oleh

Hendri Pangaribuan SH: Kabut Asap Perlu Perhatian Semua Pihak

SIAK,Mandiripos.com-Kondisi kabut asap yang kian sangat memprihatinkan saat ini, dimana sejumlah daerah yang ada di Provinsi Riau terkhusus Kabupaten Siak menjadi perhatian oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Siak Hendri Pangaribuan SH. Menurutnya dampak kabut asap memiliki dampak bagi seluruh kegiatan masyarakat, begitu juga dengan dunia pendidikan.

Hendri sangat mengapresiasi terhadap kebijakan Gubernur Riau (Gubri) Drs. H. Syamsuar M.Si yang telah mengambil kebijakan meliburkan siswa-siswi sekolah dua hari yang lalu. Menurutnya itu adalah langkah yang tepat dalam upaya mencegah siswa-siswi terkena dampak kabut asap yang seolah tak memandang usia tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi kebijakan yang dilakukan oleh Gubernur Riau terkait meliburkan sejumlah sekolah yang ada di Riau termasuk di Kabupaten Siak. Tentunya hal itu juga saya berharap, kepada semua orang tua siswa-siswi yang ada tetap memberikan bimbingan pembelajaran terhadap anak mereka dirumah. Sehingga proses pembelajaran mereka tidak terkendala dengan alasan kabut asap semata,”jelasnya.

Hendri juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak Tim Karlahut yang telah berjubaku, bersusah payah dan dengan segala kemampuan mereka memadamkan api. Meskipun demikian, hasil dari sejumlah pantauan yang ada, asap yang menyelimuti Kabupaten Siak saat ini merupakan asap dari sejumlah kabupaten tetangga.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua Tim Karlahut Kabupaten Siak yang selama ini telah bersusah payah memadamkan api. Meskipun saat ini kabut asap sepertinya makin tebal, namun kuat dugaan kita bukan dari Kabupaten Siak,”katanya.

Hendri juga memberikan perhatian kepada semua petugas kesehatan yang ada di Kabupaten Siak untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat yang mengalami penyakit ISPA yang diakibatkan oleh kabut asap yang begitu tebal saat ini. Bahkan dirinya meminta kepada pihak pihak dinas kesehatan agar mempersiapkan personil mereka dalam melayani masyarakat terkena ISPA secara gratis.

“Yang terkena ISPA ini bukan lagi orang tua, bahkan anak-anak. Kondisi ini sangat memprihatinkan tentunya, nah dalam hal ini saya mengharapkan kepada pihak dinas kesehatan untuk memberikan perhatian kepada para korban penyakit ISPA ini. Jadi Puskesmas yang ada saya berharap selalu tanggap dan juga tak hentinya memberikan himbauan mereka kepada masyarakat terkait bahaya penyakit ISPA ini. Kita bersama teman-teman di DPRD Siak kedepannya berencana akan memberi perhatian pada anggaran tehadap hal ini,”imbuhnya.

Diakhir penjelasannya Hendri Pangaribuan SH juga meminta kepada semua tokoh agama dan tokoh masyarakat agar bersama-sama berdoa semoga Tuhan menurunkan hujan, sehingga mampu mengurangi kabut asap yang tebal ini.

“Saya memohon kepada semua tokoh agama dan tokoh masyarakat, mari kita bersama-sama berdoa agar Tuhan Yang Maha Esa menurunkan hujan, sehingga dapat mengurangi kabut asap yang sudah sangat begitu memprihatinkan ini,”pungkasnya.

Hendri meminta kepada aparat hukum menindak tegas bagi para pelaku pembakaran lahan dan hutan yang ada. Menurutnya tindak tegas diharapkan mampu memberikan efek jera terhadap pelaku pembakaran hutan lahan. Dirinya tak menampik adanya dugaan sejumlah oknum perusahaan nakal yang menjadi dalang pembakaran lahan dan hutan tersebut.(BN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed