oleh

DIRGAHAYU KE 74 TNI, SEMOGA TNI SEMAKIN ERAT DAN MANTAP BERSAMA RAKYAT

Mandiripos.com-SEBUAH negara yang demokratis dijalankan dengan atas dasar kepentingan rakyat, begitupun dengan Indonesia yang sejak didirikannya telah meletakan konsep kedaulatan rakyat sebagai inti dari kekuatan negara.

Ketetapan para pendiri bangsa ketika menentukan bentuk pemerintahan republik sebagai dasar dari pelaksanaan penyelenggaraan kekuasaan pemerintahan, menjadi satu contoh dari ingin dihadirkannya kekuatan rakyat. Kata republik itu sendiri memiliki makna re yang artinya kembali dan public yang berarti rakyat (publik), dimana bila keduanya disatukan maka republik bermakna kembali kepada rakyat. Sejalan dengan itu, para founding fathers republik ini juga menyusun Pancasila sebagai sebuah ideologi yang didasarkan pada kepentingan rakyat.

Dalam perkembangan jalannya negara Indonesia, dimana kemudian negara membentuk adanya sebuah badan yang bertugas mengamankan kedaulatan, maka dasar dari kedaulatan negara adalah terlindunginya segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Adanya ketetapan tersebut menunjukan bahwa terdapat adanya sebuah keterkaitan antara dimensi keamanan dengan konsep negara demokratis yang di bangun, yaitu negara membentuk alat pertahanan negara untuk melindungi segenap dan seluruh tumpah darah Indonesia. Oleh karenanya berbicara tentang TNI sebagai alat pertahanan negara maka peran dan tugas TNI juga harus hidup dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang demokratis.

Sempena Hari Ulang Tahun TNI Ke 74 ini, sejumlah peran serta TNI ditengah masyarakat menjadi sorotan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Siak. Salah satunya apa yang disampaikan oleh Anggota DPRD Kabupaten Siak dari partai PDIP Hendri Pangaribuan SH.

Menurutnya, saat ini kehadiran TNI ditengah masyarakat menunjukkan betapa TNI dan rakyat dua pilar yang tak bisa dipisahkan dalam upaya membangun ketahanan negara dari tingkat masyarakat. Peran seta TNI PROFESIONAL, menjadikan sebuah KEBANGGAAN RAKYAT yang memang memiliki wujud nyata.

“Pertama saya ingin mengucapkan, Dirgahayu Ke 74 TNI, dengan tema TNI PROFESIONAL KEBANGGAAN RAKYAT ini menurut saya sangat pas dan mantap. Apalagi peran TNI ditengah masyarakat menjadi sebuah dua pilar yang saling menopang untuk keamanan negara ini dimulai dari bawah. Saya berharap, sinergi TNI dan Polri dengan masyarakat dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan, dalam upaya membentengi diri masyarakat (rakyat) dari segala ancaman yang dapat memecah belah persatuan,”jelasnya.

Hendri berharap, melalui Hari Ulang Tahun TNI ke 74 ini, TNI tetap bersemangat dalam bertugas dan juga lebih profesional dan tetap menjadi kebanggaan rakyat.

“Saya Hendri Pangaribuan SH berharap, semoga TNI semakin erat dengan rakyat, semakin mantap bersama rakyat. TNI jaya bersama kita bangga,”pungkasnya.

DIRGAHAYU KE 74 TNI, SEMOGA TNI SEMAKIN ERAT DAN MANTAP BERSAMA RAKYAT

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed