program Pengembangan Wirausaha Technopreneur

“Saat pandemi seperti ini kita dituntut untuk lebih berinovasi dan meningkatkan kreativitas para guru dalam menciptakan kelas yang tidak monoton, webinar ini sangat bagus karena membahas tentang pemanfaatan aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk proses pembelajaran terhadap siswa dan siswi kita“, ujar M. Afridon.

Diharapkan webinar pengabdian masyarakat ini bisa menjadi sarana sharing untuk berbagi pengetahuan dan tips terhadap para guru dalam memanfaatkan aplikasi bahasa inggris yang ada di smartphone.

Apa yang disampaikan dalam kegiatan tersebut direspon sangat positif dan antusias oleh guru-guru SLTP/ MTs. “Webinar ini sangat memberikan manfaat karena memperkaya pengetahuan kami sebagai guru untuk menggunakan aplikasi smartphone untuk proses belajar mengajar yang lebih menarik dan tidak membosankan,” ungkap Yulianawati S.Pd, Ketua MGMP kecamatan Bengkalis.

Webinar juga di ikuti oleh guru-guru MGMP dan dua mahasiswa pendamping, Susila Wati dan Zya Alqist Assunny, berjalan dengan baik.

Webinar Menjadikan sarana bagi para narasumber dan guru untuk sharing dan berbagi pengetahuan terkait proses belajar mengajar serta beberapa kendala yang dihadapi selama pandemi ini. (sir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed